Zetizen.com - Pantone, sebuah perusahaan color matching system berbasis di New Jersey, Amerika Serikat, baru-baru ini mengumumkan 2019 Color of The Year. It's the year of Living Coral (16-1546)! FYI aja nih, di tahun 2018, color of the year-nya adalah warna Ultra Violet. Pemilihan warna ini bukan tanpa alasan, lho. Melainkan udah dianalisa secara mendalam oleh Pantone's consulting division. Penasaran nggak sih apa yang menyebabkan warna ini terpilih?

Dianggap sebagai Warna yang Menggambarkan Kebahagiaan

Living Coral, warna yang terpilih untuk jadi 2019 Color of The Year. (foto:Fashion Trendsetter)

Warna apa yang tergambar di benak kita ketika terdengar kata 'kebahagiaan'? Sebagian orang pasti akan menjawab warna-warna yang cerah, seperti kuning atau oranye. Well, itu nggak salah kok. Buktinya, Pantone menyebut warna Living Coral sebagai 'color of carefree happiness'. Menurut press release pada laman Adweek, warna ini menyimbolkan kebutuhan akan rasa optimis dan kegembiraan.

Yep, warna memang bisa memengaruhi cara pandang kita dalam melihat kehidupan. Begitu pula energi yang dipancarkan dari warna Living Coral ini. Mempengaruhi mood kita supaya tetep hepi terus, ya?


Dipengaruhi oleh Brand Besar

Siapa sangka, ada brand yang berjasa dalam mempopulerkan warna ini, lho. (foto:Design Boom)

Analisa mengenai pemilihan warna Living Coral sebagai 2019 Color of The Year juga didasari dari fakta-fakta yang ada di lapangan. Pantone merujuk pada brand-brand besar yang berjasa dalam mempopulerkan warna ini. Seperti Airbnb, sebuah online marketplace bagi orang-orang yang ingin menyewakan kamar pribadi, apartemen maupun rumahnya, serta Apple, perusahaan teknologi global yang memproduksi barang-barang elektronik, seperti iPhone, iPad dan iMac.

Airbnb menggunakan warna Living Coral dalam situsnya secara signifikan. Misalnya, dalam logo, tools 'search' dan 'book' dan lain sebagainya. Sementara Apple menggunakan warna ini dalam iPhone terbarunya, yakni dari seri XR. Akibat influence dari dua perusahaan raksasa ini pula warna ini menjadi populer sepanjang 2018 dan dinobatkan masih trending juga di tahun selanjutnya. Pengaruh dari warna ini pula akan memengaruhi perusahaan-perusahaan lainnya untuk memakai warna yang sama.


Menggambarkan Kehidupan yang Alami

Seperti namanya, Living Coral terinspirasi dari terumbu karang yang ada di lautan. (foto:Pantone)

As we know, terumbu karang punya banyak sekali warna cerah yang menyegarkan mata. That's why, warna yang dideskripsikan sebagai oranye terang dengan undertone emas ini dijuluki sebagai Living Coral. Seperti foto yang dirilis oleh Pantone, terlihat bahwa warna ini dapat ditemukan secara alami pada terumbu karang dan ikan-ikan di laut, lho.

Pantone menjelaskan bahwa Living Coral merupakan warna natural yang muncul di lingkungan alami kita. "Warna ini membuat kita merasakan kehangatan dan kenyamanan dalam lingkungan kami yang terus berubah," tutur Pantone, seperti yang dikutip dalam laman Thrillist. Well, bisa dikatakan pula bahwa warna ini merupakan simbol dari keberanian dan merepresentasikan kehidupan yang cepat berubah.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!