zetizen.com - Akhir masa sekolah sudah dekat! Nah, buat kamu yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi negeri, kamu bakal berjuang lebih keras dibanding teman-teman yang lain, nih! Apalagi, SBMPTN sudah di depan mata. Eit, jangan bingung dulu! SBMPTN nggak sesulit yang kamu kira, kok! Kamu bisa mulai mempersiapkan berbagai macam hal sebelum kamu siap menghadapi SBMPTN. Yuk, cek tips-tips ala Zetizen di bawah ini!

 

Jangan Takut Nilai Tes Akademik

zetizen tips trik cara mempersiapkan sbmptn 2019 jangan takut nilai jelek tes akademik
Gagal di Tes yang Satu? Coba yang lain! (Foto: Her Campus)

SBMPTN 2019 punya 2 macam tes, yaitu Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Kompetensi Skolastik (TKS). Nah, di TKS, kemampuan kognitif dan nalar kamu diuji. Tujuannya, meskipun nilai TKA kamu kecil, nilaimu masih bisa dibantu dengan TKS. Nah, kalau nilai TKS-mu bagus, kamu dipercaya masih bisa sukses melalui perguruan tinggi negeri dengan cara berpikir dan cara penyelesaian masalahmu.

 

Aktif Bertanya

zetizen tips trik cara mempersiapkan sbmptn 2019 aktif bertanya
Malu Bertanya Sesat di Jalan (Foto: Pexels)

 

Coba kamu hubungi kakak-kakak kelasmu yang tahun lalu sudah berjuang menghadapi SBMPTN. Mereka pastinya punya cara yang berbeda-beda buat mempersiapkan tesnya. Kamu bisa milih mana aja cara belajar yang cocok sama kamu dan bisa bikin kamu nyaman. Kamu juga bisa pinjam buku-buku SBMPTN mereka untuk kamu pakai sebagai tambahan referensi soal.

 

Atur Skala Prioritas

zetizen tips trik cara mempersiapkan sbmptn 2019 atur skala prioritas
Bikin Checklist Kalau Perlu (Foto: Unsplash)

SBMPTN bukan tes yang sembarangan, lho! Kamu harus mulai menempatkan belajar SBMPTN di prioritas atas daripada main PUBG atau jalan-jalan ke mall. Eh, tapi kesehatan juga penting! Jangan sampai kamu belajar terus-terusan sampai sakit. Pejuang SBMPTN itu anti-sakit biar bisa fokus terus sama tesnya. Kurangi kegiatan-kegiatan yang nggak penting, ya! Kalau kamu aja nggak nempatin SBMPTN sebagai prioritasmu, gimana PTN bisa nempatin kamu jadi prioritasnya? Huhuhu.

 

Mulai Cari Info Jurusan Kuliah

SBMPTN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sistem yang baru bisa bikin peluang kamu keterima lebih besar. Di SBMPTN 2019, kamu bakalan tes dulu sebelum menentukan universitas dan jurusannya. Jadi, kamu bakal bisa milih perguruan tinggi mana yang bisa terima kamu berdasarkan nilai tesmu. Nah, kamu perlu cari info tentang jurusan-jurusan yang kamu mau, biar kamu tetep bisa belajar sesuai passion-mu dimanapun perguruan tingginya.

 

Belajar, Belajar, Belajar!

zetizen tips trik cara mempersiapkan sbmptn 2019 belajar
Belajar Kunci Utamanya (Foto: Pexels)

Yang paling penting tetap belajar. Minta bimbingan siapapun yang bisa bantu kamu belajar waktu lagi kesusahan, seperti guru di sekolah. Nggak telat kok, kalau kamu mau mulai belajar dari sekarang. Kamu juga bisa ikut bimbel intensif menyambut SBMPTN biar semakin siap menghadapi soal-soal yang diujikan nantinya. Mendingan belajar beberapa bulan sampai selesai SBMPTN dibanding belajar setahun lagi karena mau mengulang SBMPTN di tahun depan.

 

Gimana? Sudah siap 'bertarung'?

Semoga sukses dan bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang kamu mau, ya!

Share
Create Your Own Article!