Zetizen.com - Pemilu sudah dekat, nih! Waktunya siapkan masing-masing diri buat memilih calon pemimpin yang kita mau. Eh, tapi ada hal-hal yang sebaiknya nggak dilakukan saat ke TPS, lho. Ada apa aja, sih?

Pergi ke TPS yang Jauh

(foto:KPU Kabupaten Kupang & TurboSquid)

Ajak teman atau keluarga datang ke TPS sesuai dengan daerah yang tertera di formulir model C6 atau E-KTP atau sesuai dengan surat keteranganmu. Nggak perlu pergi ke TPS di luar kota, luar negeri, atau bahkan di luar angkasa. Jauh!


Tulis Nama Orang Lain di Daftar Hadir

(foto:Pexels)

Begitu sampai di TPS, kamu perlu nunjukkin identitasmu, apakah sesuai dengan formulir/surat keterangan yang kamu bawa. Kamu juga perlu nunjukkin kalau jarimu belum tercelup tinta. Nah, kalau sudah sesuai, kamu bakal disuruh tulis nama dan tanda tangan di daftar hadir yang disediakan panitia. Ingat ya, tulis namamu! Jangan nama adik, kakak, mantan, binatang peliharaan, guru di sekolah, atau teman yang suka titip absen.


Mendengarkan Earphone Saat Menunggu Panggilan

(foto:Unsplash)

Waktu udah selesai nulis nama, kamu bakal disuruh duduk dulu sambil nunggu bilik suara kosong dan namamu dipanggil oleh panitia. Karena nunggunya cuma sebentar, kamu nggak perlu lah masang earphone dan dengerin intro Akad 10 jam nonstop di YouTube. Nanti bisa-bisa nggak denger kalau dipanggil.


Nyontek, Pinjem-pinjeman Alat Coblos, dan Kecurangan Lainnya

(foto:Grade Calculator)

Kalau nama kamu sudah dipanggil oleh panitia, segera ambil surat suara di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan masuk ke Bilik Suara. Ingat, kerjain sendiri-sendiri! Jangan nyontek hasil coblosan orang lain di bilik sebelah atau pinjem-pinjem paku ke orang lain. Sudah disediakan sendiri-sendiri! Oh ya, pakunya jangan di bawa pulang, ya.


Masukkin Surat Suara selain ke Kotak Suara

(foto:IMDb)

Setelah selesai mencoblos di semua surat suara punyamu, keluar dari Bilik Suara dan masukkan surat-surat suara tersebut ke kotak suara yang sudah disediakan. Karena tahun ini ada 5 surat suara, maka nanti akan disediakan 5 kotak suara yang berbeda. Cukup masukkan ke 5 kotak suara yang tersedia, nggak perlu sampai masukkin ke kotak kaleng biskuit, kotak kritik & saran, apalagi kotak amal.


Mencelupkan Hal Lain ke Botol Tinta

(foto:MalangToday)

Setelah selesai memasukkan surat suara ke kotak suara yang sesuai, kamu bakal diminta untuk menyelupkan jarimu ke botol tinta yang sudah disiapkan panitia, tanda kamu sudah melakukan pemilihan. Cukup mencelupkan salah satu jari tangan aja, nggak perlu sampai nyelupin daging sapi (karena ini bukan restoran shabu-shabu atau suki) atau nyelupin biskuit/wafer (karena ini tinta, bukan susu sapi).


Selamat Menyoblos!

(foto:Know Your Meme)

Selamat! Kalian sudah menggunakan hak pilih kalian dengan bijak! Jangan lupa untuk memilih di Pemilu Serentak tanggal 17 April 2019 nanti, ya! Oh iya, jari kalian yang sudah dicelup tinta masih bisa dipakai buat beraktivitas, kok! Nggak perlu dibungkus tissue, kasa, perban, apalagi dibawa ke UGD untuk pemeriksaan lebih lanjut tentang kadar tinta di permukaan kulit.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!