Zetizen.com - Percaya nggak sih kalau debat itu adalah sebuah skill? Dari beberapa sesi debat Capres dan Cawapres kemarin, kita jadi tau nih kalau debat itu perlu persiapan yang matang loh. So, buat kalian yang masih nyinyir debat nggak seru atau kurang greget, kamu harus tau dulu bahwa persiapannya nggak mudah. Check this out!


Ada Emosi Yang Harus Dijaga

(Foto: Meramuda.com)

Emosi bakal jadi sumber masalah baru ketika kamu nggak bisa untuk mengontrolnya. Apalagi nggak jarang bakal ada argumen dari lawan yang menyudutkan, dan akhirnya membuat emosi kita susah untuk dikontrol. Dengan emosi, kita juga nggak bisa berfikir jernih. So, saat debat, kita benar-benar harus dituntut untuk menghadapi semuanya dengan kepala dingin dan pastinya no baper-baper club, ya!


Tutur Kata Tetap Harus Diperhatikan

(Foto: medium.com)


Siapa sih yang nggak mau dihormati dan dihargai saat sedang berbicara? Well, begitu pula saat debat. Walaupun kamu sedang memaparkan argumenmu kepada lawan, kamu juga harus memperhatikan tutur kata dan bahasa agar lawanmu nggak merasa tersinggung. Jangan sampai kamu kehilangan jati diri dan intelektualitas hanya karena mengungkapkan argumen yang dapat menyakiti hati lawan debatmu. Keep the good vibes, guys.


Nggak Menyerang Secara Personal

(Foto: Unsplash)

Nggak jarang, orang yang lagi debat bakal gampang kebawa emosinya. Nah, meskipun melawan emosi juga bukan hal yang mudah, tapi jangan sampai emosi ini mengakibatkan kamu menyerang lawan debat secara personal dengan menyebutkan hal-hal privasi yang nggak ada hubungannya dengan materi debat. Intinya, hal yang boleh kamu lawan hanyalah argumennya. Kamu tetap harus didalam lajur argumenmu dan paham etika dalam berdebat.


Harus Selalu Fokus

(Foto: unsplash)

Kadang kalau sudah mulai panik, kita cenderung nggak fokus dengan apa yang sedang di perdebatkan. Apalagi gangguan-gangguan eksternal juga bisa jadi salah satu faktor kita bisa terdistraksi saat berdebat. That's why, debat jadi hal yang cukup sulit kalau kamu memang punya kebiasaan nggak gampang fokus dengan suatu hal.

Data Harus Sesuai Fakta

(Foto: Unsplash)

Data adalah poin yang sangat penting, guys. Biasanya orang-orang juga bakal memperhatikan data yang kamu sampaikan sebagai penguat dari opinimu. So, meleset sedikit tentu bisa jadi hal yang fatal loh. Sebab, debat tanpa data seperti sirup tanpa gula deh. Nggak lengkap! Apalagi, salah satu yang cukup ngetren saat ini adalah beberapa media membuat konten yang tujuannya mengecek apakah data yang disampaikan sesuai fakta atau nggak. Nah, jika kamu terbukti memberikan data yang kurang valid, pastinya mulut-mulut nyiyir warganet nih yang bakal turun tangan. Hihihi!


So, masih berpikir debat itu mudah?


Penulis : Nurmelia Chandra

Editor : Dina Mayliani

Share
Create Your Own Article!