Zetizen.com - Limbah sampah plastik udah jadi pembahasan serius yang harus segera ditangani. Kita tau baru-baru ini paus dengan jenis sperma ditemukan tewas di pantai Sardia, Italia dengan kondisi dipenuhi sampah seberat 22kg di dalam perutnya. Bahkan kabarnya paus tersebut sedang mengandung loh. Kebayangkan gimana berbahayanya kalau sampai masalah ini nggak segera diselesaikan.

Beberapa orang bahkan menemukan sampah-sampah plastik dengan usia puluhan tahun di sejumlah pantai. Salah satu komunitas pecinta lingkungan, Green Peace juga ikut menyuarakan kampanye ini dengan menggunakan hastag #BreakFreeFromPlastic. Berikut ini adalah sampah yang berhasil ditemukan dalam keadaan utuh walaupun sudah bertahun tahun. Hopefully kita bisa belajar dan mulai untuk mengurangi penggunaan plastik.

Bungkus Mie Instan berusia 19 tahun

(foto:twitter.com)

Baru-baru ini Indonesia digemparkan dengan temuan bungkus mie instan dengan tulisan “Dirgahayu Indonesia ke-55”. Which mean, perkiraan bungkus tersebut di produksi sekitar 19 tahun yang lalu karena tahun ini Indonesia akan menginjak usia 74 tahun. Penemuan di sebuah pantai di Malang, Jawa Timur ini sampai menarik perhatian Menteri Susi Pudjiastuti melalui Twitternya. Sampah plastik ternyata seseram itu, ya.


Kemasan Kopi Sachet

(foto:twitter.com)

Kali ini Greenpeace Indonesia memamerkan sebuah bungkus sachet kopi berada di tengah-tengah tumpukan pasir pantai. Kalau kamu pecinta kopi, jangan sampai bungkus kopi favoritmu malah berujung seperti ini, ya. Karena kamulah orang pertama yang harus memulai untuk memelopori gerakan ini.


Kaleng Minuman Bersoda Tahun 80an

(foto:instagram.com)

Diluar negeri, tingkat konsumsi masyarakatnya akan minuman bersoda terbilang cukup tinggi. Lagi-lagi seorang warga Itali menemukan kaleng minuman bersoda terdampar di sebuah pantai. Akun Instagram gianluca.parodi ini bahkan sempat untuk membersihkan botol yang kira-kira diproduksi pada tahun 80an itu agar lebih instagramable saat difoto.


4. Expired 10 Years Ago

(foto:instagram.com)

Akun Instagram sisi.sammelt juga menemukan salah satu kaleng minuman dengan jangka expired date 10 tahun yang lalu. Kalau diitung-itung sepertinya produksi minuman ini sekitar tahun 2007 atau 2008. Ingat, jangan sampai pantai kembali jadi pusat berakhirnya sampah plastikmu, ya. Yuk mulai berubah!


5. Bungkus Susu Kental Manis dan Lotion Anti Nyamuk

(foto:instagram.com)

Sepertinya generasi 80an nggak asing dengan sampah-sampah ini. Yap, bahkan sekarang 2 merek  ini sudah me-rebranding produk mereka loh dengan kemasan yang baru. Temuan di pantai Ancol oleh pandulaut.id ini benar-benar menampar kita bahwa Indonesia bahkan dunia sangat perlu untuk mengurangi penggunaan plastik dan menjaga lingkungan untuk masa depan.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!