zetizen.com - Lagi capek setelah sibuk seharian? Harum aroma teh dan rasanya yang bikin tenang bisa jadi refresher kamu, nih! Apalagi kalau ditemani dengan cookies favorit kamu.

Meskipun saat ini keberadaan kedai kopi juga lebih menjamur dari kedai teh. Tenang aja, kalian bakal tetep bisa menikmati teh dengan varian yang beraneka ragam. Minuman ringan ini kaya manfaat, loh. Ada banyak vitamin yang terkandung dalam teh antara lain vitamin A, C dan E yang berfungsi menjaga kesehatan mata, daya tahan tubuh dan antioksidan serta menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit jadi halus.

China dan India adalah negara yang mendominasi produksi teh global dan Indonesia menjadi negara terbesar ke tujuh di dunia sebagai produsen teh. Provinsi Jawa Barat menyumbang sekitar 70% dari produksi teh nasional, lho! Teh Indonesia dikenal karena memiliki kandungan katekin (antioksidan alami) tertinggi di dunia. Kebanyakan produksi teh Indonesia adalah teh hitam dan teh hijau. 

Pada saat penjajahan Belanda, teh Indonesia adalah komoditas yang dijual di pasar Eropa. Untuk menentukan kualitas tertinggi teh bisa diambil dari pucuk daun teh. Istilahnya, 'petikan halus'. Nah, teh yang biasa kita seduh adalah teh lower grade yang dipetik sampai lima daun di bawah pucuk. 

Kenapa teh dibanding kopi? Alasan nya adalah Kandungan kafein didalam secangkir teh sebesar 55mg, secangkir kopi punya kandungan kafein sebesar 125-128mg. Kandungan kafein didalam teh bisa membantu meningkatkan konsentrasi, nah kalo kafein didalam kopi bisa membuat kita tegang atau dikenal sebagai 'coffee jitters'. Dan perlu kalian tahu nih kantung teh nggak boleh lebih dari 5 menit dicelupkan ke air panas karena dapat beracun, kantung kertas teh celup mengandung klorin yang bisa berbahaya bagi tubuh.

zetizen teh vs kopi serba serbi asal usul indonesia
Sudah nge-teh hari ini? (Gambar: Siti Nur Faridah)

Kalian nggak perlu bingung lagi buat beli dimana, kita bakal kasih rekomendasi nih. Salah satunya adalah Havel Tea yang menyajikan teh dengan cita rasa yang berbeda. 

Nah kalo selama ini kamu tahunya cuma es teh dan teh hijau aja, Havel Tea menyediakan teh yang ternyata lebih beragam dari yang biasanya kamu tahu. Lalu teh apa saja, sih yang dijual di Havel Tea ini? Well, Havel tea memiliki cukup banyak varian teh yang dijual lho. Ada total 27 varian yang udah dipasarkan di Indonesia kayak tea base pure (black tea, white tea, green tea), Tea blend (floral signature dan fruit temptation), serta masih banyak lagi varian-varian lainya, ada juga teh yang bisa bikin tidur makin nyenyak, lho yaitu Slepwell, blend tea seperti chamomile, lavender, dan buah tin. Cocok buat kamu yang sering insomia.

Fyi, nama Havel Tea terinspirasi dari nama Max Havelaar yang menerbitkan novel tentang pengorbanan petani kopi dan teh di Indonesia untuk warga eropa. Havel Tea ini dirintis oleh Widyoseno Estitoyo yang awalnya kuliah dan internship di Belanda dan banyak belajar dari tea master di luar negeri.

zetizen teh vs kopi serba serbi asal usul indonesia

Daun Teh Terbaik Jadi Pilihan (Foto: Wafda Zahidah)

Di Havel Tea kita juga bisa dapetin ilmu baru seputar teh lewat program Storytealing yang mulai diadakan di Havel Tea pada tahun 2017. Storytealing dibagi dalam tiga sesi yaitu Tea Tasting (mengenali proses dan rasa teh lokal), Tea Pairing ( mencicipi dan dikenalkan dengan teh yang disandingkan dengan makanan tertentu), serta Tea Blending (kelas intensif yang akan diajarkan tentang pengetahuan dan pengalaman cara meracik teh).

Produk-produk teh keluaran Havel Tea ini udah masuk ke pasar Internasional juga seperti hotel-hotel di Singapore dan Malaysia International Halal Showcase. “Teh Indonesia makin dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat Indonesia sendiri, dan misi kami membawa teh Indonesia nggak cuma populer di kalangan sendiri tapi juga bisa menjadi representative Indonesian Local Blend Tea yang mendunia.” Kata Ifana Azizah, selaku salah satu Co-Founder Havel Tea di Indonesia.

zetizen teh vs kopi serba serbi asal usul indonesia

Varian Rasa Biar Kamu Nggak Bosan (Foto: Wafda Zahidah)

Nah, ada juga beberapa fakta unik tentang teh yang perlu banget buat kamu tahu, lho! Check-it-out!

  1. Mereka yang suka teh nggak sekedar tau gimana budaya minum teh tapi ada juga Seni untuk membaca daun teh dinamakan tasseography
  2. Butuh waktu 3000 tahun untuk menjadikan teh minuman sehari hari masyarakat, awalnya teh dikenal sebagai obat
  3. Kantong teh ditemukan tahun 1908 di Amerika Serikat oleh Thomas Sullivan secara tidak sengaja, untuk memberi sampel teh kepada konsumenya.

Jadi, sudah ngeteh hari ini?

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!