HIDUP sehat nggak cukup hanya dengan olahraga rutin. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat juga menjadi faktor utama dalam menjaga ketahanan tubuh. Hayo, siapa yang nggak suka minum minuman sehat alami seperti jamu? No prob! Ada minuman olahan dari teh yang enak dan mudah untuk dibuat. Yaps, it’s kombucha! Penasaran gimana rasa dan khasiatnya? Yuk, kepoin!

Kata kombucha berasal dari bahasa Jepang yang berarti teh. Bukan sembarang teh, melainkan teh hasil fermentasi yang dicampur dengan jamur atau kerap disebut scoby (symbiotic culture of bacteria and yeast). Melansir Forbes, kombucha bermula dari cerita kekaisaran Jepang, tepatnya saat Kaisar Inkyo menderita penyakit sembelit selama bertahun-tahun. Sekitar 414 M, seorang tabib dari Korea bernama Kombu membawa ramuan teh fermentasi. Rupanya, teh fermentasi tersebut dapat menyembuhkan penyakit sang kaisar.

’’Untuk membuat kombucha, bahan yang perlu disiapkan, antara lain, teh, gula, air, stoples kaca, kain, dan scoby. Nah, biasanya scoby akan terbentuk pada saat fermentasi pertama. Cara membuatnya cukup mudah kok. Yang penting harus dalam kondisi steril. Pertama, bikin teh manis yang pekat, kemudian masukkan ke stoples dan tunggu sampai agak dingin. Lalu, masukkan scoby sesuai rasio. Tutup stoples dengan kain dan ikat pakai karet. Diamkan di ruangan yang nggak terkena sinar matahari selama 5–10 hari,’’ jelas Ivy Wijaya, kombucha enthusiast. Stoples kaca harus dijauhkan dari sinar matahari agar terhindar dari sinar UV yang dapat membuat mikroba mati. Kalau suhu ruangan lebih dingin, fermentasinya bisa berlangsung lebih cepat. Lama proses fermentasi juga memengaruhi kualitas fisik, kandungan, dan rasa teh kombucha, lho. So, kalau sudah sepuluh hari, coba cicip hasil fermentasi pertama. Jika sudah sesuai selera, pisahkan larutan kombucha dari scoby dan masukkan ke lemari es. Kombucha juga bisa divariasikan rasanya dengan buah-buahan melalui proses fermentasi kedua.

’’Kalau mau coba, sbyco-nya mending lebih banyak. Soalnya, kalau terlalu sedikit, nanti bisa gagal berjamur. Cara merawatnya sih, cukup diamkan aja. Jangan sampai kering dan temperatur ruangan harus stabil. Jaga areanya tetap steril dan nggak banyak binatang. Kesulitannya paling waktu menunggu ya, haha. Kadang juga deg-degan takut nggak berhasil. Apalagi, setelah fermentasi kedua, kadang meledak gede banget,” sambungnya.

Kandungan vitamin, mineral, dan asam organik dalam teh kombucha didapat dari hasil fermentasi. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai antioksidan dan antibakteri yang berfungsi memperbaiki mikroflora pada usus, meningkatkan sistem imun tubuh, serta menurunkan tekanan darah.


Meski menggunakan gula, kombucha sangat rendah kalori sehingga baik dikonsumsi saat diet. ’’Cocok juga buat yang kecanduan kafein. Kombucha bisa jadi minuman alternatif yang lebih sehat dan segar. Apalagi kalau bikin sendiri, lebih enak dan pas,’’ tandas Ivy. So, wanna try it? (arm/c12/lai)

Yuk, Bikin Kreasi Kombucha!

 TEH kombucha mulai dijual di beberapa kafe. Rasanya memang cenderung asam mirip dengan lemon tea, tapi menyegarkan dan menyehatkan. Nah, biar makin nikmat, kamu bisa berkreasi dengan menambahkan buah-buahan berikut. Let’s try! (arm/c12/lai)

Nanas
Kombucha dengan campuran nanas akan terasa manis asam. Siapkan nanas sebagai infused untuk menambah rasa dan aroma pada kombucha.
Masukkan nanas yang sudah terpotong ke dalam botol berisi kombucha, kemudian tutup kembali. Setelah didiamkan dua hari, kombucha nanas siap diminum. Oh iya, semakin manis rasa buah dan lama waktu fermentasinya, kombucha akan semakin bersoda.

Mangga
Buat kamu yang nggak terlalu suka rasa asam, coba tambahkan buah mangga ke minuman kombucha. Dijamin rasanya pasti lebih manis. Nah, yang perlu kamu siapkan adalah kombucha yang sudah layak panen dan buah mangga. Haluskan mangga dan masukkan ke botol. Lalu, berikan larutan teh kombucha dan diamkan selama 48 jam di lemari es. Kamu juga bisa menambahkan perasan lemon biar rasanya makin segar.

Buah Naga
Warna merah buah naga akan mengubah warna kombucha jadi makin cantik. Kalau kamu mau hasilnya jernih, cukup potong-potong aja buah naganya. Masukkan potongan buah naga dan cairan kombucha ke botol. Selama proses fermentasi, pastikan untuk mengeluarkan gasnya setiap hari biar nggak meledak. Kalau sudah didiamkan selama 2–3 hari, letakkan di lemari es semalaman. Voila!Kombucha rasa buah naga siap diminum.

Lemon
Kombinasi kombucha dengan lemon sempat viral gara-gara Jungkook BTS. Campuran lemon cocok banget buat pencinta rasa asam. Caranya, peras lemon, lalu masukkan ke botol kaca bersama cairan kombucha. Diamkan 2–3 hari untuk proses fermentasi. Kalau terlalu asam, kamu bisa meminimalkannya dengan menambahkan madu.

Share
Create Your Own Article!