Zetizen.com – Akhir-akhir ini, muncul sebuah issue yang mengatakan bahwa manfaat air alkali untuk kesehatan ternyata adalah sebuah rekayasa atau hoax. Bahkan, Kementrian kesehatan mengeluarkan sebuah surat ke salah satu produsen air alkali untuk mencabut beberapa pernyataan yang dianggap menyesatakan publik. Lalu, bener nggak sih air beralkali itu baik untuk kesehatan?

Terlalu Sering Ternyata Tidak Bagus

foto: Thoughtco

Menurut study yang dilakukan oleh International Society of Sports Medicine ternyata terlalu banyak mengkonsumsi air beralkali atau ber PH diatas 7 justru tidak bagus. Hal ini dikarenakan tubuh akan meningkatkan asam untuk bisa menetralkan PH air yang terlalu tinggi. Hal ini biasa disebut dengan alkalosis. Biasanya, orang yang terkena alkalosis akan ditandai dengan tangan atau kaki yang kesemutan, muka yang sering berkedut, hingga mual dan pusing.

Sangat Berbahaya Untuk Penderita Penyakit Lambung

foto: sickchirpse

Asam lambung merupakan sebuah cairan yang diproduksi lambung untuk mengolah makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh. Nah, semakin basa makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh, maka lambung akan makin banyak menghasilkan asam untuk menetralisirnya. hal ini tentu sangat beresiko untuk para penderita penyakit asam lambung. Alih-alih ingin mengurangi penyakit, yang ada malah semakin parah.

Belum Ada Pernyataan Resmi Air Alkali Dapat Menyembuhkan Penyakit

foto: Amazone

Salah satu produsen air alkali, Kangen Water diberikan teguran keras dari Kementrian Kesehatan perihal brosur yang mengutarakan bahwa air alkali mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Tak hanya itu saja, Kangen Water juga ditegur tentang khasiatnya yang diakui pemerintah dimana pemerintah sendiri ternyata tidak pernah mengutarakan statement tesebut. Sehingga, bisa diartikan bahwa belum ada penelitian resmi yang menyatakan bahwa air alkali mampu menyehatkan tubuh penggunanya.

Placebo Effect Bikin Para Pengguna Jadi “Sehat”

foto: Vox

Pernah ingat kasus batu Ponari yang dikenal ampuh menyembuhkan penyakit? Hal ini sebenarnya tidak jauh beda dengan air alkali yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Kondisi ini biasa disebut dengan placebo effect.

Placebo effect merupakan salah satu kondisi psikologis dimana sugesti akan membuat tubuh menjadi sehat. Dengan sugesti pikiran ditambah testimoni orang yang beranggapan bahwa air alkali dapat menyembuhkan penyakit, maka seseorang tentu akan berpikiran positif terhadap minuman tersebut. Alhasil, penggunanya akan merasa lebih baik dan bahkan bisa kembali sehat.

 Source: Livestrong, Healthline, Medicinenet

Share
Create Your Own Article!