Zetizen.com- Zaman sekarang, film horror bukan cuma tentang sosok menyeramkan dan music score yang menegangkan. Tangan dingin para director film berhasil menciptakan teror baru dalam berbagai film horror. Salah satunya adalah film Us garapan Jordan Peele. Director yang satu ini nggak cuma jago mengolah plot horror, namun juga berhasil meraih penghargaan Oscar pada tahun 2017. Piala untuk kategori Best Original Screenplay jatuh di tangannya berkat film Get Out.

Nggak heran kalau film Us ditunggu-tunggu oleh banyak pihak. Bercerita tentang kemunculan kembaran atau 'doppelganger' yang berperilaku aneh dan mengerikan, Adelaide Wilson (Lupita Nyong'o), Gabe Wilson (Winston Duke), serta kedua anaknya harus bertarung untuk membunuh mereka, atau lebih dulu dibunuh. Dapat rating 7 dari IMDB, yuk simak fakta-fakta yang dijamin bikin kamu merinding!

(Foto: IMDb.com)

Dua Karakter Diperankan Satu Orang

Menyajikan dualitas dalam satu tokoh, penonton akan dihadapkan pada berbagai perbedaan sifat. Keluarga Adelaide dan Gabe digambarkan sebagai sosok keluarga yang humanis dan humoris. Suatu ketika, mereka bertemu sebuah keluarga yang sangat mirip dengan mereka. Mulai dari memori hingga tingkah laku. Yang membedakan adalah sifat doppelganger atau kembaran yang mengerikan bahkan tergolong buas. Si kembaran nggak ragu untuk membawa senjata tajam kemanapun dengan maksud membunuh keluarga Adelaide dan Gabe. Hebatnya lagi, sosok yang berbeda ini diperankan oleh satu orang. Misalnya, Nyong'o memerankan Adelaide sekaligus Red, si doppelganger.

Persiapan Satu Tahun

Di balik kualitas film yang hebat, selalu ada persiapan yang matang. Ungkapan itu dipahami betul oleh Peele yang membutuhkan waktu satu tahun sebelum proses syuting. Ia membutuhkan waktu 6 bulan untuk berkumpul dengan timnya dalam proses brainstorming. Diskusi dan pengumpulan ide dari berbagai latar belakang ini lalu dilanjutkan dengan 6 bulan berikutnya dimana Peele menuangkan ide-idenya dalam naskah.

 

 

Chemistry Kuat Berkat Sekolah

Memerankan sosok keluarga, tentu butuh chemistry yang kuat untuk menunjukkan kedekatan satu sama lain. Untungnya, Nyong'o dan Duke nggak butuh waktu lama untuk membangun ikatan itu. Alasannya, keduanya adalah teman sekelas di Yale School of Drama.

Segudang Referensi Film

Sebagai awardee Oscar, tentu Peele nggak pernah main-main dalam berkarya. Selain memilih cast yang terbukti mumpuni dalam berakting, Ia juga mewajibkan seluruh cast untuk menonton film-film masterpiece horror. Peele berharap terjadi proses shared language, atau pemahaman visi dan pengalaman. So, ketika proses syuting dilakukan, komunikasi dapat terjalin lebih baik. Referensi  film dari Peele adalah Dead Again (1991), The Shining (1980), The Babadook (2014), It Follows (2014), A Tale of Two Sisters (2003), The Birds (1963), Funny Games (1997), Martyrs (2008), Let the Right One In (2008), serta The Sixth Sense (1999)

 

 

Siapa dibalik orang bertopeng ini? (Foto : IMDb.com)

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!