seni kolase collage art hype zetizen handmade diy
Seni 'Asal Tempel'? (Foto: Behance)

Seni kolase lagi trending di kalangan anak muda, nih! Salah satunya akibat proses pembuatannya yang asik dan menyenangkan. Eh, selain itu, karya ini sering dikerjakan ramai-ramai biar bisa saling tukar bahan dan bagi-bagi ide. Jadi, bisa banget bikin acara nongkrongmu jadi lebih keren dan anti-gabut! Penasaran? Check this out!

Apa sih, Kolase Itu?

Sekadar Tempel Doang? (Foto: Pinterest)

Everything is art! Majalah dan koran bekas di sudut kamarmu pun bisa disulap jadi karya. Yap, collage art merupakan seni menggabungkan potongan-potongan gambar atau tulisan dari berbagai media dengan susunan dan komposisi tertentu. Nggak hanya dari kertas, kolase juga bisa menggunakan materi-materi lain seperti serpihan kayu atau bunga. Daripada menimbun barang-barang yang nggak kepakai dan pada akhirnya dibuang, kamu bisa mengubahnya jadi karya kolase yang indah dan punya nilai seni tinggi!


Meet The Community

Makin Rame, Makin Asik (Foto: Instagram @kolasemauku)

Perkumpulan kolase kebanyakan berawal dari yang cuma sekelompok kecil, lalu lama-lama berkembang menjadi komunitas. Salah satu komunitas kolase yang aktif di kalangan anak muda adalah komunitas Kolase Semauku yang berbasis di Semarang dan memiliki cabang di beberapa kota lain.

Dilansir dari akun instagramnya @kolasemauku, komunitas ini aktif banget buat mengadakan gathering dengan tujuan yang berbeda-beda. Mulai dari bongkar pasang kolase bersama, lokakarya, sampai berpartisipasi di festival seni lokal. Bulan Mei tahun lalu, Kolase Semauku bahkan menjadi komunitas yang paling aktif memperingati Hari Kolase Sedunia. Dalam menyambut Hari Kolase Sedunia tersebut, Kolase Semauku mengadakan event serempak di berbagai kota. Salah satunya, Collage Jamming yang diadakan di East Coast Surabaya.

Tidak hanya melalui pertemuan langsung, Kolase Semauku juga sering memamerkan karya anggotanya di Instagram. Wanna join? Langsung kontak ke IG @kolasemauku, ya!


Let's Start! Siapkan Perlengkapanmu!

Gunting dan Lem Jadi Andalan (Foto: iStockPhoto)

Now it's time to make your own cool collage!

  • Untuk memulai, bahan yang perlu kamu siapkan cukup beberapa majalah, koran bekas atau apapun yang mengandung gambar atau kutipan keren.
  • Senjata utama yang kamu butuhkan tentu saja gunting dan lem. Untuk media permukaannya kamu cukup menyediakan kertas polos. Pastikan kertasmu tidak terlalu tipis, ya! Ketika kamu sudah lebih mahir, gunting bisa kamu ganti dengan 'pisau khusus' yang biasanya tersedia di toko art & hobbies.
  • Find the theme. Agar karyamu terlihat menarik, kamu harus punya konsep khusus. Nggak perlu yang terlalu rumit, tema bisa kamu ambil dari sekitarmu. Seperti tema liburan atau lingkungan hijau.
  • Cut and combine! Nggak ada aturan khusus dalam membuat kolase. Kamu bisa membuat pola atau bahkan langsung tempel. Bebaskan imajinasimu!

Collage Art-mu Sudah Jadi!


Done! Kamu sudah bisa membuat seni kolasemu sendiri yang bisa kamu foto dan upload di Instagram biar makin hits atau pasangkan pigora dan pajang di kamarmu. Eh, dibungkus dengan kado terus kirim ke doi juga bisa, loh!

Jadi, gimana? Sudah siap mencoba dan berkarya?


Share
Create Your Own Article!