zetizen asmr makanan Autonomous sensory meridian response kuliner
Makanan yang Bikin 'Merinding' (Foto: Unsplash)

Pernah dengar istilah ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response? Yap, fenomena ASMR yang mulai merambah ke dunia food blogger Indonesia secara perlahan menggeser fenomena Mukbang yang sempat bikin heboh dunia maya dalam hal culinary. ASMR hadir dengan menampilkan suara kunyahan makanan saat di dalam mulut.

Dr. Mary Philia Elisabeth, M.Psi., dosen psikologi mengatakan bahwa ASMR bisa menciptakan perasaan relax pada sebagian orang, namun hal ini bersifat sementara. Perasaan relax ini muncul saat orang tersebut mendengar suara gemericik atau bisikan yang merangsang imajinasi dan perasaan tenang.

ASMR diyakini bisa menimbulkan efek unik bagi para pendengarnya. Mulai dari menimbulkan rasa nyaman, menggelitik dan tubuh bergetar. Suara yang muncul berasal dari gigitan makanan saat dikunyah, renyahnya tekstur makanan, dan makanan yang ditelan.

Well, coba tantang dirimu di rangkaian video ASMR Food favorit Zetizen disini!

AYAM CRISPY PEDES

Banyak warganet yang memberikan komentar turut merasa lapar mendengar renyahnya tekstur ayam saat digigit dan sensasi 'kepedesan' yang spontan muncul saat makan crispy fire chicken ini.  

 

SAMYANG NOODLE 

Beuhh... Soal samyang jangan ditanya lagi deh, nikmatnya! Apalagi makan samyang plus telur mata sapi waktu lagi hujan, hehehe. Suara ASMR yang muncul dari samyang berasal dari tekstur mie nya yang lunak dan bumbu samyang yang bikin penampilannya makin sticky. Samyang menjadi salah satu favorit ASMR FOOD karena mudah didapat di toko terdekat dan harganya yang cukup terjangkau. Hayo, ngaku... Siapa yang suka makan makanan yang satu ini?

 

HONEY COMB(SARANG MADU)

Buat kamu yang belum pernah nyobain makan madu langsung dari sarangnya, wajib banget nonton videovideo FOOD yang satu ini! Video ini sukses bikin banyak warganet penasaran dengan rasa dari beehive tersebut. Eh, mengomsumsi madu juga bisa membantu menurunkan berat badanmu loh. Bisa dicoba nih, buat yang mau diet!

 

SEBLAK JELETET (SEBLAK BASAH)

Eits, makanan yang lagi populer ini juga masuk dalam jajaran makanan favorit ASMR FOOD, lho! Suara ASMR muncul dari kuah seblak dan tekstur kenyal mie seblak. Hmmm, jadi bikin laper beneran, deh!

 

ALOE VERA (LIDAH BUAYA)

Hmmmm.... setelah nonton video yang satu ini, kamu pasti langsung penasaran gimana rasa sesungguhnya dari lidah buaya. Banyak warganet yang bilang kalau teksturnya seperti jelly dengan rasa yang sedikit pahit. Suara ASMR dari lidah buaya sendiri cukup unik, karena saat di dalam mulut menghasilkan banyak lendir sehingga terdengar menggiurkan. Eits, tapi hati-hati! Nggak semua lidah buaya bisa dimakan, lho! Meskipun menyehatkan, mengonsumsi bagian latex secara berlebihan dapat mengakibatkan beberapa gangguan penyakit seperti diare, gangguan ginjal, lemah otot, dan gangguan jantung.

 

Jadi, makanan apa yang jadi ASMR favoritmu?

Share
Create Your Own Article!