zetizen.com – Sudah masuk semester dua nih. Biasanya, anak OSIS sudah sibuk mengurus buku tahunan sekolah. Mulai dari konsep, cari fotografer dan percetakan, sampai menentukan jadwal photoshoot. Eits, simak dulu deh cara ampuh bikin buku tahunan berikut ini biar punya buku tahunan sekolahmu jadi yang paling keren!

#1 Pilih Konsep Buku Tahunan Anti-mainstream

Buku tahunan itu cuma dibuat satu kali lho pada setiap jenjang. Ibaratnya, buku tahunan jadi KTP seumur hidupmu bagi teman-teman di sekolah itu. Oleh karena itu, jangan bikin asal-asalan. Memilih tema yang pas adalah kunci utama. Nih, rekomendasi tema buku tahunan dari Zetizen. 

Minimalist Colorful

buku tahunan yearbook ide tema unik simpel minimalis desain layout menarik
Simpel, Menarik, dan Elegan (Foto: Pinterest)

Permainan warna ini bisa jadi seru banget. Jangan cuma warna biru untuk kelas A, warna merah untuk kelas B, dan seterusnya ya. Coba cari palet warna di Pinterest dengan keyword color mood. Nggak cuma satu warna, kamu akan bisa memadukan warna lain yang masih satu tone dan konsep buku tahunanmu bakal Instagram-able banget! Nggak perlu foto outdoor pula. 

Role Play Fantasi

buku tahunan yearbook ide tema unik simpel minimalis desain layout menarik
Ala-Ala Disney (Foto: Pinterest)

Mau lebih effort? Main role play dong, jangan cuma di Twitter. Kamu bisa memilih tema fantasi biar nggak ada temanmu yang maksa jadi Lisa Blankpink atau malah Chanyeol EXO he he. Pilih aja karakter dari dunia dongeng seperti Disney princess, Robin Hood, atau superheroes Marvel. Ada banyak referensi kostum yang bisa dicontoh kok, nggak harus sama persis kayak filmnya. Konsep ini pun bikin kamu ingat terus momen-momen gokil cari kostum dan photoshoot.

Liburan Ala-Ala

Nah, buat yang pengin konsep outdoor, kamu bisa memakai konsep liburan. Lagi banyak nih tempat-tempat Instagram-able yang murah meriah dan gampang dijangkau. Misalnya, Pantai 9 di Madura, Jawa Timur, dan beberapa pasar seni di Lombok, NTB. Eits, kamu juga bisa lho pakai konsep staycation alias liburan satu hari di hotel. Sekarang banyak hotel murah yang dijadikan lokasi pemotretan selebgram! 

#2 Perhatikan Desain dan Layout

Biasanya, kita sudah percaya ke percetakan buku tahunan yang ditunjuk. Pokoknya sesuai dengan konsep dan photoshoot-nya beres, tinggal tunggu jadi deh. Eits, nggak semudah itu, Ferguso! Banyak percetakan yang mendesain ala kadarnya dan nggak teliti. Lebih baik kamu tetap mengawasi beberapa hal krusial ini deh: 

Komposisi Warna

buku tahunan yearbook ide tema unik simpel minimalis desain layout menarik
Colorful tapi Tetap Teratur (Foto: Pinterest)

Meskipun konsep buku tahunanmu colorful, warna yang dipakai pada tiap halaman harus dibatasi. Semakin banyak warna, kamu juga bakal kesulitan menemukan warna tulisan yang tepat sehingga tulisannya terbaca jelas. Usahakan tiap halaman cuma pakai 2-3 warna ya. 

Pilih Font Sesuai Konsep

Konsepnya modern minimalis, eh, font-nya Comic Sans. Tolong dipikirkan lagi ya, terutama buat anak SMP nih. Coba tanya kakak-kakak yang kuliah desain atau cek Instagram anak DKV. Sebaiknya hindari font decorative seperti Curlz MT ya! Pusing nih bacanya. 

Mending Tambah Halaman!

Daripada kamu memaksakan semua konten buku tahunan dalam satu halaman, lebih baik tambah halaman aja. Ingat, tujuan buku tahunan itu buat bernostalgia! Makin banyak halamannya, makin banyak ‘‘rindu’’-nya #tsaah. Tapi, jangan terlalu tebal ya. Memangnya kamus? He he he. 

Tambah Typography

buku tahunan yearbook ide tema unik simpel minimalis desain layout menarik
Tambah Typography Biar Makin Unik (Foto: Pinterest)

Siapa yang setuju kalau typography bisa bikin tampilan halaman lebih bagus? Dengan dibentuk quote ala Tumblr, halaman buku tahunanmu bisa makin menarik perhatian! Tapi hati-hati, typography cuma buat hiasan tambahan. Jangan sampai konsep utamamu malah hilang. 

#3 Pilih Buku Tahunan dalam Bentuk Lain

Kalau menurutmu bentuk buku itu mainstream, berpikirlah out of the box! Siapa bilang buku tahunan harus dalam bentuk buku? Kamu bisa kok bikin buku tahuna dalam bentuk lain. Misalnya, flipbook, pop-up book, dan website khusus angkatan. Mau lebih keren lagi? Ikut aja Good Day Schoolicious E-yearbook Class 2018-2019 dimana kamu bisa bikin e-yearbook dalam bentuk video kompilasi dari foto-foto keren kamu dan teman-teman satu sekolahmu. Yuk, buruan ikut challenge-nya! Jangan mau kalah sama sekolah lain. Good luck!

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!