Zetizen.com - Beberapa orang pasti menganggap bahwa poop/feces hanyalah sebuah limbah manusia yang tidak ada gunanya. Padahal, poop bisa menjadi salah satu indikator kesehatan manusia loh. Nggak cuman itu aja, poop ternyata bisa menggambarkan kamu dari daerah mana! Biar nggak penasaran, yuk simak fakta-fakta tentang poop ini!

 

Material Poop Bukan Cuman Makanan

foto:shopify

Banyak orang beranggapan kalau poop merupakan sisa makanan yang sudah tidak bisa diserap lagi. Sehingga dibuang oleh sistem pencerenaan. Hal ini memang benar adanya. Namun dibalik itu, material poop nggak cuman makanan aja loh. Hampir 50-80% poop-mu adalah bakteri yang ada di dalam pencernaan. Bakteri tadi dibuang dikarenakan sudah tidak bermanfaat atau telah mati. Selain bakteri, ada juga beberapa bagian dari organ pencernaanmu yang telah mati dan terbawa bersama poop-mu.

 

Warna dan tekstur Poop Tandakan esehatanmu

foto: dailyinfographic

Poop normal memiliki warna kecoklatan. Hal ini dikarenakan adanya stercobilin yang merupakan sel darah merah yang mati atau berasal juga dari cairan empedu. FYI nih, warna dari poop-mu juga bisa menggambarkan kesehatanmu loh. Contohnya nih, poop berwarna keputihan menunjukkan adanya kelainan di kelenjar empedu. Poop berwarna kekuningan menandakan adanya infeksi parasit, atau kanker pankreas. Kotoran merah gelap atau hitam bisa menjadi indikasi pendarahan di saluran pencernaan bagian atas. Poop kehijauan juga bisa menjadi tanda infeksi.

Nggak cuman warna aja, tekstur poop-mu juga bisa menggambarkan tubuh kamu loh. Idealnya, poop yang bagus berbentuk lonjong dan lunak. Semakin cair poop-mu menandakan pencernaanmu berpotensi mengidap diare. Semakin padat poop-mu berarti, kamu kurang makan fiber dan serat.

 

Poop Wanita Tinggal Lebih Lama di Pencernaan

Umumnya, dibutuhkan waktu kurang lebih 8 sampai 12 jam untuk makanan bisa menjadi feses. Namun, untuk keluar dari tubuh, antara laki-laki maupun perempuan ternyata berbeda loh. Perempuan lebih lama menyimpan poop dibanding pria. Hal ini dikarenakan struktur anatomi wanita memiliki organ lebih banyak di bagian pelvis dibanding dengan pria. Hal ini berdampak pada pergerakan colon untuk mengeluarkan feses menuju anus. Perlu dicatat, hal ini merupakan hal yang normal yaa. Jadi, kalau kamu mengalami susah buang air besar, banyaklah mengkonsumsi air sehingga poop-mu mudah keluar.

 

Poop di Satu Daerah Berbeda Dengan Daerah Lainnya

foto:Flexjobs

Pernah nggak sih kamu merasakan perbedaan ketika kamu berada di kampung halaman dan ketika di kota dalam hal poop? Hal ini dikarenakan gaya hidup dan makananmu selama tinggal disana. Di desa, kamu akan lebih sering makan makanan yang segar dan berserat. Alhasil, kamu bakalan lebih mudah BAB dibandingkan di kota. Teksturnya tentu juga akan berbeda loh. Orang pedesaan akan memiliki tekstur poop yang lebih smooth dan kecoklatan dibandingkan dengan orang kota yang lebih gelap dan keras.

 

Source: Vox, dailyinfographic

 



 

 

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!