Zetizen.com - Sering ketawa dan selalu senyum nggak jadi jaminan bahwa seseorang bahagia, begitupun sebaliknya. Semua bergantung pada cara seseorang mengelola perasaannya dan melindungi dirinya dari perasaan sedih lewat self-defense mechanism. Apa aja sih self-defense yang secara nggak sadar paling sering kamu lakukan? Yuk, simak selengkapnya!

Tipe Denial : Tukang Menghindar dari Masalah


Ketika masalah datang menyapa dan yang kamu lakukan adalah berusaha untuk menghindarinya, secara nggak sadar ternyata kamu udah melakukan self defense tipe denial loh. Nggak cuma itu, biasanya tipe yang satu ini juga berusaha untuk menyangkal beberapa hal agar ia bisa terhindar dan nggak terlibat lebih jauh dengan masalah disekitarnya. Misalnya nih, waktu pacar kamu tahu kalau kamu chatting sama cewek lain. Kamu menyangkal mati-matian dengan bilang kalau si cewek tersebut hanya teman satu kelas, padahal tiap malam minggu nggak pernah absen nonton berdua. Hayo ngaku deh para denial!


Jangan Mau jadi Pelampiasan Si Displacement!


Nah, buat tipe yang satu ini, yang melegakan adalah ketika bisa menyalurkan perasaan ke dalam tindakan nyata. Buat kamu yang sering banget jadi pelampiasan atau rebound, ternyata kalian adalah korban dari pelaku displacement loh! Misalnya nih, teman kamu cemburu lihat pacarnya nge-like foto cewek lain. Tapi, marah-marahnya malah ke kamu. Can you relate? hehehe...


Spread Love No Hate ala Tipe Sublimation


Kalau kamu orangnya positive vibes banget dan selalu bisa untuk mengalihkan hal-hal buruk dan mengubahnya jadi kegiatan positif, maka kamu masuk di tipe ini! Melihat sahabat kamu yang bisanya ngomongin dibelakang pasti rasanya pengin banget ngajakin berantem kan? Tapi daripada buang waktu dan tenaga, kamu justru memilih mengisi waktu dengan muaythai. Good job!


Tipe Repression yang Suka Memendam


Memendam adalah ciri khas dari tipe self-defense Repression banget! Kalau kamu lebih memilih untuk diam dan nggak mengutarakan sesuatu yang sebenarnya membuat kamu kesal dan marah, maka kamu sedang melakukan usaha repression. Hmm, sesekali kamu harus coba untuk berani bicara kepada orang lain tentang apa yang kamu rasakan ya. Jangan dipendam sendiri terus. Ingat, nggak semua orang bisa baca pikiranmu. Jadi, kalau mau dimengerti, ya ngomong.


Tipe Projection yang Suka Berburuk Sangka


Berpikiran bahwa orang yang kamu benci juga memiliki perasaan yang sama dengan kamu agar julid yang kamu lakukan terasa sah-sah saja adalah salah satu contoh dari projection. Waduh, sudah mirip cenayang aja ya bisa meramal perasaan orang. Nah yang seperti ini harus dihindari guys! Nggak baik loh berburuk sangka dengan orang lain. Lagian apa yang kamu pikirkan tentang orang lain tersebut belum tentu benar kan?

Well, dari tipe-tipe self-defense diatas sudah tahu belum kamu yang mana?


Share
Create Your Own Article!