Zetizen.com - Handphone jadi gadget yang nggak boleh lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Kebayang kan gimana worry-nya kita kalau sampai hp hilang? Eits, jangan panik! Beberapa cara bisa kamu lakukan untuk melacak keberadaan handphonemu yang hilang loh. So, let’s check aplikasi apa aja yang bisa memudahkan kamu untuk melacak dan menemukan lagi handphone-mu.

Find My Device


Aplikasi keluaran google ini bisa dengan mudah melacak keberadaan HP yang hilang dengan menggunakan akun gmail yang terdaftar di gadget kamu. Hebatnya, ketika kamu berhasil mendeteksi keberadaan handphone-mu, kamu bisa dengan mudah menguncinya sehingga handphone tersebut tidak bisa di akses. Selain itu fitur erase juga memudahkan kamu untuk menghapus file-file yang ada di dalam HP yang hilang sehingga privasimu akan tetap terjaga. Sayangnya, aplikasi ini hanya berlaku bagi handphone dengan sistem android. Jika kamu pengguna Iphone, kamu bisa menggunakan aplikasi serupa yaitu Find My Iphone.


Google Maps


Nggak hanya berfungsi sebagai peta, Google Maps juga punya fungsi yang dapat menemukan HP yang hilang. Hampir seluruh smartphone saat ini sudah terintegrasi GPS sehingga akan memudahkan para penggunanya. Cara melacak HP yang hilang melalui Google Maps juga terbilang cukup mudah loh. Hanya saja, cara ini bisa dilakukan jika handphone-mu  tidak kehabisan baterai. Karena jika handphone tersebut kehabisan baterai, maka yang tedeteksi hanyalah pada titik dimana handphone tersebut terakhir menyala.


WhatsApp


Selain untuk sosial media, WhatsApp ternyata punya fitur yang canggih buat membantu kamu melacak handphone. Dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya, WhatsApp bisa kamu gunakan untuk melacak segala jenis sistem setiap smartphone. Namun, ada hal yang perlu kamu lakukan ketika akan melacak HP yang hilang menggunakan WhatsApp. Pastikan kamu pernah menggunakan fitur share location sebelumnya. Karena jika kamu sering melakukan share location, maka aka ada opsi yang dapat melihat lokasi terkini handphone-mu loh. So, jangan lupa manfaatkan fitur share location untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu HP hilang, ya.


Locate my Friends


Bagi beberapa orang, membagikan lokasi merupakan hal yang sangat privasi. Namun aplikasi Locate My Friends adalah bentuk antisipasi ketika HP hilang. Cara kerja aplikasi ini adalah menghubungkanmu dengan posisi orang-orang terdekat sehingga kamu akan terhubung. Ketika sudah saling terhubung, maka lokasi real time-mu akan mudah ter-update. Sehingga ketika handphone-mu hilang  maka kamu bisa dengan mudah menemukannya.


Jadi gimana? Masih panik nggak?


Let's follow the step and found yours!


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!