zetizen.com - Ingin punya teman dari luar negeri tapi nggak tau caranya? Pertukaran pelajar jawabannya! Untuk para pelajar SMA se-derajat bisa mulai mempersiapkan diri, nih. Di tahun 2019, ada banyak tawaran student exchange program yang dilakukan di berbagai negara dalam waktu singkat maupun yang sampai berbulan-bulan. Nggak cuma itu, beberapa program student exchange ini, sudah buka pendaftaran, lho! Simak, penjelasan dari Zetizen, yuk!

AFS Intercultural Program

AFS Volunteers (foto:Instagram @afsprograms)

Pada tahun ini AFS berkolaborasi dengan British Petroleum mengadakan program BP Global STEM Academy, yang merupakan beasiswa belajar di luar negeri pada fokus bidang ilmu alam, teknologi, matematika, dan pengembangan kompetensi global. BP sendiri adalah perusahaan energi dengan jangkauan luas seluruh sistem energi dunia. Keren banget, kan?

Selain itu, soft skills kamu juga bakal diasah lewat program ini, loh! Seperti cara beradaptasi dalam globalisasi, memecahkan masalah, dan membentuk kolaborasi. Negara tujuan program ini ada tiga yaitu Brazil, Egypt, dan Amerika Serikat. Program ini dibiayai 100% oleh BP, guys. Untuk informasi lebih lanjut, bisa lihat di website resmi afs.org/stem-academy-scholarships/. Deadline submit hingga 28 Februari 2019, yaa.


Youth for Understanding (YFU)

Partisipan Program YFU (foto:Instagram @yfuindonesia)

Merupakan program pertukaran pelajar dengan negara tujuan mulai dari Australia, Austria, Belgia, Finlandia, Itali, Jepang, Jerman, Belanda, Switzerland, dan Amerika Serikat. Progam yang ditawarkan berupa tinggal dengan keluarga angkat dari sekolah di salah satu negara tersebut selama 1 tahun ajaran, yaitu mulai bulan Agustus hingga Juni.

Tujuan program ini untuk berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang dan kultur berbeda dan dapat membaur dengan masyarakat, sehingga mampu membangun jembatan budaya antar negara. Nah selain itu, belajar pada sekolah yang dituju dapat meningkatkan wawasan, kedewasaan, kemandirian, dan jiwa kepemimpinan. Bagi kamu dengan umur 15–17 tahun, bisa banget daftar program ini. Akan dibuka pendaftaran mulai dari awal bulan Juli 2019. Informasi lebih lanjut bisa lihat di yfu.or.id.


Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES)

Partisipan YES Program (foto:Instagram @yes.program)

Program ini dikelola dalam kemitraan dengan Amerika untuk pendidikan internasional. So, negara tujuan program ini juga untuk Amerika. Program YES Indonesia ini dibawah koordinasi Bina Antarbudaya – AFS Indonesia, loh. Kamu nantinya akan tinggal dengan keluarga angkat, menghadiri sekolah tinggi disana, mendapatkan ketrampilan kepemimpinan, dan turut serta dalam kegiatan masyarakat. Selain itu, disana terdapat pertunjukan antar peserta YES program, lho. Dengan begitu, kamu juga bisa memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Nah, ini pengalaman Fina Leonita saat menjadi partisipan pada YES program. Pendaftaran tidak dipungut biaya sepeser pun. Dimulai pada Maret hingga April 2019. Cari tau informasi lengkapnya www.yesprograms.org.


United World College - USA

Partisipan UWC 2018 (foto:Instagram @uwcusa)

UWC merupakan sebuah gerakan pendidikan dengan jumlah 16 sekolah internasional serta perguruan tinggi. Ditambah lagi, komite nasional yang tersebar lebih dari 140 negara. Kamu yang tertarik program ini diharuskan mengikuti serangkaian pendaftaran karena sainganmu adalah pelajar di seluruh dunia. Kamu akan terpilih jika mencukupi standar seleksi, potensi, dan prestasi yang telah ditentukan. Eits, jangan pesimis! Daftar aja dulu. Program ini menyediakan beasiswa penuh, setengah, maupun tanpa beasiswa. 

Sekolah yang ditarget berada di negara Kanada, India, Italia, Norwegia, Amerika Serikat, Inggris, dan masih banyak lagi. Tujuan program ini ingin menjadikan pendidikan sebagai alat pemersatu bangsa. Tiap tahunnya pendaftaran dibuka pada bulan November - Desember. Yuk, cek websitenya di http://www.uwc.org!


Australia - Indonesia Muslim Exchange Program

Partisipan AIMEP 2018 (foto:Instagram: ausindomep)

Program ini dikhususkan bagi pelajar muslim di Indonesia yang ingin mengenal lebih dalam mengenai organisasi agama, universitas, media, pemerintah, dan masyarakat Australia. Program ini akan belangsung selama 2 minggu. Dengan tujuan untuk membangun pertemanan dan pemahaman melalui pengembangan hubungan antara komunitas muslim di Indonesia dan Australia. Kamu bisa cek segala persyaratannya disini https://ausindomep.com.

Pertukaran pelajar nggak harus nunggu jadi mahasiswa kok. Dan kesempatan nggak datang dua kali. Jadi, tunggu apalagi. Prepare yourself!


Share
Create Your Own Article!