zetizen.com - Sadar nggak sih, akhir-akhir ini hujan makin sering turun? Biasanya peralihan antara musim kemarau ke musim hujan ini sering banget bikin kita drop. Mulai dari penyakit yang ringan kayak pilek, sampai penyakit kelas berat kayak demam berdarah. Kira-kira gimana sih, caranya biar di musim hujan ini badan kita tetep fit? Yuk, cek tips ala Zetizen!

 

Pakai Masker

zetizen musim hujan mencegah penyakit tips trik masker
Pelindung Wajah Itu Penting! (Foto: Unsplash)

Di musim yang udaranya lebih dingin gini, biasanya kita memakai pakaian yang lebih tebal biar badan tetap hangat. Tapi, kita sering lupa buat melindungi bagian wajah. Suhu dingin yang terpapar ke wajah bisa menyebabkan konka hidung membesar, lho! Buat yang nggak tahu, konka adalah bagian dalam rongga hidung yang fungsinya untuk membunuh bibit penyakit. Nah, waktu suhu dingin, kalau udara yang masuk suhunya terlalu rendah konka akan membesar untuk menghangatkan udara, biasanya efeknya kita rasakan sebagai hidung tersumbat.

 

Cuci Tangan

zetizen musim hujan mencegah penyakit tips trik cuci tangan
Tangan itu Sumber Kuman! (Foto: Pexels)

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda lain. Tentu saja, hal ini bikin tangan kita jadi tempat buat penyakit masuk ke tubuh kita. Makanya, biasakan cuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun, terutama sebelum makan, karena kuman penyakit bisa masuk kedalam tubuh kita dan gampang banget bikin tubuh kita jadi sakit.

 

Membersihkan Bak Mandi

Kapan sih, terakhr kalian bersihin bak air dirumah masing-masing? Hati-hati ya, bisa-bisa bak air di rumahmu jadi tempat bertelurnya nyamuk pembawa penyakit. Apalagi di musim hujan gini, musimnya nyamuk buat kawin. Jadi, jangan sampai males bersihin bak air, paling nggak seminggu sekali biar nggak ada biang penyakit yang hidup di rumahmu!

 

Jangan Males

zetizen musim hujan mencegah penyakit tips trik jangan malas
Dingin Bukan Berarti Malas (Foto: Pexels)

 

Mentang-mentang udaranya lagi dingin bikin kerjaanmu cuman diatas kasur sambil makan mie kuah dan dengerin lagu galau. Nggak banget, deh! Jangan gara-gara hawanya dingin terus kamu berubah jadi pemalas. Tetap lakuin rutinitas kamu sehari-hari dan ditambah pemanasan ringan sekali sehari biar badan nggak kaku kedinginan! Kalau bisa, kasih agenda olahraga rutin, deh.

 

Hindari Genangan

zetizen musim hujan mencegah penyakit tips trik hindari genangan
Genangan Air Bisa Jadi Sumber Penyakit (Foto: Unsplash)

Siapa nih yang kalau liat genangan bawaanya pengen ciprat-ciprat? Asik sih, emang. Tapi tau nggak sih, genangan air dijalan itu mengandung banyak bakteri yang bisa bikin kamu kena penyakit kulit. Biasanya berupa alergi atau infeksi. Nggak mau kan, kalau sampai kulitmu timbul bercak-bercaknya? Hiiiiii.

Nah, lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!