Visage, brings you to the next level of horror. (Foto: Rely On Horror)

Zetizen.com - Game-game horor nggak pernah berhenti bermunculan. Belakangan ini, game horor yang lagi banyak diperbincangkan adalah Visage, yang dirilis pada 2 Oktober 2018 silam oleh SadSquare Studio. Game ini mulai 'meledak' setelah YouTuber gaming Indonesia, Miawaug, memainkannya. Visage disebut sebagai first-person psychological horror game, dengan genre survival horror. Well, seseram apa sih sebenarnya game ini?

Scene dalam game dibuka dengan berada di sebuah ruangan gelap, samar-samar terdengar seseorang menangis. Lalu, perlahan-lahan gambar menyorot pada pistol revolver yang diisi peluru, sementara di belakang terdapat beberapa orang, terdiri dari seorang perempuan, laki-laki dan anak kecil yang diikat kaki dan tangannya pada sebuah kursi. Seperti yang bisa ditebak, satu persatu dari mereka tewas meregang nyawa akibat tembakan dari pistol tersebut. Setelah semuanya tewas, giliran pelaku yang menembakkan revolver itu pada dirinya sendiri. Opening video yang cukup menyeramkan, ya?

Sosok yang membunuh satu keluarga dan kemudian bunuh diri dengan memakai pistol menyisakan teka-teki. (Foto: YouTube Image)

Kemudian game dimulai dengan player yang tiba-tiba terbangun dari lantai di sebuah ruangan kosong. Lantai tersebut penuh dengan darah dan player yang berjalan terpincang-pincang ke arah pintu. Opening game dengan bentuk ruangan dan pintu tersebut mengingatkan kita pada game horor yang berjudul P.T dan diproduksi oleh Kojima Production pada 2014 silam. Setting ruangan yang berada di sebuah rumah terasa begitu nyata berkat kualitas grafis yang mumpuni, sangat realistis dan smooth, seolah-olah kita sendiri yang tengah berada disana dan memerankan tokoh dalam game tersebut. Ditambah lagi, efek suaranya pun tak kalah menyeramkan. Atmosfernya benar-benar terasa nyata. Ngeri!

Yang membuatnya semakin real, karakter yang kita mainkan punya sanity level alias tingkat kewarasan secara psikologis lho. Sanity level ini dipengaruhi dengan beberapa hal, misalnya jika kita berada di ruangan yang gelap dalam waktu yang lama akan membuat sanity level kita menurun. Atau bisa juga jika kita mengalami kejadian seperti jumpscare dan teror oleh sosok paranormal. Perhatikan ikon otak yang ada di sisi kiri bawah layar, apabila otak tersebut tergambar dengan jelas dengan background berwarna merah, itu tandanya sanity level kita sedang dalam kondisi yang rendah. Namun, sanity level tersebut akan kembali normal jika karakter yang kita mainkan berada di tempat yang terang atau meminum pil penenang yang tersebar di seantero rumah. Karakter kita juga bisa tewas lho, baik karena terbunuh oleh iblis yang menghuni rumah itu maupun karena sanity level kita yang terlalu rendah. So, be careful!

Suasana rumah yang gelap dan mencekam bakal bikin bulu kuduk kalian merinding! (Foto: Game Pressure)

Well, sama seperti game survival horror lainnya, kita dituntut untuk menjelajahi seisi rumah dan memecahkan teka-teki tentang kematian penghuni rumah tersebut. Cobalah berinteraksi dengan benda-benda yang ada di rumah tersebut untuk mendapatkan petunjuk. Benda-benda yang kita temukan pun akan membantu kita, misalnya lilin dan lighter (korek api gas) yang digunakan untuk menjelajahi ruangan gelap agar sanity level kita tetap aman, light bulbs yang bisa kita gunakan untuk mengganti lampu ruangan yang rusak hingga kunci yang akan membantu untuk membuka ruangan tertentu. Kita juga bisa menemukan pil penenang dan mengonsumsinya sewaktu-waktu ketika sanity level kita sedang rendah, untuk mencegah karakter kita mati dalam game tersebut. Barang-barang tersebut akan tersimpan dalam inventory kita, namun perhitungkan dengan baik karena inventory kita bisa penuh dan tidak bisa lagi menyimpan barang. Jika tidak membutuhkan suatu barang dan ingin mengosongkan inventory kita, taruh saja di suatu ruangan dan ambil lagi bila dibutuhkan.

Ruangan gelap, barang berserakan dan teror yang senantiasa menemani langkah kita. (Foto: Indie DB)

Good luck and enjoy the game!

Share
Create Your Own Article!