zetizen.com - Semua orang pasti tahu kalau sarapan itu penting. Untuk mengawali hari yang baru, tentu butuh energi yang banyak juga. Nah, meskipun sarapan itu hukumnya 'wajib', ternyata nggak semua makanan boleh dimakan saat sarapan, lho! Penasaran apa aja makanan yang dianjurkan dan makanan apa aja yang nggak dianjurkan buat sarapan? Nih, Zetizen kasih cheatsheet-nya!

 

Telur

(Foto: Unsplash)

Si bulat yang satu ini, bisa banget buat nemenin kamu mempersiapkan hari. Selain kandungan nutrisi dan proteinnya yang tinggi, telur juga bisa mengurangi lingkar pinggang, berat badan, dan lemak tubuh. Telur juga membantu mempertahankan kadar gula dan insulin dalam tubuh. Selain itu, telur juga merupakan sumber terbaik dari kolin, sebuah nutrisi yang penting banget buat otak dan kesehatan hati.

 

Daging Olahan

(Foto: Unsplash)

Sosis, ham, nugget, bacon itu semua termasuk dalam daging olahan. Waduh, padahal sosis dan nugget sering banget dijadikan sarapan anak-anak di Indonesia! Nah, ternyata menurut studi kardiologis Joel Kahn, MD, dalam bukunya "The Holistic Heart Book" membuktikan bahwa setiap 51 gram daging olahan yang dimakan meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung sebesar 42 persen. Wah, gede banget, ya?

 

Oatmeal

(Foto: Unsplash)

Ternyata, oatmeal adalah 'andalan' banyak para ahli kesehatan lho, gaes! Alasannya, oatmeal banyak mengandung nutrisi penting seperti omega-3, potassium, asam folat, dan asam lemak. Nah, alasan lain kenapa oatmeal bagus banget buat sarapan yaitu karena oatmeal mengandung beta-glucan yang bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Jadi, nggak perlu takut bakal kelaperan sebelum makan siang, deh!

 

Sereal (Manis)

(Foto: Unsplash)

What?! Sereal yang sering banget digunakan buat sarapan ternyata nggak baik, lho! Terutama, kalau sereal yang kamu makan adalah sereal yang manis (Sayangnya, kebanyakan sereal emang manis). Banyak ahli di seluruh dunia sudah membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi sereal di pagi hari memiliki lebih banyak kemungkinan terkena diabetes karena banyak sekali sereal yang porsi gandumnya cuma sedikit, sedangkan porsi gulanya berkali-kali lipat lebih banyak.

 

Kopi

(Foto: Unsplash)

Kali ini minumnya nggak dibarengin 'senja' ala anak-anak indie. Kata orang sih, life begins after coffee. Selain memiliki kafein yang bisa nge-boost energi di pagi hari, kopi juga memiliki antioksidan yang bisa membantu melawan peradangan. Dua studi yang berbeda di Amerika sudah membuktikan manfaat mengonsumsi kopi yang lain, seperti menambah daya ingat dan mengurangi potensi diabetes.

 

Roti + Mentega

(Foto: Unsplash)

Wah, wah, wah. Makanan yang biasanya dimakan saat buru-buru ini ternyata nggak baik buat sarapan! Karena memiliki kadar karbohidrat yang tinggi dan rendah serat, makanan yang satu ini bisa bikin gula darah kamu meningkat tajam! Dampaknya bisa bikin kamu cepat lapar dan bakal makan dengan porsi lebih banyak saat jam makan berikutnya. Apalagi banyak banget mentega yang mengandung lemak jenuh bernama trans fat. Akhirnya? Bikin gemuk, deh :( 

 

Jangan lupa sarapan dengan 'benar', yaa!

Share
Create Your Own Article!