zetizen.com - Hayo, pada tahu Silent Treatment nggak? Silent Treatment biasa diartikan sebagai menolak komunikasi dengan orang yang justru mau ngobrol sama kamu. Nih, contohnya:

Hal yang sering terjadi dalam hubungan ini, ternyata punya efek positif dan negatifnya, loh! Apa aja sih? Yuk, kita simak!

 

Kesempatan untuk Berpikir Jernih

zetizen silent treatment dampak positif negatif hubungan asmara cinta
Waktu untuk Merenung (Foto: Unsplash)

Kalau lagi emosi, pasti nggak bisa berpikir secara lurus. Bawaannya pingin marah terus! Nah, kalau kamu memutuskan buat kasih silent treatment ke pasanganmu, manfaatkan dengan baik untuk berpikir. Inget-inget deh, dia pernah kasih apa aja ke kamu. Pengorbanan apa aja yang sudah dia kasih biar kamu senang. Sebanding nggak sih, sama alasanmu buat marah sama dia? Memang itu kan tujuan silent treatment? Buat mikir?

 

Kasih Kesempatan Doi Buat Mikir Juga

"Aku nggak mau tau! Kamu selalu kayak gini! POKOKNYA KITA PUTUSSSS!!!"

Ada baiknya kalau kamu kasih silent treatment buat dia introspeksi diri. Dia nggak sepenuhnya tahu apa yang kamu ingin dan apa yang nggak kamu suka. Tapi, lebih baik kalau kamu nggak semena-mena langsung putus komunikasi sama dia. Bilang aja,

"Aku kasih kamu waktu buat mikir. Kalau sudah, nanti kita ngobrol lagi."

Percaya deh, nggak lama pasti dia bakal kontak kamu lagi dan kalian nggak perlu saling marah-marah.

 

Tunggu Saat yang Tepat

zetizen silent treatment dampak positif negatif hubungan asmara cinta
Tunggu Waktunya (Foto: Unsplash)

Nggak bisa diingkari, ada faktor-faktor luar yang bisa mempengaruhi keputusanmu saat itu. Misalnya, cuacanya lagi panas, tugas numpuk, terus tiba-tiba doi buat kesalahan disaat itu juga. Nah, kalau sudah gitu, justru jangan buru-buru buat ambil keputusan. Coba tenangin diri dulu dalam silent treatment-mu, nanti kalau suasananya udah membaik, ngobrol baik-baik deh sama dia.

 

Bikin Terlalu Nyaman Waktu 'Silent'

zetizen silent treatment dampak positif negatif hubungan asmara cinta
Sudah Terlalu Asik Sendiri (Foto: Unsplash)

Waktu silent treatment, kamu bakal ngerasain gimana rasanya hidup kalau nggak ada doi. Mungkin ada hal yang kurang dan bikin kamu kangen chatting-an sama doi. Tapi, bisa juga kamu malah lupa sama segala kenyamanan yang udah dia kasih sama kamu. Akhirnya, kamu terlalu nyaman waktu sendirian dan kamu memutuskan untuk break up. Sedih, kan?

 

Diam Lalu Hilang

zetizen silent treatment dampak positif negatif hubungan asmara cinta
Sendirian Tanpa Kejelasan (Foto: Unsplash)

 

Worst case scenario, waktu kamu memutuskan buat silent treatment tanpa ada kejelasan dan akibatnya, kalian berdua saling tunggu-tungguan. Silent treatment dalam tahap ini bisa bikin kalian sampai lupa buat mulai percakapan. Akhirnya, kalian sama-sama hilang dan saling nggak ada kejelasan. Waduh, serem juga yaa.

 

Nah, sudah tahu kan, plus-minusnya Silent Treatment?

Karena itu, pakainya hati-hati, yaa!

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!