Are You a Zetizen?
Show Menu

Bukber Anti-wancana Club

Ratih Mg Ratih Mg 12 Apr 2022
Bukber Anti-wancana Club

RAMADAN saatnya buka bersama (bukber)! Bukber bisa menjadi ajang reuni sama sobat lama hingga meet sama mantan, hehe. Sayangnya, agenda Bukber kerap batal dan berakhir menjadi wacana. Udah rencanain jauh hari, eh mendekati hari H semuanya hilang nggak berjejak. Basi!! Nih, Zetizen bisikin tips biar acara bukbermu antigagal! (elv/c14/lai)

#PLAN

Perencanaan yang matang adalah hal utama. Langkah awal yang perlu kamu lakukan, membentuk tim kecil sejak jauh hari. Tim itulah yang akan mengoordinasi acara. Mulai survei dan booking tempat, kelola keuangan, menyebarkan informasi, hingga mendata siapa aja yang bisa hadir. Eitts, pastikan timmu solid. Kesuksesan Bukber berada di tangan kalian!

#TIME

Begitu tim terbentuk, saatnya menentukan hari. Akhir pekan bisa menjadi pilihan tepat. Atau, kalau banyak yang weekend bareng keluarga, kamu bisa mengajukan Jumat. Pas banget besoknya libur. Pokoknya, usahakan semuanya bisa hadir. Alternatif lain, sediakan pilihan hari dan lakukan voting.

#WHERE

Memilih lokasi Bukber bisa jadi cukup tricky. Bisa menampung banyak orang, nyaman buat ngobrol, menu lezat dan terjangkau, hingga
pertimbangan ada tidaknya tempat ibadah. Kalau tanggal udah fix, segera reservasi biar kebagian tempat. Mengingat mendekati jam buka puasa jalanan selalu macet, pilihlah lokasi yang strategis. Oh ya, usahakan letak restoran di tengah-tengah lokasi semua orang agar mudah dijangkau.

#MENU

Persoalan menu dan harga makanan juga penting untuk dibahas, lho! Pastikan menu yang dipilih sesuai dengan bujet yang udah disiapkan dan semua yang hadir juga doyan. Apalagi, pada bulan puasa, banyak restoran yang memberikan promo. Nggak ada deh yang bisa nolak sajian enak dan murah meriah! Selain itu, daripada ”makan tengah”, lebih baik memilih menu per porsi agar lebih aman.

#REMINDER

Semuanya udah siap, saatnya rajin mengingatkan teman di grup agar nggak ada lagi alasan nggak datang karena lupa. Well, kalau jumlah teman yang akan hadir nggak pasti, kamu bisa mengatasinya dengan tetap mengadakan Bukber berapa pun jumlah orang yang hadir. Walau sedikit, pastikan kalian menghabiskan waktu bersama. Have fun!

Buka Puasa Bersama Tetap Aman
MESKI udah ada kelonggaran untuk berkumpul dan mengadakan bukber, kamu tetap harus waspada. Patuhi protokol kesehatan, ya! Jangan sampai ajang silaturahmi berisiko menularkan virus kepada keluarga tersayang di rumah. Perhatikan hal berikut agar Bukber tetap aman! (elv/c14/lai)

Pastikan kondisi tubuh fit. Jangan memaksakan diri untuk datangkalau merasa kurang sehat. Imunitas yang lemah bakal bikin tubuhmumudah terpapar virus.

Hindari kerumunan.  Pilihlah tempat Bukber ideal yang nggak terlalu ramai. Jika banyak yang datang, sebaiknya pilih tempat yang terbuka dan sebisa-bisanya menjaga jarak.

Tetap pakai masker saat mengobrol dan hanya melepasnya saat makan.

Bawa alat makan sendiri. Meminimalkan penggunaan peralatan makan umum akan mengurangi risiko terpapar virus. Bawa hand sanitizer dan tisu juga, ya!

Persingkat waktu. Usahakan acara Bukber nggak terlalu lama. Sebab, semakin lama kamu berkumpul, risiko penularan virus juga semakin tinggi.

Bersihkan diri setiba di rumah. Buang masker yang kamu gunakan saat bukber, segera mandi, dan ganti pakaian sebelum kontak dengan orang rumah.

RELATED ARTICLES

Please read the following article