foto: Angger Bondan/Jawa Pos

Zetizen.com - Datang dengan bangga, pulang membawa tahta! Kalimat ini sangat cocok untuk menggambarkan perjuangan para punggawa Persebaya Surabaya yang baru saja pulang ke rumah membawa gelar Champion. Dibalik kesuksesan mereka, ternyata mereka juga punya teknik latihan dan pendekatan antar pemain yang unik loh! Ada apa aja sih emang?

 

Arsitek Baru yang Handal Ramu Strategi

foto: Chandra/Jawa Pos

Alfredo Vera, Pelatih Persebaya menjadi orang yang paling berjasa dibalik juaranya Persebaya di Liga 2 musim ini. Dengan pola permainan 4-3-3, Persebaya selalu sukses memperoleh ball possesion yang tinggi ditiap pertandingannya. Tak hanya itu, Coach Alfredo juga memberikan drill untuk masalah transisi dari menyerang ke bertahan. Salah satunya dengan beberapa mini games yang dilakukan di tempat latihan mereka.

Nggak cuman itu saja, Coach Alfredo juga selalu pintar dalam memposisikan dan menempatkan pemain. Salah satunya seperti Ricky Kayame yang baru dimasukkan di akhir babak kedua menggantikan Rishadi Fauzi pada laga final kemarin (28/11). Dengan menempatkan sprinter di kala pemain lawan yang mulai kelelahan, Persebaya tampak makin leluasa dalam mengobrak-abrik permainan lawan. Bahkan, Kayame menorehkan assist untuk gol penutup Persebaya yang ditorehkan oleh Irfan Jaya.

 

 

Latihan Mental oleh Psikolog Kreatif

 

Bismillah Babak 16 Besar! . #minigaleri #werenotjustteam #werefamily #satunyaliwani #persebaya #workmates

A post shared by Afif Kurniawan (@afifkhalif) on

Bagaimana rasanya jika dalam suatu pertandingan kalian mengalami kekalahan? Atau ketika laga final musuh membalikkan keadaan dan membuat kalian tertinggal? Tentu dibutuhkan mental yang kuat untuk bisa tetap bermain optimal dibawah tekanan yang luar biasa. Nah, buat masalah mental dan teamwork coach Afif Kurniawan nih ahlinya!

Dengan berbagai drill latihan seperti menulis dengan kedua tangan yang diikat, hingga saling bekerja sama untuk menyelesaikan sebuah mini games membuat para punggawa Persebaya tampak lebih kuat mentalnya dibanding sebelum-sebelumnya. Tak ayal, kamu nggak bakal lihat pemain Persebaya yang mudah terpancing emosi hingga terlihat adu argumen dengan rekan setimnya di dalam lapangan.

 

Drill Khusus Untuk Para Pemain

foto: Angger Bondan/Jawa Pos

Sudah Lihat gimana kesigapan Miswar Syahputra ketika menjaga gawang Persebaya saat menjamu PSMS Medan? Yap, hal itu tak serta merta didapatkan Miswar dengan latihan yang biasa-biasa aja loh. Muhammad Hadi, Pelatih kiper Persebaya ternyata punya beberapa drill khusus agar anak asuhnya bisa sigap dibawah mistar gawang. Salah satunya adalah latihan menangkap tendangan dengan terhalangi terpal di setiap jarak pandangnya. Otomatis kiper akan benar-benar dilatih refleknya.

Selain Kiper, para pemain lain juga mendapatkan berbagai drill khusus yang disesuaikan dengan posisi dan karakter pemainnya. Tak ayal, tiap pemain Persebaya memiliki skill yang merata. Nggak cuman itu aja, dengan skill pemain yang sesuai dengan karakternya tentu akan membuat coach Alfredo punya banyak opsi untuk membuka barisan pertahaan lawan.

 

 

 

 

Share
Create Your Own Article!