Zetizen.com - Satu supporting event yang terbilang baru dan menarik perhatian adalah UBS Zetizen Avenue. Sebab, supporting event ini seperti UBS Zetizen Mading 3D dengan level yang lebih tinggi. Of course, proses pembuatan dan presentasinya pun lebih seru! Nggak cuma informatif dengan desain menarik, tiap Avenue harus bisa bikin pengunjung betah nongkrong di sana. Yuk, karya sekolah mana yang berhasil masuk Top 10 Silver dan Top 10 Bronze! 

Top Ten Silver

Sulap Hukuman jadi Menyenangkan

SMA Trimurti Surabaya – Penarty

Avenue ini pengen mematahkan image ruang bimbingan konseling (BK) yang terlalu formal lewat Avenue-nya. "Ruang BK kan identik dengan hukuman kayak rambut gondrong dipotong dan murid dimarahi. Nah, kenapa hukuman itu diganti jadi sesuatu yang bermanfaat? Misalnya, belajar seni, membatik, atau melukis," ujar Maghfira Deandra, salah satu anggota tim.

Konsep itu pun membuat Avenue berjudul Penarty ini dipenuhi permainan interaktif yang fun. Salah satunya game lempar bola berhadiah souvenir. Selain itu, Avenue ini menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan seperti koran bekas, karton, kayu dan kardus.

Munculkan Prestise lewat Prestasi

SMA Muhammadiyah 2 Surabaya - Finding Smamda

Sebagai salah satu sekolah islam swasta favorit di Surabaya, tim Avenue ini sadar kalau mayoritas siswa Smamda adalah siswa gagal negeri. Oleh karena itu, mereka berusaha memunculkan kebanggan siswa-siswi Smamda lewat prestasi. "Kami berusaha meng-unleash potensi sekolah secara maksimal dengan mewawancarai warga sekolah. Mulai dari siswa, guru, bahkan kepala sekolah," ujar Nafla Aqilah, salah satu anggota tim.

Uniknya, Avenue ini mengemas konsep formal itu dengan cara berbeda. Pengunjung dibuat seolah berada di sebuah pulau pinggir pantai dan disambut kapal karam. Kapal itu diibaratkan impian siswa-siswi sekolah swasta yang dulu pengen masuk sekolah negeri. Pengunjung diajak mencari harta karun di pasir. Pengunjung yang berhasil akan mendapat bolpoin sebagai alat untuk menulis impian baru.

Bikin Percobaan Ilmiah di Lab Outdoor

SMA Muhammadiyah 4 Surabaya – Green Lab

Setelah survei dan menemukan fakta kalau siswa-siswi sekolahnya lebih suka praktikum di laboratorium outdoor, tim avenue ini mengangkat konsep laboratorium outdoor sebagai Avenue-nya. Mereka menyediakan miniatur planet-planet yang bisa berputar lengkap dengan informasinya.

Untuk menambah unsur science, Avenue ini punya interaksi berupa miniatur gunung meletus yang bisa mengeluarkan lava. "Setiap datang ke Avenue kami, pengunjung akan diajak melakukan percobaan ilmiah untuk membuat lava dari bahan-bahan sederhana seperti deterjen," terang Adiva Khafitati, anggota tim. Demi memperkuat unsur outdoor, dekorasi Avenue ini didominasi properti alam seperti pohon-pohonan.

Makin Fun Belajar Pengetahuan Alam

SMAN 1 Porong, Sidoarjo – Science Area

Bosan belajar IPA? Nah, Avenue SMAN 1 Porong, Sidoarjo, ini membuat belajar berbagai pengetahuan alam jadi lebih seru. Sebab, Avenue ini punya berbagai properti scientific seperti bubble mountain, miniatur gunung berapi yang mengeluarkan asap karena dry ice, serta prisma hologram. Buat yang pengen mengecek golongan darah, Avenue ini juga menyediakan jasa cek golongan darah gratis! 

Belajar Sambil Bersantai di Co-Working Space

SMAN 13 Surabaya – Nihiwatu

Mengusung konsep co-working space, tim Avenue Galas pengen mengubah suasana belajar di sekolah jadi lebih nyaman dan santai. "Kalau tempat belajar di sekolah diubah jadi co-working space, maka siswa bisa belajar sambil main dan nongkrong," ujar Redita Diah, salah satu anggota tim. Nama Nihiwatu, salah satu pantai di Indonesia, dipakai untuk memperkenalkan wisata alam itu sekaligus berarti Nih Tempat Bikin Lupa Waktu.

Di Avenue ini, pengunjung diajak bermain pasir kinetik dan mencoba melatih konsentrasi lewat focus group discussion. Pengunjung juga bisa membaca koleksi buku di rak dalam perahu sambil menaikinya lho. Ada juga miniatur kerang kuning yang terbuat dari stereofoam.

Tarik Pengunjung lewat Taman Tematik

SMA Shafta Surabaya – Garden Zone

Miris dengan kondisi taman yang sering disalahgunakan, tim Avenue SMA Shafta Surabaya pengen menciptakan taman sekolah yang tematik. "Kadang-kadang kan taman sering disepelekan dan disalahgunakan. Tapi, kalau tamannya dikonsep unik, siapapun akan betah berlama-lama di taman," kata Angga Dwi, salah satu anggota tim.

Berkiblat pada New Zealand yang lingkungannya asri, tim ini berusaha memunculkan ikon New Zealand berupa rumah Hobbit. Rumah itu terbuat dari kayu dan serat kulit kelapa untuk atap. Pengunjung bisa masuk dan membaca buku di dalamnya. Ada juga permainan ketapel yang dilempar ke tumpukan kaleng.

Ajak Pengunjung Nyanyi Bareng

SMAN 1 Sidoarjo – Semar

Resah dengan minimnya anak muda yang tahu lagu asli Indonesia, tim ini bikin Avenue untuk mengenalkan musik tersebut. Pengunjung bisa karaoke gratis dengan mic yang tersambung ke TV. Uniknya, sistem karaoke ini pakai aplikasi khusus ciptaan salah seorang siswa. Pengunjung bisa memilih karaoke card yang berisi satu judul lagu. Kalau kartu itu di-scan, lagu yang dipilih akan otomatis muncul di TV. Eits, setelah lagu selesai, sistem aplikasi bakal menghitung nilai yang didapatkan pengunjung lho. 

Flashback Lewat Permainan Lama

SMAN 3 Surabaya – Traditional Game is Back

Melihat kondisi kids zaman now yang ketergantungan sama gadget, tim Avenue SMAN 3 Surabaya pengen mengajak pengunjung flashback dengan memainkan berbagai permainan tradisional di gazebo.

"Sekolahku punya salah satu spot yang biasanya dibuat nongkrong, yaitu gazebo. Konsep gazebo sendiri kan jadul, jadi akan lebih lengkap suasananya kalau ada permainan tradisional," ujar Charisma Sjahputri, anggota tim. Sebagai interaksi, tim ini membawa dakon, bekel, gasing dan wayang-wayangan. Tim ini juga menyediakan permainan engkle dan sepeda tua yang bisa dimainkan.

Baca Sekaligus Belajar Sejarah

SMAN 1 Babat, Lamongan - Inzide Knowledge           

Tm Avenue ini memadukan perpustakaan dengan museum. Untuk memperkuat konsep muesum, mereka membawa kerangka dinoasurus yang terbuat dari ranting dan batang pohon. "Kami ingin pengunjung bisa belajar dan membaca buku sekaligus memahami sejarah," ujar Daikichi Alif, anggota tim. Pengunjung juga bisa main mencari kode tersembunyi dan membaca pop up album berisi fun facts dunia literasi.

Nonton Video lewat Hologram

SMA Petra 3 Surabaya – Holovision

Karena pengen punya laboratorium berhologram, tim ini merealisasikannya lewat karyanya. Hologram mereka terbuat dari bahan-bahan sederhana. Mulai prisma kaca, layar TV, sampai smartphone. Dibuat mirip cinema box, penonton bisa melihat video lewat hologram. Pengunjung yang datang akan duduk di bangku warna silver metalik yang ternyata terbuat dari ember bekas dan dilapisi bantalan.

 

TOP TEN BRONZE

Sulap Halte Jadi Kece

SMA Muhammadiyah 9 Surabaya – HASEK

Care dengan nasib para sopir angkutan umum, tim Avenue ini ingin membantu meningkatkan kesejahteraan mereka dengan cara mengembalikan fungsi halte. “Selama ini yang bikin orang terutama anak sekolah malas naik angkutan umum kan karena halte tempat menunggunya kotor dan nggak aman,” ujar Reza Rahmadi.

That's why, tim ini menyulap HASEK, singkatan dari halte sekolah agar lebih bagus dengan menambahkan fasilitas rak buku. Harapannya, sambil menunggu angkutan, penumpang bisa bersantai sambil membaca buku dan bermain dingdong. Ada juga bantal-bantal yang menambah suasana cozy dari halte ini. 

Apresiasi Pahlawan Sekolah lewat Karya

SMA Barunawati Surabaya – Zmaruna Heroes

Setiap orang pasti punya figur pahlawan masing-masing, nah tim avenue Smaruna juga punya sosok pahlawan yang mereka anggap berjasa bagi sekolah. Yap, lewat konsep pahlawan sekolah, mereka mengibaratkan siswa-siswi berprestasi, guru dan karyawan sekolah dengan karakter superhero Indonesia seperti Gundala, Gatotkaca, hingga Lamaut. “Selain ingin memperkenalkan tokoh superhero asli Indonesia, kami juga ingin menunjukkan kalau sekolah kami juga punya sosok pahlawan,” ujar Tindra Ganda, salah seorang anggota avenue.

Pengunjung bisa bermain ular tangga raksasa, dimana setiap angka punya challenge masing-masing.  Jika gagal melalui tantangan, maskot naga yang ada di board akan menyemburkan gambar api. 

Unjuk Multifunction Hall Sekolah

SMA Hang Tuah 1 Surabaya – The Marine House

Punya school breakthrough berupa Rumah Bahari, tim ini merepresentasikan konsep unik tersebut lewat avenue-nya. “Rumah Bahari ini seperti bangunan multifungsi. Bisa jadi ruang seminar, bahkan bioskop,” tutur Nurul Wahidah, salah seorang anggota avenue.

Memanfaatkan bahan-bahan sederhana seperti kayu dan ember bekas serta stereofoam, avenue sekolah ini berhasil disulap jadi kece karena photo booth dengan maskot lumba-lumba di perahu. Ada juga rak buku berbentuk hexagonal di pojok yang juga mencuri perhatian. Psst, kamu juga bisa bermain message in the bottle loh. 

Konsep Nyaman Bikin Betah Nongkrong

SMA Muhammadiyah 3 Surabaya – NongkiZ

Melihat kebiasaan siswa-siswi Smamga yang suka nongkrong saat istirahat, tim avenue sekolah ini berinisiatif untuk membuat konsep avenuenya jadi mini cafe di sekolah yang asyik buat nongkrong. “Biar nggak bosan saat nongkrong, kami punya beberapa fasilitas seperti free wifi, dakon, gitar, hingga paper flip,” ujar Denis Aldo, salah seorang anggota avenue.

Didominasi dengan properti yang terbuat dari kayu untuk meja dan kursi, artikel di avenue ini justru diletakkan di board yang sekaligus berfungsi sebagai sekat. 

Belajar Asyik Sambil Dengarkan Musik

SMA Negeri 8 Surabaya – Smandela Recce

Tim avenue Smandela berhasil mewujudkan cita-cita salah seorang guru di sekolahnya yang ingin siswa-siswinya tetap belajar dengan suasana berbeda di luar jam pelajaran. Yap, lewat karya avenue ini, siswa-siswi Smandela bikin suasana belajar jadi makin fresh. “Kami ingin membuat konsep taman outdoor di sekolah yang bisa digunakan untuk membaca buku, tapi sambil nonton film atau dengerin musik” ujar Almer Ammar, salah seorang anggota avenue.

Sebagai satu-satunya sekolah di Surabaya yang punya konsep menonjolkan kearifan lokal, tim avenue Smandela berusaha mencari bahan artikel dengan wawancara DPR langsung lho. Demi menciptakan suasana cozy, bean bag diletakkan mengelilingi meja bundar yang ternyata merupakan sebuah rak buku berputar. Disini, pengunjung juga bisa bermain buzz wire dan nonton film gratis di proyektor lho. 

Peduli Jamur lewat Rumah Budidaya

SMA Negeri 22 Surabaya – Mushroom Space

Konsep mushroom space yang diangkat tim avenue SMAN 22 Surabaya ternyata terinspirasi dari rumah budidaya jamur yang emang ada di sekolah mereka. Karena kurang diperhatikan oleh pihak sekolah, tim ini berusaha mengangkat pamor rumah budidaya ini agar siswa-siswi sekolahnya aware.”Harapan kami, tema ini bisa meningkatkan daya tarik siswa-siswi sekolah agar lebih memperhatikan budidaya jamur dan sadar nilai pentingnya,” ujar Shafira, salah satu anggota avenue.

Terbuat dari triplek, rumah jamur yang jadi poin utama karya ini bisa dimasuki oleh satu orang pengunjung lho. Di sisi depan, ada meja dan kursi rotan yang bisa digunakan untuk nongkrong. Ada juga interaksi bernama mush speed, yaitu puzzle yang kalau digeser-geser akan membentuk gambar jamur dan fun facts tentang jamur. 

Kombinasikan Pelajaran Biar Makin Paham

SMAN 1 Boyolangu, Tulungagung – Diorama Class

Diorama class ini mengangkat konsep ruang kelas yang menggabungkan semua pelajaran jadi satu. Hal ini dilakukan agar pelajaran yang didapatkan siswa lebih efektif. “Biar suasana kelas nyaman, kami punya sofa portable yang ketika disatukan dengan meja akan berbentuk bulat sempurna,” ujar Zaki Ahmad, salah satu anggota.

Terbuat dari bahan-bahan recycle seperti DVD bekas, triplek dan koran bekas, avenue ini punya interaksi dengan pengunjung lewat penataan artikel yang unik. Untuk membaca artikel, pengunjung harus membalikkan box sistematis yang terbuat dari stereofoam. 

Kenalkan Tradisi Lewat Interaksi

SMA ITP Surabaya – Ihelas

Sekolah ini punya kelas budaya khusus yang mengenalkan berbagai macam tradisi Indonesia. that’s why, tim avenue sekolah ini ingin menunjukkan keunikan tersebut lewat karyanya. “Ada berbagai permainan tradisional yang kami bawa, seperti dakon jadul dan wayang maskot,” ujar Belqis Destinola, salah satu anggota avenue.

Ingin menciptakan suasana tradisional, avenue ini didominasi oleh kain-kain batik, serta selendang tari. Ada juga bean bag yang dibuat sendiri oleh siswa SMA ITP dari bola-bola stereofoam yang dilapisi kain. 

Bikin Sensasi Main di Luar Angkasa

SMAN 19 Surabaya – Zetronous

Pengin merasakan sensasi berada di luar angkasa? Nggak perlu jauh-jauh deh, dateng aja ke avenue milik SMAN 19 Surabaya ini, soalnya tim avenuenya mengangkat konsep luar angkasa. Dengan tenda yang ditata seolah mirip box dan terbuat dari kain hitam, tim avenue ini berhasil menciptakan suasana malam hari. Apalagi, di sisi kanan kiri tenda terdapat gambar planet-planet tata surya beserta infografisnya. “Pengunjung harus menyelesaikan challenge di dalam avenue kami dengan masuk ke dalam tenda dan merangkak. Mereka harus menunduk dan menyesuaikan posisi badannya sesuai petunjuk challenge. Kalau berhasil, ia punya kesempatan untuk membuka surprise box,” ujar Rizka Maharani, salah satu anggota avenue.

Jual Beli Otomatis di Kantin Higienis

SMAN 9 Surabaya – Ideal Canteen

Kantin otomatis tanpa karyawan di masa depan ternyata udah diwujudkan tim avenue SMAN 9 Surabaya lewat karyanya. Pengunjung nggak perlu memesan makanan pada karyawan, tinggal membayar di mesin kasir otomatis dan voila, kereta mainan akan mengantar makanan pesanan pengunjung. Selain itu, ada juga mesin minuman konvensional berbahan stereofoam yang dibuat sendiri oleh tim ini. Kerennya, ketika menarik tombolnya, mesin minuman ini bisa mengeluarkan minuman seperti dispenser pada umumnya. Menata kursi dan meja sedemikian rupa, avenue ini terlihat modern dan classy. Apalagi, kebersihan dan kehigienisan kantin juga terjaga.

Share
Create Your Own Article!