Are You a Zetizen?
Show Menu

Nggak Perlu Demo! Yuk Gabung Organisasi ini Untuk Membantu Palestina

Rafika Yahya Rafika Yahya 20 Dec 2017
Nggak Perlu Demo! Yuk Gabung Organisasi ini Untuk Membantu Palestina

Zetizen.com - Sejak Donald Trump, Presiden Amerika Serikat mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel secara sepihak, dunia seolah langsung bergejolak. Salah satu gejolak yang dapat dirasakan adalah banyaknya demonstrasi dan aksi yang menuntut Trump untuk menarik pernyataannya. Padahal, ada banyak cara untuk membantu Palestina meraih kemerdekaannya, loh. Apa aja sih?

Freedom Flotilla to Gaza

Misi kemanusiaan yang secara intens mengirimkan relawan ke wilayah konflik ini nggak cuma menyasar Gaza, Palestina. Tapi, misi ini juga turut membantu wilayah-wilayah seperti Papua dan Yaman. Nggak heran kalau program Freedom Flotilla atau Armada Kebebasan ini sudah terpercaya di mata Pemerintah dunia.

Salah satunya lewat penghargaan yang diberikan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas bagi dua belas relawan dari Indonesia pada tahun 2010. Dalam kesempatan itu, Mahmoud Abbas juga memberikan Kewarganegaraan Palestina bagi para relawan yang telah bergabung untuk menyelamatkan korban perang di Gaza. Tertarik gabung? Kamu bisa cari infonya disini ya.

Masyarakat Relawan Indonesia

Kegiatan Orientasi Relawan (foto: MRI)

Kalau Freedom Flotilla merupakan organisasi internasional, kamu bisa memulai langkah menjadi relawan dengan bergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia atau MRI. Sebagai organisasi massa yang independen, MRI berfokus untuk pembangunan masyarakat sipil yang kuat. Harapannya, MRI mampu mengokohkan kebersamaan serta meciptakan kehidupan yang harmonis.

Biar tujuannya tercapai dengan mudah, MRI mengutamakan beberapa aktivitas bagi relawan yang telah terdaftar. Misalnya, pelatihan kerelawanan yang terdiri atas pelatihan pengelolaan program kemanusiaan dan orientasi kerelawanan. Atau Pemberdayaan Relawan yang menempatkan para relawan dalam aksi kemanusiaan. Lewat pelatihan ini, para relawan diberi kesempatan untuk terjun langsung dalam berbagai bencana di dalam maupun di luar negeri. Penasaran? Kepoin disini ya.

Qupro Indonesia

Melly Goeslaw sebelum berangkat ke Palestina di bawah bantuan Qupro Indonesia (foto: instagram)

Selain aksi dan demonstrasi yang lagi ramai dilakukan warga Indonesia, penyanyi Melly Goeslaw dan Opick langsung menjadi relawan. Berangkat pada hari Minggu (17/12) kemarin, keduanya ditemani oleh organisasi Sahabat Palestina Memanggil (SPM). Usut punya usut, ternyata Qupro Indonesia adalah pihak di balik aktivitas mereka.

Qupro Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang menyajikan hiburan dengan muatan edukasi. Harapannya, Qupro bisa menciptakan kepedulian kemanusiaan bagi masyarakat. Nggak melulu jadi relawan, kamu bisa bergabung bersama Qupro untuk menggalang dana seperti yang dikabarkan via website. Seperti bergabung menjadi bagian dari berbagai acara. Salah satunya adalah konser musik yang diadakan untuk menggalang dana bagi masyarakat Rohingya pada bulan September kemarin.

Komite Nasional Rakyat Palestina

Sinergi Indonesia dan Palestina diwujudkan langsung oleh KNRP dengan mengadakan talkshow (foto: KNRP)

Well, kalau kamu ingin membantu masyarkat Palestina, jadi relawan bukan satu-satunya cara loh. Masih ada banyak cara lain untuk meningkatkan taraf hidup warga Palestina. Salah satunya dengan mengedukasi dan menyebarkan informasi mengenai sejarah maupun fakta-fakta mengenai apa yang terjadi di Palestina. Hal itu bisa kamu lakukan dengan bergabung bersama Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP).

Untuk mencapai tujuannya, KNRP melakukan banyak aktivitas. Salah satunya seperti menyebarkan informasi melalui website, penggalangan dana, hingga konser musik. Nggak heran kalau beberapa public figure pun turut bergabung dalam KNRP. Sebut saja Aburizal Bakrie, Fadli (vocal Musikimia) hingga Prabowo Subianto. Ingin gabung? Cek disini ya.

RELATED ARTICLES

Please read the following article