Budaya ngopi memang nggak bisa lepas dari rutinitas anak muda. Mulai dari instagramable coffeeshop tengah kota sampai warung kopi di pinggir jalan, biasanya ngopi paling enak dilakukan sambil kumpul ramai-ramai. Tapi, pernah nggak sih, kamu mampir ke warkop dan menghabiskan waktu disana sendirian?

Bukan sekadar galau-galauan ala anak indie, nongkrong sendirian ternyata punya banyak manfaat sebagai self-healing untuk kesehatan psikologismu, lho. Apa aja, tuh? Yuk, simak bareng!

 

Aroma Kopi Bisa Mengurangi Rasa Stressmu

zetizen nongkrong sendirian kafe kopi psikologis
Aromanya Bikin Tenang (Foto: Pexels)

Sebagai anak muda yang aktif, stress bisa datang kapanpun. Nah, mampir ke coffeshop bisa jadi salah satu refreshment yang bagus, lho. Efek kafein di kopi yang memang telah lama dipercaya dapat membangkitkan energi dan bikin semangat. Nggak hanya itu, aromanya saja juga terbukti secara ilmiah dapat meredakan stress! Dilansir dari beinghealty, sebuah studi yang dipimpin oleh Han-Seok Seo dari Seoul National University menemukan fakta bahwa mencium aroma kopi dapat meningkatkan antioksidan dan membantu mengurangi stress.

 

Sarana Terbaik Momen 'Me Time' Kamu

Lagi suntuk dengan semua orang? Terkadang kita perlu waktu untuk sendiri. Hasil penelitian oleh pakar psikologis, Sarah Pedersen menunjukkan bahwa dengan memiliki ruang untuk sendiri terbukti memengaruhi kestabilan emosi seseorang dan meningkatkan kesehatan mental. Ngewarkop bisa jadi salah satu pilihanmu karena kamu bisa bebas datang tanpa ada kewajiban untuk bertemu orang yang kamu kenal. Nggak bakal ada yang menagih deadline tugasmu. Nggak ada yang ngepoin kamu (kecuali kalau ada stranger yang tiba-tiba naksir). Kamu pun gak harus bersosialisasi disini. Bebas!

 

'White Noise' Bikin Kamu Makin Rileks

Kalau kamu memilih tempat yang tepat, kamu bisa mendapatkan kedai kopi yang cozy sehingga cocok untuk bersantai. Dengan datang sendirian bisa membuatmu peka dengan sekitar, termasuk mendengarkan lebih detail apa yang ada di dekatmu Suara halus mesin penggiling kopi. Dentingan gelas. Obrolan pengunjung. Sadar nggak, mendengarkan suara-suara itu bisa membuatmu tenang? For your information, apa yang kamu dengar adalah white noise. White noise adalah suara latar belakang berfrekuensi rendah yang uniknya dapat menstabilkan emosi pendengarnya. Salah satu studi dari pakar psikoterapi Dr. Ryan Howes menyebutkan bahwa white noise sangat berguna untuk relaksasi, meredakan anxiety bahkan depresi. Lumayan untuk kabur dari hari-hari bisingmu, kan?

 

Minim Distraksi Bikin Lebih Produktif

zetizen nongkrong sendirian kafe kopi psikologis
Kopi Sumber Inspirasi (Foto: Pexels)

Ketika kamu sudah punya ruang sendiri, otomatis gangguan yang kamu dapatkan di sekitarmu akan berkurang. Kamu bisa jadi lebih produktif karena sendirian bisa membuatmu lebih bebas melakukan hal-hal yang kamu inginkan dengan caramu sendiri. Apalagi jika coffeshop yang kamu datangi sudah punya fasilitas koneksi wifi atau bahkan memiliki workspace tersendiri. Masuk akal banget kalau datang dengan tangan kosong, pulang ngewarkop tahu-tahu sudah berbekal puisi tentang senja.

 

Santai? No Problem!

Istirahat sejenak sangat penting untuk menunjang hari-harimu. Kalau kamu cuma ingin rehat dan nggak melakukan apa-apa, santuy! Disini waktu sepenuhnya milikmu sendiri. Nggak ada yang mewajibkan kamu mengerjakan atau menghasilkan sesuatu di sana. Just chill, sit back and drink something!

 

Setelah rasa suntukmu sudah hilang, jangan lupa kembali beraktivitas seperti biasa dan jaga kesehatan, yaa!

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!