sumber: thoughtco.com

Zetizen.com - Nggak lolos universitas impian lewat jalur undangan bukan akhir dari segalanya. Kalau kata pepatah sih, selalu ada jalan menuju roma. Masih ada jalur SBMPTN yang bisa kamu perjuangkan. Yuk, ikuti kiat-kiat persiapan SBMPTN yang bisa kamu lakukan berikut ini!

 

Atur Jadwal dan Target

sumber: unsplash.com

Dengan tenggat waktu yang cukup lama, bisa kamu manfaatkan untuk mengatur jadwal. Buatlah serinci mungkin ya. Mulai dari sekarang hingga hari-H. Misalnya sehari kamu harus belajar selama 4 jam—dua jam di pagi hari dan dua jam di malam hari. Lalu targetkan berapa lama kamu harus bisa memahami materi-materi tertentu. Lakukan secara konsisten sampai kamu benar-benar memahami semua materi yang akan diujikan ketika SBMPTN. Eits, jangan terpaku pada materi prediksi dari buku baru aja ya. Coba cari lebih banyak referensi dan sumber, lalu pahami pola soal yang akan keluar. Dengan begitum, waktu kamu akan lebih efesien.

Fokus Satu Per Satu Mata Pelajaran

sumber: timandjulieharris.com

Nah, biasanya kesalahan yang dilakukan orang ketika belajar buat ujian adalah mempelajari semua mata pelajaran yang diujikan sekaligus. Misal, hari ini biologi, besok matematika, lalu lusa kimia. Padahal, kebiasaan tersebut justru hanya bikin otak kamu kebingungan karena banyaknya informasi yang masuk, tapi punya konsep yang berbeda-beda. Akan lebih baik kalau kamu fokus pada satu mata pelajaran tertentu dan mempelari semua materinya hingga selesai. Baru setelah itu ganti mata pelajaran yan lain. Kemudian, ketika semua materi telah kamu pelajari, kamu tinggal mengulang sedikit dan mempelajari soal-soal satu paket yang udah mencakup semua mata pelajaran yang akan diujikan pada SBMPTN.

 

Pahami Seluk Beluk Jurusan Tujuanmu

sumber: idownloadblog.com

Ingin masuk jurusan Kedokteran, tapi kamu menganggap remeh biologi, ya salah dong. That's why, sebelum memutuskan jurusan mana yang ingin kamu tuju, kamu harus cari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan tersebut. Seperti daya tampung, tingkat keketatan, prospek kerja, mata kuliah yang akan dipelajari, dan lain-lain. Dengan begitu kamu bisa memperioritaskan hal-hal yang sejalan dengan jurusan tujuanmu. Pokoknya, jangan sampai salah jurusan, ya!

 

Bikin Kelompok Belajar

sumber: brainscape.com

Terkadang, ada masanya kalau kamu ngerasa jenuh dan males buat belajar. Nah, hal itu bisa kamu siasati dengan membentuk kelompok belajar yang mempunyai tujuan yang sama: lolos jalur SBMPTN. Dengan begitu, semangatmu akan selalu terjaga dan terpacu ketika melihat teman seperjuanganmu yang rajin. Ingat, lebaik baik berjuang habis-habisan sekarang, daripada menyesal selamanya. Yuk semangat yuk!

 

Selalu Update Informasi Terkait SBMPTN

sumber: batukita.com

Seringkali, pihak panitia SBMPTN memberikan informasi terkait penyelenggaran ujian yang sedikit beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi, kamu harus selalu update sama akun-akun resmi milik panitia SBMPTN yang bisa kamu temui diberbagai platfrom sosial media seperti Twitter @sekreSBMPTN dan Instagram @sekreSBMPTN. Dengan begitu, jika ada informasi terbaru, kamu bisa menerapkan strategi baru atau memahami segla prosedur yang diperlukan untuk mengikuti jalur seleksi tersebut.

 

Istirahat yang Cukup

sumber: earth.com

Jangan lupa perhatikan kesehatan kamu. Makan, tidur, olahraga, dan istirahat yang cukup. Selain bermanfaat untuk fisik kamu, hal itu juga baik untuk keadaan psikis kamu. Bayangin, kamu udah belajar habis-habisan selama beberapa bulan, lalu ketika ujian kamu jatuh sakit, gara-gara kamu kurang menjaga stamina. Bakal jadi penyesalan tersebar seumur hidup kamu. Jadi, jangan lupa sayangi diri sendiri ya! Good luck!



Share
Create Your Own Article!