PENCINTA cerita fan fiction pasti udah nggak asing lagi sama alternate universe (AU). FYI, AU merupakan cerita fiksi yang dibuat fans dengan memakai visual tokoh dari idola yang disukai. Bisa idol K-pop, artis Hollywood, atau bahkan karakter anime. Namun, situasinya dibuat berbeda dari kehidupan nyata si tokoh. Genrenya juga beragam. Ada romansa, komedi, horor, thriller, hingga angst.

Kamu bisa menjumpai AU di Twitter. Biasanya ditulis dalam bentuk thread yang berisi teks dan kumpulan gambar. Diawali dengan judul, nama penulis, dan disclaimer dari karya tersebut. Pengenalan tokoh dan karakternya juga dilengkapi dengan foto idol sebagai referensi penggambaran visual tokoh. Kini sebagian besar alur cerita AU dibangun lewat screenshot-an chat antartokoh. Penulisnya juga nggak lupa memberikan deskripsi mengenai setting suasana dan kondisi tokoh dengan menggunakan notes.

Lebih simpel daripada cerpen atau novel, nggak heran kalau banyak yang mulai coba-coba bikin AU karangan sendiri. Beberapa AU bahkan sudah dibukukan, lho. Salah satunya AU karya Cynthia yang berjudul Atuy Galon. ’’Sebenarnya waktu itu pure iseng aja. Nggak ada niat bikin AU. Eh, pas update ternyata banyak yang suka, jadi aku kembangkan deh,’’ tutur cewek yang akrab disapa Cyn itu.

Meski tergolong newbie dalam dunia AU, cerita yang dibangun Cyn sukses menarik perhatian netizen. ’’Waktu nulis aku selalu mikir, lucu nggak ya atau jokes kayak gini masuk nggak ya ke orang-orang. Tapi, karena persona yang aku pakai ini unik dan ceritanya relate sama kehidupan sehari-hari, jadi feedback yang didapat positif. Senang banget rasanya,’’ lanjutnya.

Atuy Galon merupakan karya pertama Cyn. Dia mengaku sangat menikmati proses mengarangnya. Meskipun, dia sempat stuck dan kehilangan motivasi untuk melanjutkan AU tersebut. ’’Menurutku, kalau nulis lebih baik write for yourself dulu. Aku nulis Atuy Galon juga buat menghibur diri sendiri. Kalau terlalu mikirin tekanan dari luar yang menuntut alur cerita kita, itu malah jadi major block,’’ pesan Cyn.

Well, buat kamu yang mau menulis AU, pastikan untuk punya ciri khas yang unik, ya. Kalau ceritanya menarik, kamu bisa reach pembaca yang lebih luas. Bisa jadi karyamu juga bakal dibukukan. Eitss, sebelum dibukukan, penulis harus bisa mengembangkan lagi cerita dan konsep bukunya. Menarik bukan? Daripada haluin idol, mending sekalian dibikin AU, hihi. (arm/c12/lai)

Worth to Read

Angkasa dan 56 Hari
Mengisahkan sosok Angkasa yang kehilangan ingatan tentang sahabat kecil sekaligus cinta pertamanya, Nadine. Saat keduanya kembali bertemu, Angkasa justru menjalin hubungan dengan Nadira, kembaran Nadine. Sebelum jadi novel, AU karangan Ravinkyu itu berjudul Asahi dan 56 Hari. Ceritanya terinspirasi dari sosok Asahi TREASURE yang nggak update media sosial selama 56 hari.

2,578.0 Km
2,578.0 Km menceritakan Juni, gadis keras kepala dan individualis yang berprofesi editor. Saat itu dia mengalami nasib buruk karena putus cinta menjelang liburan impiannya tiba. Dalam perjalanan liburan ke Eropa, Juni malah bertemu Elio, si penulis yang memiliki watak 180 derajat berbeda darinya. Novel yang diangkat dari cerita AU karya @jenovelized itu mengajak untuk saling menghargai perbedaan sifat dan karakter manusia.

Atuy Galon
Berbeda dengan sebelumnya, AU berikut dibukukan menjadi sebuah komik. Menceritakan keseharian seorang pemilik usaha galon bernama Atuy yang divisualisasikan Yuta NCT. Sosok Atuy punya ciri khas typing yang lucu untuk menawarkan galonnya. Dengan motor bebek kesayangan, dia mengantarkan galon kepada para pelanggan yang nggak kalah kocak. Cerita komedi Atuy Galon sangat relate dengan kehidupan sehari-hari.

Letting Go
AU karya @97NISAIURS itu fokus pada cerita hubungan sepasang kekasih, Danny dan Gwen. Semuanya berjalan baik sampai ketika sikap Gwen berubah jadi seenaknya dan Danny kerap menerima tekanan dari sang ayah. Di tengah rumitnya hubungan mereka, Danny malah melakukan kesalahan yang membawa hubungan mereka di ambang kehancuran. Kamu bakal dibawa larut dalam konflik pelik yang penuh nilai kehidupan. Psstt, siapsiap tisu kalau baca! (arm/c12/lai)

Share
Create Your Own Article!