zetizen.com - Setelah Android 9 Pie sudah dirilis dan berhasil diimplementasikan ke berbagai ponsel, kini sudah saatnya Android kembali membuat OS terbaru yang diberi huruf Q. Android Q sendiri masih berupa teaser dan belum banyak di-expose oleh Android. Namun, banyak fitur-fitur keren yang sudah di-reveal dan Zetizen tahu 5 diantaranya! Ada di bawah, nih!

Support Handphone Lipat

(foto:TechRadar)

Naiknya popularitas ponsel lipat akibat Huawei Mate X dan Galaxy Fold, menjadi PR sekaligus tantangan baru buat tim Android nih, gengs! Bagaimanapun, mereka harus mendesain sebuah OS yang sejalan dengan pergerakan lipatan ponsel. Nah, Android Q ini bisa mendeteksi apakah gerakan layar di-pause (akibat dilipat) atau dilanjutkan kembali (akibat membuka lipatan).


Privacy!

(foto:CNet)

Banyak yang bilang kalau kunci utama dari Android Q adalah privasi yang diberikan. Lewat Android Q, kamu bisa ngatur kapan suatu aplikasi pakai permissions tertentu. Misal, Maps bakal selalu pakai location sedangkan Instagram bakal pakai location kalau aplikasinya sedang berjalan.


Sharing Shortcuts!

(foto:ProAndroidDev)

Meski lewat Android M sudah ada Direct Share API, kini Android memilih untuk menyempurnakan teknik sharing tersebut dengan Sharing Shortcuts! Keduanya sama-sama digunakan buat membagikan konten dari suatu aplikasi, kok! Bedanya, Direct Share bakal nge-list siapa aja kontak yang mau/bisa kamu share setelah kamu meng-klik tombol share, sedangkan di Sharing Shortcuts, list tersebut bakal udah ada sejak aplikasimu dijalankan pertama kali. Jadi, prosesnya bakal lebih cepat.


Bokeh yang Lebih Kerasa

(foto:Camera Jabber)

Fitur ini didukung dengan Dynamic Depth format di dalamnya. Artinya, pengolahan gambar yang ada, baik dari kamera maupun dari third-party application, bisa menghasilkan detil kedalaman/depth yang lebih baik. Apalagi dengan rumor Android Q bakal rilis pertama di 'keluarga' Google Pixel yang kameranya, tentu saja, punya kualitas secanggih Google.


Tema dan Mode Gelap

(foto:Appetiser Apps)

System-wide dark mode sendiri masih merupakan misteri untuk Android Q. Meski banyak yang membicarakan bahwa Android Q punya mode gelap untuk seluruh user interface-nya, tapi sepertinya fitur ini masih belum kelihatan di rilis beta build pertamanya. Meskipun begitu, Android Q membebaskan penggunanya untuk memilih warna utama dari user interface-nya, font, dan bentuk icon di keseluruhan ponselnya.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!