Zetizen.com - Petisi online sepertinya jadi sebuah wadah yang punya efek lebih untuk membawa sebuah perubahan. Di Indonesia, mengeluarkan petisi online seakan jadi sebuah tren yang menjamur dan dianggap sebagai cara yang mudah dan efektif loh. Salah satu portal penandatanganan petisi online yang cukup terkenal adalah www.change.org. sebenarnya, seefektif apa sih petisi online dalam menyelesaikan kasus yang sedang hype dikalangan masyarakat online saat ini?

We all know, kasus kekerasan dan bullying yang sedang dihadapi AU sangat menyita perhatian publik. Masyarakat menuntut keadilan untuk segera diberikan kepada korban sehingga salah seorang akun bernama Fachira Anindy memulai untuk membuat petisi online. Sampai artikel ini dikeluarkan, jumlah orang yang telah menandatangi petisi online #JusticeForAudrey telah mencapai 3,5 juta orang loh. Kebayangkan kalau saat ini masyarakat sudah sangat aware dan gercep dengan hadirnya tren petisi online ini.

Foto: change.org

Tujuan petisi online sendiri mempermudah kita untuk mulai mengkampanyekan sebuah gerakan sampai untuk mencari sebuah solusi dari permasalahan tersebut. Psst, ternyata siapa saja punya hak untuk bisa memulai membuat sebuah petisi dan semua itu gratis. Cara kerja petisi ini adalah dengan menarik sebanyak-banyaknya massa sehingga ada dorongan lebih untuk bersama-sama memberikan perubahan.

Foto: change.org

Dilansir dari change.org, hampir setiap jam, satu petisi online berhasil meraih kemenangan. Its mean, gerakan yang telah menarik banyak massa tersebut ternyata mampu untuk memberikan perubahan untuk sekitar secara cepat dan efektif. Salah satu contoh petisi yang berhasil adalah gerakan membatasi penggunaan kantong plastik dengan cara tidak menggratiskan pembeliannya. Petisi ini berhasil ditanda tangani oleh 32.809 orang. Terbukti saat ini kamu harus membayar lebih saat menggunakan kantong plastik di tempat-tempat perbelanjaan.

Secara garis besar, letak kemenangan sebuah petisi online adalah dari seberapa banyak massa yang mampu kita hasilkan. Kekuatan influencer juga jadi nilai tambah tersendiri untuk mengukur keberhasilan sebuah petisi. Apalagi, dunia digital sekarang yang cenderung cepat akan memudahkan petisi sampai ke masyarakat. Nah, kamu sendiri mau ikutan gabung atau membuat petisi online? Pelajari plus minus dan keberlanjutan gerakanmu dulu ya!

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!