Kidal bukan suatu kekurangan, tetapi hal yang harus dibanggakan! (Foto: Men's Health)

Zetizen.com - Rata-rata manusia menggunakan tangan kanannya untuk melakukan segala aktivitas. Seperti makan, minum, menulis, mengetik dan lain-lain. Tetapi, ada pula orang-orang yang menggunakan tangan kirinya untuk melakukan aktivitas atau disebut juga dengan kidal. Meskipun hal ini biasa, tapi ada juga orang-orang yang bereaksi berlebihan terhadap orang kidal. Misalnya, memaksa untuk menggunakan tangan kanan agar terlihat sopan. Padahal, jadi kidal justru merupakan sebuah kebanggan tersendiri, lho! Apa saja sih kelebihan menjadi kidal?

 

 

Bukan Kekurangan, Tapi Kelebihan

Bisa nulis dengan tangan kiri dengan rapi. Keren gak tuh? (foto:Stuff You Should Know)

Awalnya, saat dikelilingi banyak orang yang menggunakan tangan kanan, mungkin sempat terpikir di benak kalian, "kenapa aku harus kidal?", "kiri kan tangan jelek", atau bahkan "kiri itu kekurangan". Wait! Jangan buru-buru negative thinking, justru kamu harus menganggap bahwa kidal adalah suatu kelebihan yang tidak semua orang miliki. Abaikan omongan orang lain yang menganggap bahwa kidal itu buruk, justru buktikan kepada mereka kalau kita juga punya kelebihan. Contohnya, jika orang bertanya kepada kalian, "apa kelebihanmu?" maka jawablah "aku kidal". Apabila orang tersebut menanyakan mengapa menggunakan "kidal" sebagai kelebihan, jawab dengan rendah hati, "karena tidak semua orang di dunia ini bisa memakai tangan kiri apalagi untuk menulis dengan tulisan bagus."


Memiliki Hari Perayaan

Dirayain sedunia karena kidal, berasa spesial! (foto:Lefty Fretz)

Para left-handed di seluruh dunia setiap tanggal 13 Agustus selalu merayakan hari kidal atau harinya orang yang menggunakan tangan kiri, lho! Perayaan ini untuk menunjukkan aksi dari ketidaknyamanan yang dialami oleh orang kidal dalam dunia yang didominasi oleh orang dominan tangan kanan. Para kidal juga merasa terdiskriminasi karena hampir semua benda diciptakan untuk si tangan kanan saja, contohnya kamera yang memiliki tombol shutter di sebelah kanan atau tuas starter di sepeda motor yang ada di sebelah kanan juga. Tak hanya merayakan, para left handed ini juga berusaha raise awareness supaya hak-hak para kidal di dunia ini terpenuhi. Aksi ini pertama kali diciptakan oleh Dean R. Campbell pada tahun 1976 silam dan menjadi perayaan rutin setiap tahunnya.


Bersanding dengan Para Tokoh Terkenal

Lefties are cool too! Contohnya Angelina Jolie, nih. (foto:Parade)

Angelina Jolie, Tom Cruise, Pangeran William, sampai Barack Obama sang Presiden AS ke-44 merupakan tokoh kidal terkenal. Gotcha! Albert Einstein si penemu paling fenomenal dalam sejarah dunia sains pun masuk dalam jajaran "si kidal". Para tokoh-penemu ini sudah berkontribusi besar dalam berbagai aspek di kancah internasional sehingga dapat menjadi contoh bahwa kita juga bisa seperti mereka. Selain terinspirasi, kita juga bisa merasa bangga menjadi bagian dari minoritas seperti kidal ini.


Sering Dijuluki 'Si Kreatif'

Sosok genius ini adalah seorang kidal, lho. Semakin bangga, kan? (foto:Geni)

Albert Einstein. Mendengar nama tersebut pasti yang kita pikirkan "kreatif", "jenius", dan "cerdas". Kreativitas seorang Albert Einstein menghasilkan penemuan fenomenal, salah satunya yaitu Persamaan Medan Einstein dan teori relativitas. Menurut berbagai penelitian ilmiah dari institusi terkait, orang kidal cenderung lebih kreatif, bukti nyatanya dapat dilihat dari sosok Albert Einstein. Selain itu, menurut penelitian lainnya, orang kidal juga dianggap memiliki kecerdasan diatas rata-rata, lho. So, you should be proud!

Editor: Nena Zakiah


Share
Create Your Own Article!