zetizen.com - Udah pada nonton Avengers: Endgame belum, nih? Kalau mau nonton, mendingan di bioskop, deh! Durasi film yang lama dari Endgame (atau dari film apapun) bakal berdampak buruk buat kesehatanmu kalau kamu nonton lewat layar TV atau layar PC. Nggak cuma Endgame, kalau hobimu binge-watching, sebaiknya kenal risikonya dulu di bawah ini, deh!

Meningkatkan Risiko Syndrome X

(foto:Unsplash)

Bukannya jadi anggota X-Men, nonton film/serial TV terlalu lama bakal bikin kamu semakin berisiko terkena Sindrom X. Sindrom X atau yang biasa disebut Metabolic Syndrome adalah sekelompok kondisi yang menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe-2. Eh, tapi yang jadi sorotan bukan karena menatap layar terlalu lama sih, tapi karena duduk/berdiam diri terlalu lama. Yakali, nonton Endgame sambil fitness.


Bikin Susah Tidur

(foto:Unsplash)

"Bentar deh, satu episode lagi."

Yah, ngomongnya satu episode. Kenyataannya? Satu season. Durasi film yang lama juga jadi penghalang kita buat tidur dan mengistirahatkan badan kita. Siapa juga yang mau nonton filmnya di-pause ditengah-tengah dan dilanjut besoknya? Efeknya, kamu bakal kurang tidur dan nggak full-energy besoknya.


Gendut!

(foto:Unsplash)

Nonton film atau serial bakal kurang lengkap tanpa cemilan. Nah, semakin lama kamu nonton, pastinya semakin banyak cemilan yang kamu makan. Gimana nggak gendut kalau makan banyak ditambah duduk/tiduran lama-lama? Apalagi kalau tempatmu nonton ada di dekat kulkas tempat segala makanan dan minuman disimpan. Beuh, selamat tinggal badan impian!


Merusak Mata

(foto:YouTube Ewol And Wolf)

Bukan sekadar cara orang tua buat 'nakut-nakutin' anaknya, menatap layar terlalu lama emang bisa bikin mata kita jadi rusak. Hal ini disebabkan karena mata terlalu lama terpapar blue-light yang keluar dari layar TV, PC, maupun HP. Dampaknya, bakal menyebabkan mata jadi tegang, kering, dan lelah. Mumpung mata kita belum dicakar flerken, mending disayang dulu baik-baik.


Emosi Tidak Stabil

(foto:Unsplash)

Terutama buat kamu yang baperan, jangan membawa emosimu waktu nonton film ke dunia nyata, deh. Segala hal yang terjadi di film sudah sesuai dengan skenario dan jangan disamakan dengan kehidupanmu di dunia nyata. Banyak orang yang mengalami depresi setelah melihat kehidupan seseorang di film jadi lebih baik dan membandingkan dengan kehidupannya sendiri. Things will get better, guys!


Share
Create Your Own Article!