zetizen twitter vs instagram hashtag trending twitter
Kamu, Tim Twitter atau Instagram? (Foto: Aruna Arya)

zetizen.com - Seperti layaknya seleksi alam, barang siapa yang kuat, akan mampu bertahan. Persaingan sudah menjadi tantangan sehari-hari bagi kehidupan kita. Yap! Pastinya berlomba untuk menjadi yang terbaik. Namun, nggak ada yang salah kok kalau mengenang hal yang lalu. Bahkan, kembali nyaman? Sama halnya dengan dua media sosial ini. Yuk, cari tahu fenomena apa yang terjadi!

 

Fenomena Kembalinya Twitter

Instagram sudah jadi aplikasi yang wajib ada di smartphone kesayangan para zetizen. Gimana nggak? sejak dirilis pada tahun 2010, aplikasi dengan logo berbentuk kamera ini sudah diunduh lebih dari 1 milyar kali, loh. Hal tersebut yang mendukung instagram menjadi 2nd Top Free dalam kategori social pada play store.

Fitur yang ditawarkan instagram membuat banyak Zetizen yang makin keranjingan. Kalau bisa digambarkan sih satu hari tanpa instagram, hidup jadi hampa. Seiring dengan bertambahnya fitur pada platform ini, pengguna instagram atau biasa dijuluki anak instagram mampu mengunggah foto maupun video hingga story bar jadi bentuk titik-titik. Waaah, are you one of them?.

Namun belakangan ini, instagram memiliki pesaing yang cukup berat yang datang dari masa lalu. Dia bernama Twitter! Keduanya merupakan media sosial yang kini mengisi ruang kehidupan zetizen. Twitter menduduki 1st Top Free dalam kategori news & magazines saat ini. Hal tersebut membuktikan adanya fenomena persaingan antar keduanya.

Berpindahnya anak instagram yang didominasi oleh anak 2000-an menuju twitter, membuat cuitan adanya perbedaan kasta antara antara anak instagram dengan anak twitter.

”Ditegor karena becandanya kelewatan dibilang anak instagram, beda pendapat dibilang sjw (social justice warrior), emang dah cuma anak twitter doang dah yang special, yang lain nothing” – selebtweet, dengan 355k followers.

 

Which Side Are You?

Selain itu, karakteristik inilah yang jadi pembeda antar kedua kasta :

zetizen twitter vs instagram hashtag trending twitter
Karakteristik Anak Twitter vs Anak Instagram (Foto: Aruna Arya)

Ternyata fenomena ini dimulai sejak adanya tweet lucu dengan tagar recehkan twitter (#RecehkanTwitter) tersebar di media sosial lain. Bahkan di twitter sendiri tagar tersebut mampu jadi Trending Topic Indonesia selama beberapa hari. Anak millennial dengan karakter gampang penasaran langsung mengunduh aplikasi twitter dan mencari tau lebih lanjut sendiri.

Sama halnya dengan instagram, twitter pun ada yang dijuluki sebagai seleb. Ya! Lebih tepatnya selebtweet. Followersnya mencapai ratusan ribu, loh. Baca tweet mereka asik-asik. Ada yang suka bahas percintaan, kehidupan pelajar, motivasi hidup, dan masih banyak lagi. Pokoknya selalu relate dengan kehidupan ini. Contohnya lagi ramai masa kampanye pemilihan presiden. Nah hari dimana debat berlangsung. Media sosial lain memberikan fasilitas berupa penayangan langsung. Namun, twitter punya keunikan sendiri. Tanpa diminta anak twitter memberikan komentarnya detik itu juga. Seolah-olah baca timeline twitter aja udah kayak nonton debat secara langsung.

Di twitter pun juga ada program give away loh. Namun nggak ada program paid promote yaa. Yang lagi rame di twitter saat ini yaitu permintaan tolong dengan diawali ”please twitter do your magic!” dan thread informatif dengan keyword “A Thread”. Oh ya, bagi kamu yang suka panen meme, twitter sumbernya. Mulai dari meme berupa foto, gif, bahkan video. Yang pasti nggak akan buat kamu berhenti ketawa, deh.

“Anak Youtube collab, bikin video bareng.

Anak Instagram collab, bikin foto bareng.

Anak Linked-In collab, bikin lapangan pekerjaan.

Anak Twitter collab, bikin keributan.” – anonim

 

Ada Apa Sih, di Twitter?

Meski hampir beberapa waktu sempat vakum dari dunia per-medsos-an, kini platform media sosial yang berlambangkan burung biru ini kembali lagi! Tren kembali ke Twitter rupanya udah cukup berhasil membius generasi milenial buat ngejelajahin twitter lagi. Mulai dari munculnya jokes receh, thread informatif, sampai kritik keakun resmi kenegaraan pun bisa kamu temuin di twitter. Well, sebenerenya ada apa sih di Twitter? Yuk, kepoin langsung jawabannya dari tiga Zetizen berikut ini!

 

Main Twitter Nggak Bikin Candu

Erlangga Firdaus, 18 Tahun, Universitas Airlangga

zetizen twitter vs instagram hashtag trending twitter
Pokoknya Twitter Terbaik! (Foto: Erlangga Firdaus)

“Aku pribadi sih lebih prefer ke twitter karena akhir-akhir ini Instagram bikin candu dan ngebuat nggak fokus gegara sering ke distract dengan buka story plus explore. Dari segi kenyamanan pun, pakai twitter bisa dibilang nyaman banget! Mungkin karena Instagram juga udah ngalamin disfungsionalisasi fitur kali ya, yang awalnya sebagai platform buat post foto, eh malah sekarang udah nggak karuan seperti adanya penyebaran hoax, platform sarana politik, dan bahkan nge-bully lewat fake account. Pokoknya, twitter terbaik! Seneng aja sih sama fitur twitter yang dari dulu nggak pernah berubah tapi tetep berguna semuanya.”

 

Belajar Kritis Lewat Twitter

Naila Marom Salsabila, 17 Tahun, SMAN 1 Glagah Banyuwangi

zetizen twitter vs instagram hashtag trending twitter
Makin Kritis Lewat Twitter (Foto: Naila Marom Salsabila)

“Main twitter sebenernya udah lama, punya akun pun udah dari tahun 2013. Dulu iseng sih main twitter buat baca berita karena lengkap dan eh ternyata berlanjut sampek sekarang terlebih lagi twitter sekarang juga makin ashiaap pol ditambah banyak tweet receh, thread bermanfaat, dan aku juga dapet mutualan yang mau berbagi tentang skincare! Menurutku, pengguna twitter juga jauh lebih kritis karena disini konteks twitter itu kan semacam bagi tulisan-tulisan yang informatif dan senengnya juga para penggunanya pun kadang saling nge-reply dan tuker argumen yang saling support.”

 

Hidup Bebas Ala Anak Twitter

Agus Wahyu Nugroho, 20 Tahun, Universitas Gadjah Mada

zetizen twitter vs instagram hashtag trending twitter
Main Twitter Itu Bebas! (Foto: Agus Wahyu Nugroho)

“Bisa dibilang sih suasana main twitter itu bebas, orang nggak kenal aja bisa saling follow atau saling bales-balesan komen tweet, bisa misuh, curhat, dan yang paling penting nggak ketinggalan update-an berita. Aku pribadi sih, medsos sebelah udah makin banyak iklannya dan paid promote dan kadang kontennya juga copy paste dari twitter. Untuk thread twitter juga harus ditanggepin dengan selektif sih, kalau selama itu positif ya aku retweet dan like.”

 

Do and Dont!

Ternyata nggak hanya di kehidupan nyata kamu perlu memperhatikan etika dan kesopanan agar tidak menyinggung orang lain dan menyebabkan war, dalam dunia per-medosos-an juga perlu loh!

Sebagai warga twitter yang baik, kalian boleh banget bikin tweet seperti:

Curhat dan Sambat

Kamu bebas mengekspresikan diri! Tulis aja semua keluh kesah keseharian kamu di twitter, gratis kok jangan khawatir ya. Jangan sampai kamu memendam sedih dan marah sendirian, nanti kamu sakit loh. 

Thread Informatif dan Inspiratif

Membuat thread yang berisi curhatan galau dan emoticon-emoticon lucu memang menyenangkan, tapi kamu bisa mulai membuat thread informatif seperti tips menabung atau cerita inspiratif agar twitter bisa jadi tempat belajar yang menginspirasi dan juga menebar postive vibe buat millenials.

Cerita Horror

Nah, yang satu ini bakal menghibur banyak orang dan bikin penasaran! Yap, cerita horor atau riddle. Semua orang akan membaca cerita horor atau riddle mu dikala senggang untuk mengisi waktu, coba sekarang deh.

Eits, tapi, jangan sampai kalian bikin tweet seperti:

Julid

Gosip bersama teman-teman it’s a must, tapi ngga di sosial media juga gengs. Semua orang bisa baca tweet yang kamu buat secara bebas, jadi, jangan sampai tweet yang kamu bikin menyinggung orang lain dan memicu war ya!

Hoax

Waduh, anti banget deh untuk yang satu ini. Say no to hoax. Kamu harus berhati-hati dalam menulis dan jangan asal ya! Semua hal yang kamu tulis harus bisa dibuktikan kebenarannya biar nggak bikin salah paham.

Mengandung SARA

Nah, buat yang satu ini termasuk salah satu konten yang sensitif loh. Hal-hal yang berbau SARA kalau bisa kamu hindarin deh. Kalau kepepet dan terpaksa, kamu harus pastikan kalau tweet yang kamu bikin nggak akan bikin warga twitter ngamuk dan bikin account kamu jadi viral.

 

Jadi, gimana?

Balikan lagi nih, sama si Burung Biru?

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!