Zetizen.com - Tahun baru tinggal 10 hari lagi nih! Pastinya kamu punya keinginan-keinginan yang ingin dicapai tahun depan. Biar itu terwujud, siapin perencanaan yang tepat untuk masa depanmu. Nah, tahun baru tepat banget buat memulai. Disini kamu juga bisa menentukan akan jadi apa kamu setahun ke depan. Biar eye-catching, yuk tulis harapan dan pencapaianmu lewat cara-cara ini!

 

Wall of Dream

(foto: pinterest)

Siapa sih yang nggak punya mimpi? Tapi, jangan biarkan mimipmu cuma menjadi angan-angan belaka. Kamu bisa menyimpan mimpimu dengan menuliskannya ke dalam kartu-kartu kecil. Gunakan kertas warna-warni untuk menciptakan atmosfir rasa optimis yang bikin kamu yakin bisa mencapai mimpimu itu.

 

Pasang Wall of Dream di dinding yang sering dilalui orang rumah. Waktu mereka melewati Wall fo Dream, mereka bakal mengamini mimpi-mimpimu agar segera tercapai. Nanti, ketika kamu sudah berhasil mencapai semua impian dan mimpimu, kamu bisa mencoret satu persatu mimpi yang telah kamu tulis. Dijamin, perasaan bangga dan senang tak terkira bakal kamu rasakan ketika waktu itu tiba!

 

Peta Hidup

(foto: wordpress.com)

Kamu bisa membuat peta yang menggambarkan langkah apa yang akan kamu capai di tiap bulan yang ada di tahun 2018. Misalnya, bulan Jauari kamu ingin memenangkan kompetisi debat. Terus di bulan Februari, kamu kepingin ngelepas status jomblo, alias mendapatkan pacar. So, peta hidup ini berfungsi sebagai reminder tentang target-target yang harus kamu capai dalam rentang waktu tertentu.

 

Kamu bisa memulai Peta Hidup dengan terlebih dulu menentukan apa mimpimu. Misalnya, ketika kamu menentukan ingin menjadi Duta Besa, berarti kamu harus memfokuskan diri di bidang-bidang yang berhubungan dengan hal itu. Dengan mengikuti kompetisi Bahasa Inggris di bulan Maret, lalu masuk ke jurusan Hubungan Internasional pada bulan Agustus, dan seterusnya. Ibaratnya, Peta Hidup ini akan menunjukkan arah yang benar dalam mewujudkan mimpimu.

 

Pop-up Photos

Ide Pop-up Photos sebagai reminder (foto: AMS Student Showcase)

Pernah dengar istilah Bucket List, nggak? Itu lho, Daftar hal-hal apa yang harus kamu lakukan selama hidup. Hampir mirip dengan Bucket List, untuk membuat tahun 2018 lebih berfaedah, kamu bisa menuliskan harapan yang diklasifikasikan dalam masing-masing bulan. Biar lebih semagat untuk mencapainya, kamu bisa memvisualisasikan mimpi itu melalui foto atau gambar.

 

Di bulan Agustus nanti, kamu ingin pergi ke Raja Ampat. So, kamu bisa memasang foto raja Ampat di kolom bulan Agustus. Tapi, sebelum itu tentunya kamu harus nabung kan? Sebagai pengingat, kamu bisa mencetak gambar uang atau celengan yang ditempatkan di kolom bulan-bulan sebelumnya. Nggak bakal lupa deh kalau kamu harus nabung!

 

Scrapbook

(foto: aliexpress)

Nggak sempat nulis diary tiap hari? Well, coba aja bikin kaleidoskop tahun 2017. Kamu bisa mengisinya dengan highlight kegiatan atau pencapaian yang kamu lakukan di tiap bulan. Setelah itu, pastikan pencapaian itu berkembang tahun depan. Kalau kamu nggak suka ribet dan nempel-nempel begitu, scrapbook bisa jadi solusi.

 

Bukan buku biasa, scrapbook membuat banyak ornamen hasil gunting dan tumpukan dalam berbagai warna yang estetik. Bukan cuma berisi tulisan, tambahi juga foto, stiker, bahkan boneka kecil. Keunikan inilah yang bisa kamu manfaatkan uintuk menabmah semangatmu dalam mencapai mimpi dan target di tahun baru.

So, are you dare to dream?

 

Editor: Fahri Syadia

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!