Zetizen.com - Nggak cuma dikenal sebagai negara adidaya, Amerika Serikat juga selalu jadi jujukan pelajar dari berbagai negara. Beasiswa yang ditawarkan untuk melanjutkan studi di Amerika juga banyak banget yang bisa dicoba. This is why Amerika Serikat punya sistem pendidikan yang telah teruji bikin para pelajarnya terus berkembang. Apa aja sih?

Teknologi Canggih dan Memadahi

Blackboard bisa diakses dimana saja. (foto:unsplash.com)

Dalam sistem pendidikan Amerika, banyak fasilitas yang bisa ngebantu kegiatan belajar mereka seperti aplikasi "Blackboard". "Blackboard" ini bisa dipakai dengan platform buat komunikasi dan berbagi konten.

Kelebihan dari "Blackboard" ini banyak software atau jasa belajar-mengajar yang terintegrasi dalam sistemnya. Jadi, memberikan keluasan bagi siswa atau guru. Sistem ini juga lebih aman loh dan pastinya paper less.


Supplemental Instruction.

Kelompok belajar bersama (foto:unsplash.com)

Supplemental instruction ini salah satu keunikan dalam sistem pendidikan Amerika. Kegiatannya berlangsung di dalam kelas. Di dalam sesi ini setiap tutor akan mengulang pelajaran sebelum ujian dan bantuin junior students buat belajar dulu. Sesi supplemental instruction ini ada leadernya juga dan bakal dipilih dulu sama dosennya.

Kalian bakal punya kelompok belajar dengan diberikan waktu sekitar 50 menit, di situ bakal ada pembelajaran yang spesifik dan strategi belajar, keterampilan mencatat dan persiapan ujian, ada lagi kesempatan untuk waktu belajar yang terstruktur sama teman sebaya.


Career Centre yang Bertanggung Jawab

Melalui Career Centre bisa memberikan wawasan lebih luas tentang dunia kerja. (foto:american.edu)

Sistem pendidikan Amerika nggak cuma mengacu pada akademis aja, tapi juga non akademis. Selain itu, pembangunan mental juga ditekankan loh. Misalnya, program buat mahasiswa yang mulai memasuki tingkat akhir, career centre ini jadi tujuan yang tepat kalau bingung menghadapi dunia kerja.

Ada fasilitas dari kampus yang menunjang mahasiswanya untuk diadakan pelatihan. Contohnya, membuat resume, curriculum vitae, dan cara-cara untuk mengirim e-mail yang tepat. 


Join Perkumpulan Akademisi Internasional

Melalui True Science bisa mendapatkan banyak relasi. (foto:duq.edu)

Amerika tahu betul kalau para pelajar bisa dimotivasi melalui kawan sebayanya. Kita mungkin mengenali hal ini sebagai tutor sebaya. Yap! Para pemuda bakal lebih gampang termotivasi dan maju dengan adanya dukungan lewat kawan-kawannya. Hal itu pun menginspirasi adanya "American Chemical Society".

Sistem pendidikan Amerika yang satu ini menekankan pada perkumpulan dengan masyarakat. Nggak ada lagi deh yang nggak mau mengabdikan diri dan ilmu untuk masyarakatnya. Sebab, join society ini mempermudah kamu untuk mendapatkan kenalan dengan para profesional di Amerika. Selain itu, ada "Omega Chi Epsilon"  untuk mahasiswa dengan peringkat atas di kampus dalam bidang teknik kimia.


Sistem Penilaian dan TugasĀ 

Perpustakaan dan Jurnal yang tersedia menunjang kegiatan belajar mengajar. (foto:unsplash.com)

Psst, sistem pendidikan Amerika sebenarnya nggak jauh berbeda dengan di negara-negara lain loh. Di Amerika Serikat, ujian akhir jadi penentu besar nilai akhir mahasiswa.

Hal yang pasti menonjol adalah mahasiswa dituntut untuk mandiri, mencari materi sendiri untuk tugas atau informasi yang menunjang pembelajaran, dan bisa berkonsultasi secara langsung dengan dosen. 

*

Penulis: Nadya Cristian

Editor: Rafika Yahya


Share
Create Your Own Article!