Zetizen.com - Have you ever heard about boardgame? Permainan yang tengah melejit namanya ini pun mulai disukai oleh banyak orang. Di Surabaya, ada tempat yang didesain khusus untuk memainkan boardgame. Yup, let's meet The Vault! Boardgame cafe yang terletak di lantai 3, Marvell City Mall, Jl. Ngagel No. 123 Surabaya ini baru saja dibuka, lho! Tepatnya pada tanggal 1 Januari 2019 silam. Hingga kini, The Vault memiliki lebih dari 120 koleksi boardgame dan jumlahnya akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Pintu depan The Vault yang unik membuat pengunjung tertarik untuk mampir ke dalam. (Foto: Edwin/Zetizen Team)
Welcome to The Vault! Are you ready to play? (Foto: Edwin/Zetizen Team)

Michael Surjono, co-founder dari The Vault, menceritakan konsep boardgame cafe-nya. Hal ini berawal dari keresahannya melihat anak-anak muda yang bertemu, namun ketika meet up, mereka malah asyik bermain handphone sendiri-sendiri. "Dengan boardgame ini, anak-anak muda bisa bermain dan berkomunikasi langsung dengan teman-temannya. Seperti yang kita lihat sendiri, disini mereka asyik bermain dan bercanda, hampir semuanya gak ada yang pegang hape," terang Michael. Menumbuhkan quality time antara pengunjung yang datang adalah misi yang ingin The Vault berikan.

Disini, kamu bisa memilih boardgame apa yang ingin dimainkan. Para staff The Vault akan dengan senang hati membantu. (Foto: Edwin/Zetizen Team)

Bagi pemula yang ingin mencoba bermain boardgame, jangan khawatir karena disini ada boardgame yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan. Dari level terendahnya, bintang 1, pemain membutuhkan waktu 5 menit untuk belajar, hingga level tertinggi, bintang 6, dimana pemain memerlukan waktu lebih dari 30 menit hanya untuk memahami rules dan cara main boardgame tersebut. Kru dari The Vault akan mengajarkan kita cara bermain hingga kita paham, asyik kan? "Selain dari tingkat kesulitan, boardgame disini juga dibedakan dari jumlah player-nya, ada yang khusus untuk 2-4 orang, ada yang untuk 5 orang, bahkan ada party game yang bisa dimainkan beramai-ramai diatas 10 orang," jelas Michael. Jenis game pun dibedakan pula dari caranya, ada strategic game, family game, hingga boardgame yang memerlukan keterampilan persuasif untuk meyakinkan player lain.

Let's play and have fun with your friends here! (Foto: Edwin/Zetizen Team)

The Vault menyediakan 13 meja boardgame dengan kapasitas maksimal yang bisa menampung hingga 90-100 orang pengunjung. Rata-rata, pengunjung bisa menghabiskan waktu 2 jam dalam sekali sesi bermain. "Namun, ada juga yang benar-benar suka boardgame, dan mereka bermain dari pagi buka, sampai malam menjelang tutup," tandas Michael. Pengunjung pun semakin betah, karena sesuai namanya, boardgame cafe ini juga menyajikan makanan dan minuman yang memanjakan lidah. Hal ini pula yang menjadi The Vault unggul dibanding board game cafe yang lain. "Di tempat lain, ada yang hanya menyediakan tempat untuk bermain. Sehingga mereka harus pergi keluar jika ingin makan atau minum," terangnya lagi.

Komplit! Dari snack hingga menu makanan berat pun tersedia di The Vault. (Foto: Nena/Zetizen Team)

Menu yang disajikan pun beranekaragam. Mulai dari light bites seperti cemilan atau snack, berbagai varian mie, nasi goreng dan ricebowl, hingga makanan yang Indonesia banget, semuanya lengkap tersedia! Don't forget to order their beverages! Minuman terdiri dari smoothies, mocktails, milkshake hingga berbagai varian teh. "Untuk ke depan, yang akan kita tambahi adalah menu-menu kopi, karena cukup banyak orang yang menginginkannya," ungkap Michael.

Rasakan sensasi pedas membara dengan Spicy Chicken! (Foto: Nena/Zetizen Team)
Mau nasi goreng? Boleh-boleh aja kok. Langsung pesan Red Fried Rice, ya! (Foto: Nena/Zetizen Team)
Craving for snack? Order aja French Fries, Tahu Walik atau Golden Rolls, ya! (Foto: Nena/Zetizen Team)
Jangan ragukan pedasnya Sate Taichan yang dipadukan dengan Sambal Melek ini! (Foto: Nena/Zetizen Team)

Rekomendasi dari Zetizen nih, kalian bisa coba pesan menu terlaris The Vault, seperti Salted Egg Chicken, Spicy Chicken, Betutu Chicken, hingga Indomie Melek untuk kategori makanan berat. Kalau sedang ingin camilan, bisa banget pesan Sate Taichan with their signature sambal, Sambal Melek yang benar-benar pedas, Tahu Walik yang dilengkapi dengan saus kacang, hingga French Fries yang disajikan dengan berbagai macam rasa, seperti cheese, seaweed, curry, bbq hingga corn. Bisa juga menambahkan berbagai saus seperti saus mayo, tartar, chilli dan lain sebagainya. Ngerasa haus? Don't worry. Coba menu minuman yang punya nama unik, seperti Titanic II yang terbuat dari rose & soda, Elixir of Wakanda, hingga Thundervault. Dijamin bikin harimu semakin segar, deh!

Drink holder ini menjadi inovasi unik yang ada di setiap meja untuk mencegah minuman tumpah. Keren ya? (Foto: Nena/Zetizen Team)

Ke depan, Michael berharap agar orang-orang lebih banyak mengenal boardgame. Hal ini diwujudkan melalui berbagai cara, seperti menggandeng komunitas boardgame, saling berkunjung ke boardgame cafe lain, hingga mengajak mahasiswa yang memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) board game untuk datang ke The Vault. "Kita ingin menawarkan jenis hiburan baru, khususnya untuk keluarga. Kalau orangtua denger anaknya main game kan kadang-kadang nggak suka, nah kenapa enggak buat ngajak ortu untuk main bareng? Selain bisa quality time, juga bisa mengubah mindset tentang boardgame itu sendiri," harapnya.

Let's meet Michael Surjono, co-founder The Vault yang friendly ini. (Foto: Nena/Zetizen Team)

 Gimana, sudah tertarik untuk bermain boardgame di The Vault? Rate game dibedakan antara weekdays (Senin-Kamis) dan weekend (Jumat-Minggu). Untuk kategori weekdays, rate-nya Rp. 30.000/orang untuk 2 jam pertama, Rp. 10.000 di satu jam selanjutnya dan maksimal rate hanya Rp. 50.000 untuk per orang. Sementara untuk weekend, rate-nya Rp. 40.000/orang untuk 2 jam pertama, Rp. 10.000 untuk satu jam selanjutnya dan maksimal rate hanya Rp. 70.000 per orang. Still affordable, right? And remember, don't bring any food or drinks from the outside. Happy playing!

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!