Sering ngeluh jalanan macet bikin stress? Nah, sebenarnya ada cara yang bisa kamu lakuin buat mengurai kemacetan, loh, yaitu kamu bisa beralih menggunakan moda transportasi umum. Mulai dari angkot, bus, atau mungkin jenis transportasi public yang baru saja diresmikan, MRT atau Moda Raya Terpadu. Tapi, ada beberapa etika yang harus kamu perhatiin ketika naik transportasi umum agar tidak terkesan norak atau malu-maluin.

 

Dahulukan Penumpang Yang Akan Keluar

Sumber: abc7news.com

Ada baiknya kalau kamu sabar dan memberi waktu untuk penumpang yang berada di dalam untuk keluar terlebih dahulu, baru setelah itu kamu masuk. Jika tidak, kemungkinan bakal menimbulkan kemacetan di area pintu dan menghambat orang-orang. Niatnya pengen cepet-cepet, tapi malah terhalang.

Antre dengan Tertib

Sumber: edgarsnyder.com

Semua orang juga buru-buru, tapi nggak seharusnya kamu menyalip antrean, baik ketika membeli tiket di loket atau hendak masuk ke dalam moda transportasi tertentu. Kalau memang kamu beneran punya urusan tertentu dan sudah telat, seharusnya kamu berangkat sejak kemarin agar tidak buru-buru dan mengusik kenyamanan penumpang lain.

Jangan Berdiri Di Dekat Pintu

amny.com

Jika keadaan masih memungkinan, sebaiknya kamu mengisi tempat yang lebih dalam dan hindari berdiri, duduk, kayang, atau sikap lilin di depan pintu masuk atau keluar. Karena, hal tersebut bisa mengganggu perjalanan orang, baik yang hendak masuk atau keluar. Kalaupun terpaksa berdiri di dekat pintu, maka kamu harus tanggap ketika ada penumpang mau masuk atau keluar. Jadi, kalau bisa jangan berdiri dekat pintu, ya!

Hindari Membawa Makanan

Sumber: failblog.cheezburger.com

Meskipun di beberapa moda transportasi umum tidak ada peraturan khusus tentang larangan membawa makanan, namun demi menjaga keamanan, keutuhan, dan ketertiban, ada baiknya jangan membawa makanan ke dalam moda transportasi umum. Alasannya? Pertama, kemungkinan besar akan meninggalkan sampah. Kedua, beberapa makanan mempunyai bau yang cukup menyengat dan mengganggu orang lain, seperti durian, semur jengkol, dan semacamnya. Apalagi kamu membawa makanan tapi tidak berbagi dengan penumpang lainnya. Bayangin perasaan mereka yang kelaparan ngeliat kamu makan dengan lahap. Lebih baik nggak bawa makanan, kan?

Prioritaskan Penumpang Yang Lebih Membutuhkan

Sumber: jpninfo.com

Beberapa moda transpportasi umum menyediakan kursi prioritas buat penumpang yang memiliki keterbatasan atau kondisi khusus. Penumpang  dengan keadaan disabilitas, lansia, ibu hamil, atau sakit, memiliki hak untuk duduk dengan nyaman di tempat yang disediakan. Jadi, jangan melakukan sesuatu yang sebenarnya bukan hak kamu, ya. Dan, mungkin dalam keadaan ramai penumpang, kalau  ada orang  yang sekiranya kurang mampu untuk berdiri lama, ada baiknya kamu memberikan tempat duduknya padanya. Tapi, pastikan kamu masih sehat sentausa dan kuat lahir batin, ya.

Jaga Kenyamanan Sekitar

Sumber: 123rf.com

Ada banyak tindakan yang tidak seharusnya kamu lakuin ketika berada di moda transportasi umum seperti merokok, meludah, membuang sampah sembarangan, dan hal-hal yang berpotensi mmebuat risih penumpang lainnya. Ingat, kamu sedang naik transportasi umum yang di dalamnya terdapat berbagai jenis penumpang yang memiliki kepribadian yang berbeda. Akan lebih baik kamu menghargai hak penumpang lainnya untuk menggunakan transportasi umum dengan nyaman.

 

Yuk Buat Transportasi Umum

Jadi Nyaman !

Share
Create Your Own Article!