zetizen.com - Google memang nggak pernah gagal bikin kejutan. Kali ini, mereka membuat merambah ke dunia gaming dengan meluncurkan produk Google Stadia. Pengumuman ini baru aja dikeluarkan Phil Harrison, Vice President dan General Manager Google, bersama dengan timnya dalam Game Developers Conference di San Fransisco pada 18-22 Maret 2019. And yes, Google Stadia membawa dunia game ke tingkatan baru! Penasaran seperti teknologi canggih terbaru dari Google ini?

Cross-Platform Gaming

Any platform, anywhere

Kalau game seperti PlayerUnknown's BattleGround pisah server antara PUBG PC dan PUBG Mobile, lewat Google Stadia, kamu bisa main game lewat platform apapun. Mulai dari PC, smartphone, laptop, sampai TV dengan bantuan Chromecast. Google Stadia bener-bener menembus batas yang selama ini dikhawatirkan banyak game developer deh, yaitu perbedaan platform. Kamu nggak perlu takut game-mu ke-reset habis ganti platform karena semua progress-mu langsung tersimpan di cloud milik Google.


Ok, Google!

AI yang selalu siap menemani

Siapa sih yang nggak kenal ucapan di atas? Google Assistant yang terus menerus diperbaharui juga akan melengkapi Google Stadia. Ada tombol khusus di konsol Stadia yang dapat mengaktifkan Google Assistant di layar tempat kita bermain. Berfungsi lebih daripada Google Assistant biasa, kamu bisa cari guide tentang game-mu dengan cara berkata, "Bagaimana cara melewati stage ini?" Jangan cari cheat ya he he he.

BACA JUGA: Ini yang akan Terjadi kalau Robot Artificial Intelligence Menguasai Dunia


Nggak Perlu Local Download

Database game terbesar?

Kalau game-game sekarang harus di-download dan diakses melalui local system platform masing-masing, Google Stadia mah nggak perlu! Game-game yang disediakan bisa diakses secara online melalui database Google. Kata Phil Harrison, "Dengan Google Stadia, kegiatan download game yang lama bakal ditinggalkan." Bahkan, menurut peragaannya dalam Game Developers Conference lalu, pengguna bisa langsung mengakses game seperti Assassin's Creed Odyssey setelah melihat trailer-nya di YouTube. Hanya dengan sekali klik tombol "Play Now", tunggu lima detik, bisa deh langsung memainkan game-nya. Tapi, kita tentu butuh internet super cepat.


Nggak Perlu Tunggu-Tungguan

Langsung join!

"PUBG -3. DotA -2."

"Kalo udah kelar match, kabari ya."

Nggak ada lagi yang namanya tunggu-tungguan! Di Google Stadia ada fitur Crowd Play. Misalnya, ada YouTuber yang lagi stream game NBA 2K. Nah, kamu punya opsi buat join game-nya waktu pergantian quarter. Nggak ada lagi yang namanya menunggu squad komplit atau nungguin teman lain menyelesaikan satu match. Sebab, dengan Google Stadia, kamu bisa langsung join buat main bareng temanmu!


Stream HD Secara Langsung

Konversi otomatis ke 4K

Karena seluruh pemrosesan database ada di server milik Google, kamu bisa langsung stream gameplay-mu ke YouTube dengan resolusi tertinggi yang bisa diakses Google Stadia. Sekarang aja mereka sudah bisa mengakses gameplay-mu dalam 4K dan 60 FPS. Kedepannya gameplay tersebut akan dapat diakses dalam resolusi 8K. Wow! Tenang, kamu nggak perlu main game dalam resolusi 4K dan 60 FPS kok. Nanti data center dari Google akan otomatis meng-convert gameplay-mu ke dalam resolusi tertinggi, yaitu 4K dan 60 FPS.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!