Zetizen.com - Hari gini, siapa sih yang nggak suka nonton YouTube? Kamu sendiri pastinya punya Youtuber idola masing-masing yang videonya kamu tonton setiap saat. Tapi, kadang-kadang ada perasaan bosan nonton Youtuber yang itu-itu aja. Nah, kali ini Zetizen akan ngasih rekomendasi Youtuber asal Indonesia yang tinggal di luar negeri, most of them berkuliah di universitas maupun sedang bekerja di negara tersebut. Konten mereka rata-rata unik, extraordinary dan akan memperkaya wawasan kita tentang bagaimana rasanya tinggal di luar negeri dengan kultur yang berbeda. Siapa saja sih mereka? Yuk, scroll down and happy reading!

Syarif Zapata

Di channel Youtube-nya, Syarif banyak mengulas perbedaan kultur antara Indonesia dan Eropa. Mengedukasi banget! (foto:Instagram @syarifzapata)

Syarif Zapata tinggal di Swiss, negara di Eropa Tengah yang dikenal dengan pegunungan Alpen yang mempesona serta produsen coklat terenak di dunia. Dalam channel-nya, ia sering membagikan tentang perbedaan kultur antara Indonesia dan Eropa. Syarif sering mewawancarai pemuda-pemudi Swiss secara random dan menanyakan berbagai pertanyaan, mulai dari tentang daily life seperti seberapa sering orang Eropa mandi atau berapa gaji pekerja di Swiss, hal-hal tabu seperti seks dan tinggal satu rumah sama pacar hingga hal yang cukup sensitif seperti orientasi gender dan agama. Dari channel-nya, kalian akan mendapatkan insight tentang bagaimana pandangan orang Eropa tentang nilai dan norma kehidupan, yang tentu banyak berbeda dengan di Indonesia. Dengan menonton channel-nya, akan membuat kita lebih open minded dan bikin wawasan kita semakin luas.

Tak hanya itu, Syarif juga sering membahas tentang sistem pendidikan di Swiss, gimana caranya kuliah disana, estimasi biaya dan lain-lain. Syarif juga membahas hal yang lebih fun, misalnya mengisahkan saat ia traveling di Swiss atau Kroasia, ngasih tips gimana cara PDKT ke cewek Swiss, hingga bikin vlog seru tentang party. Segera mampir ke channel Syarif Zapata, ya!


Jerome Polin

Siapa sih yang nggak pengen kuliah di Jepang kayak doi? (foto:Instagram @jeromepolin)

Memiliki channel YouTube 'Nihongo Mantappu', Jerome Polin tampil youthful berkat vlog-vlognya yang kocak. Misalnya, saat ia menantang teman-teman Jepangnya nyobain snack khas Indonesia seperti makan keripik tempe, makaroni pedas, onde-onde manis atau stick jagung, hingga menanyakan ke cewek-cewek Jepang tentang kegantengan aktor, public figure dan Youtuber Indonesia. Reaction video buatan Jerome Polin terkadang lucu karena hasilnya out of prediction. Nggak hanya ngevlog seru-seruan, Jerome juga membuat vlog yang mengupas tuntas tentang cara berkuliah di luar negeri, khususnya Jepang. Kita juga dibuat ngiler pas ngeliat videonya makan ramen, sushi hingga soba. Cara penyampaian Jerome yang ceplas-ceplos, jahil dan usil khas anak muda bikin kita merasakan kayak temen sendiri, deh.


Puri Viera

Seperti apa rasanya tinggal di San Diego, Amerika Serikat seperti Puri, ya? (foto:Instagram @prettypuri17)

Kalau dari tadi cowok terus, gantian giliran Youtuber cewek gengs. Namanya Puri Viera, cewek asal Surabaya ini sekarang tinggal di San Diego, California, bersama Ricky, suaminya. Puri Viera dikenal dengan gaya bicaranya yang straightforward, lugas dan blak-blakan. Ia pun sering membuat vlog yang menceritakan secara apa adanya bagaimana tinggal di Amerika, gimana kultur Amerika seperti Thanksgiving dan Halloween, beauty standard di Amerika sampai karakteristik orang Amerika itu seperti apa. Ia juga sering membanding-bandingkan budaya antara Indonesia dan Amerika Serikat, tentang nilai dan normanya yang berbeda satu sama lain dan bakal semakin memperkaya wawasan kamu. Nggak hanya itu, Puri juga sering bikin vlog tentang cara berbahasa Inggris yang baik dan benar dalam vlognya, nih. Dari how to spell words sampai belajar grammar yang benar Puri ajarkan dengan cara yang bikin kamu cepat paham. Berguna banget buat kamu yang pengen fluent dalam berbicara bahasa Inggris!


Ryan Proto

Si geek ini suka nyeritain betapa serunya tinggal di Inggris, lho. (foto:Instagram @ryanproto)

Tinggal di London sebagai IT Specialist, jalan hidup Ryan Proto ternyata penuh lika-liku, lho. Sebelum itu, ia harus mati-matian belajar selama satu tahun untuk tes IELTS dan ujian di University of Cambridge. Di vlognya, Ryan mengupas tuntas tentang bagaimana hidup di London, kota di Inggris yang terkenal memerlukan biaya besar untuk ditinggali. Vlognya membahas banyak hal, mulai dari biaya hidup di London, rasanya kuliah di Inggris sampai gimana rasanya tinggal satu rumah dengan empat orang bule. Ia juga bikin vlog Q&A dengan salah satu housemate-nya, yang bikin ketawa dari awal sampai akhir. Nggak cuma cerita tentang hal yang fun, Ryan pun menceritakan saat ia kena todong pistol oleh rampok di London atau saat ia ditahan di Amsterdam, Belanda. Dari sana, kita bisa mengetahui gimana cara aparat kepolisian di negara tersebut saat mengurus kasus, yang cukup berbeda dengan Indonesia. Saat dirampok, Ryan 'hanya' kehilangan uang 20 pounds, tapi cara aparat kepolisian menangani kasusnya begitu profesional! Keren! Vlog-vlognya bisa dicek di channel 'Ryan Proto'.


Amelia Tantono

Korea Selatan! Hayo, siapa yang ngimpi pengen kesana? (foto:Instagram @amelia_tantono)

Mulai ngevlog tentang kehidupannya di Korea Selatan sejak Januari 2018, Amelia kini punya 153K subscriber di channel-nya, Amelicano. Disana, Amelia kebanyakan ngevlog tentang daily life, mulai dari jalan-jalan, ngerayain tahun baru di Seoul, dateng ke festival musim dingin Korea Selatan, menikmati festival musim semi, mukbang Korean street food, ngerasain Spring Tulip Festival dan lain sebagainya. Duh, bikin iri banget ya? Rasanya pengen tuker posisi jadi dia, ya kan? Amelia juga nyeritain tentang struggle-nya beradaptasi tinggal di Korea, yang tentunya sangat berbeda dengan Indonesia, buka-bukaan soal rumah yang ia tinggali sampai ngasih tips tentang nyari tempat tinggal di Korea. Amelia juga bikin video tutorial make up dan ngasih rekomen drama Korea yang wajib ditonton. Lengkap banget kan?

Yuk buruan tonton vlog mereka semua ya! Dijamin seru dan makin menambah wawasan kalian. Siapa tahu kan suatu saat kalian akan tinggal di luar negeri?


Share
Create Your Own Article!