Selain pewarna kuku berbahan gel atau akrilik, sekarang kamu bisa punya alternatif lain untuk menghias kuku. Yuk, kepoin tips memakai powder dip untuk kukumu agar tampilanmu lebih keren tapi tetap aman dan sehat!

 

Know Things First!

 

zetizen powder dipping nails kuku fashion wanita cewek cantik lucu
Beda dengan yang Lain (Foto: Pixabay)

Powder dipping nails merupakan tren pewarna kuku baru yang cara memakainya cukup dengan mencelupkan bagian kukumu pada bubuk yang telah disediakan. Hasilnya nggak akan jauh beda dari pewarna kuku akrilik atau gel.

Proses pemakaiannya yaitu pertama-tama, setelah kuku dibersihkan dan dirapikan bentuknya, diberikan base coat (cairan berbentuk bening yang digunakan sebagai dasar). Kemudian, kuku dicelupkan pada wadah yang diberi bubuk. Setelah itu prosesnya diulang sampai dirasa cukup memunculkan warna yang diinginkan. Powder dipping nggak memerlukan proses penyinaran UV untuk mengeringkan cat karena cenderung lebih cepat kering.

 

Nggak Aman Buat Dipakai Sendiri

Meskipun proses pemakaiannya kelihatannya gampang dan banyak banyak panduan video do-it-yourself versi berbagai beauty vlogger, ternyata powder dipping nggak direkomendasikan untuk dilakukan sendiri, loh!

Dilansir dari ELLE, seorang pakar kecantikan kuku Harli G, memberi pendapat bahwa powder dipping tidak disarankan untuk dicoba dirumah karena ada beberapa bahan kimia seperti yang terkandung di bubuknya dapat membahayakan kuku atau jari bila tidak diaplikasikan secara benar. Jadi, buat kamu yang belum mahir dan masih baru mencoba soal perawatan kuku, lebih baik serahkan pada ahlinya di salon manikur kesayanganmu, ya!

 

Tetap Higienis

zetizen powder dipping nails kuku fashion wanita cewek cantik lucu
Nggak Boleh Campur-campur (Foto: Pixabay)

Pemakaian powder dip juga memiliki masalah tentang higienis atau tidaknya. Tentu saja tidak higienis, apabila satu wadah bubuk dipakai gantian banyak orang. So, just make sure tempat yang kamu datangi memberikan wadah terpisah pada tiap customer-nya. Atau, kamu bisa meminta agar bubuk diaplikasikan dengan dituangkan langsung pada kuku, sehingga tidak ada kontak langsung antara jari dan wadah bubuk.

 

Pilih Warna Yang Netral

zetizen powder dipping nails kuku fashion wanita cewek cantik lucu
Warna Netral Bikin Makin Kece (Foto: Pexels)

Karena warna kuku dengan powder dip akan bertahan sampai sekitar satu bulan, maka sebaiknya kamu pilih warna yang netral, cocok sama tampilan apapun dan bisa dipakai di acara manapun. Nude or burgundy will be great for any looks!

 

Jangan Lupa Pakai Pelembab

Buat kamu yang pertama kali mencoba, ada baiknya selama pemakaian selalu pastikan kulit dan kuku kamu cocok dan baik-baik saja dengan produk powder dip yang kamu pakai. Pastikan kelembapan kukumu juga terjaga dengan memakai hand moisturizer atau cuticle oils.

 

Aftercare is Important

Nah, apabila kamu ingin mengganti warna kukumu atau beralih kembali pada cat akrilikmu, jangan heran kalau menghapusnya membutuhkan waktu lama menggunakan aseton yang biasa kamu pakai. Bahan utama cyanoacrylate dari powder ini membuat warnanya menempel lebih kuat dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghapusnya. So, back to the clinical solutions, kalau kamu punya kesulitan untuk proses removal-nya lebih baik kamu percayakan pada pakarnya, ya!

 

Gimana? Tertarik untuk mencoba bubuk keren ini,

atau setia dengan kutek gel andalanmu?

Share
Create Your Own Article!