Zetizen.com - Hayo, siapa nih yang di kelas sok-sokan bikin catatan, padahal catatannya nggak pernah dibuka apalagi dibaca? Yah, mungkin buku catatanmu gitu-gitu aja, sih! Jadinya bikin boring, kan? Nih, Zetizen kasih beberapa tips biar buku catatanmu menarik buat dibaca!

Kasih Ilustrasi Kecil

(foto:Unsplash)

Siapa bilang yang suka gambar-gambar di buku tulis itu kurang kerjaan? Jangan salah! Gambar-gambar inilah yang bakal menarik kamu buat membuka kembali catatanmu di rumah. Kamu bisa kasih ilustrasi tentang materi yang sedang dipelajari, misal kasih gambar mobil-mobilan waktu lagi belajar kelajuan dan percepatan, atau kasih komik singkat tentang sakit perut waktu lagi belajar sistem pencernaan.


Tempelin Sticky Notes

(foto:Unsplash)

Kamu nggak harus bikin kotak-kotak kecil di buku catatanmu sebagai penanda keyword/notes penting. Try sticky notes! Kertas warna-warni ini selalu bisa bikin buku catatanmu makin colorful dan bisa nambah space lebih di satu halaman yang sama biar nggak perlu bolak-balik kertas untuk satu materi.


Subbab Beda, Warna Beda

(foto:Unsplash)

Kamu bisa menandai pergantian tiap sub bab yang kamu catat dengan ganti warna bolpoin /spidol. Nggak cuma buat pergantian sub bab, kamu juga bisa menggunakan warna yang berbeda buat judul utama dan sub-judulnya. Biar bisa ala-ala typography di Instagram atau Tumblr gitu.


Gunakan Bahasa Sehari-hari

(foto:Unsplash)

Selama bukan nama ilmiah atau nama yang benar-benar fix atau mutlak, kamu bebas kok menggunakan bahasa apa aja. Selain lebih mudah dimengerti dan dicerna, bahasa sehari-hari kadang bisa bikin kamu ketawa-ketawa sendiri waktu baca ulang. Biar serasa lagi baca halaman Zetizen, hihihi!


Gunakan Quotation/Kutipan

(foto:Unsplash)

Kadang, ada anak-anak yang lebih suka metode belajar secara mendengar. Nah, tapi nggak semuanya bisa kita ingat, kan? Dengan mencatat kutipan/quotation dari dosen,guru, atau bahkan teman yang lagi presentasi, kamu bisa seakan-akan mendengar mereka ngomong waktu kamu baca ulang catatanmu. It works!


Share
Create Your Own Article!