Zetizen.com – Siapa sih yang nggak mau kalau hobinya bisa menjadi uang? Peluang ini ternyata bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Subki dan juga Fahmi adimara. Di usianya yang muda, ia menjadi salah satu influencer karena kreatifitasnya. Seperti apa sih kisahnya?

 

Berawal Dari Peserta, Kini Jadi Tamu Kehormatan

foto: dok.pribadi

Berawal dari rasa bosan dan jenuh selama menjalani masa kuliah, Fahmi Adimara, (umur) mulai mencari kegiatan lain diluar kampus seperti gabung komunitas salah satunya adalah komunitas fotografi.

Nah di tahun 2015, Google meluncurkan program Local Guides yaitu sebuah program inovasi terbaru yang sangat menarik dan memberikan kesempatan bagi semua orang untuk berbagi informasi dengan menemukan tempat atau destinasi terbaik yang ditemuinya. Nggak cuman Indonesia aja, program ini telah merambah lebih dari 40 negara dan bahasa di seluruh dunia.

Hal ini membuat Fahmi tertarik dan join mengirim karyanya ke Google Local Guides. Apalagi nih,bagi yang mengikuti program ini, pesertanya akan mendapatkan berbagai macam rewarding dan networking dengan kolega dari Google.“Salah satu tujuan utama fotografiku adalah untuk mengenalkan Indonesia ke mata dunia, jadi aku coba ikut program ini” ungkap Fahmi.

Setelah join di tahun 2015, ternyata di tahun 2016 salah satu foto karya fahmi digunakan oleh Google Local Guides sebagai background resminya. Nggak cuman itu aja, foto tersebut juga menjadi foto pembuka materi yang disebar keseluruh dunia. Bahkan Fahmi juga diundang oleh Google untuk menghadiri event global terkeren namanya Local Guides Summit 2017.

Fahmi sendiri merupakan salah satu dari 150 orang yang berhasil terpilih dari 50 juta Local Guides seluruh dunia. Sebagai salah satu peserta, Fahmi diberi kesempatan untuk menyuarakan mengenai kebutuhan mapping di Indonesia. “Mapping yang dimaksud adalah bagaimana jika peta kami terdampak bencana atau bahkan bagaimana jika lokasi belum terjamah oleh peta” tambahnya.

 

Pinjam Barang Teman Buat Bisa Me-review Barang

foto: dok.pribadi

Yang namanya teknologi memang nggak pernah ada matinya bahkan terus berkembang. Itulah yang menginspirasi Subki yang menjadi owner dari channel Youtube Gaptech. FYI, Gaptech sendiri merupakan salah satu akun review gadget terutama PC. Bahkan, saking kerennya, Gaptech juga menjadi salah satu akun review resmi dari Asus ROG loh!

Jika kamu beranggapan bahwa me-review harus memiliki barangnya, hal ini ternyata salah besar loh. Pasalnya, Subki sendiri memulai segala review-nya dari rumah loh. Yap, ia memanfaatkan beberapa barang dirumahnya dan dikemas dengan konten menarik mulai dari tips hingga menjelaskan detail kelemahan dan kelebihan sebuah barang.

“Dulu, untuk bisa me-review aku pakai milik pribadi. Bahkan pernah juga pinjam punya teman” ungkap Subki.

 Sekarang, Subki sudah nggak pernah pinjam lagi. Bahkan para vendor yang justru meminjaminya barang. Kerennya lagi, jika semua orang harus ikut pre-order untuk mendapatkan barang yang di review Subki, Subki justru bisa menikmatinya tanpa harus ikutan dan menunggu pre-order loh! Bahkan beberapa barang yang ia review belum tentu produk akan hadir di Indonesia.

            Khusus untuk membuat konten, Subki nggak pernah sembarangan. Bahkan ia bisa menghabiskan waktu satu bulan hanya untuk sebuah video yang nggak sampai 20 menit. Hal ini ia lakukan agar konsepnya menarik dan nggak mengecewakan.” Yang buat lama adalah proses dimana kita sedang menguji atau testing produk yang di-review, lalu memikirkan skenario pengujian apa yang kira-kira memang cocok untuk produk tersebut, juga memikirkan isi sudut pandang nya mau diambil dari bagian mana.” ujar Subki.

 

           

 

Share
Create Your Own Article!