Zetizen.com - Selain BTS dan Blackpink, TWICE merupakan salah satu girlgroup asal Korea Selatan yang nggak diragukan lagi kemampuannya. Sejak debut pada tahun 2015, grup di bawah asuhan JYP Entertainment ini langsung meroket. Salah satunya ditunjukkan dengan penghargaan sebagai Song of the Year berturut-turut sejak 2016 hingga 2018.

Beranggotakan 9 orang yakni Jihyo, Nayeon, Sana, Momo, Mina, Tzuyu, Jeongyeon, Dahyun dan Chaeyoung, TWICE bukan cuma dikenal dengan lagu-lagunya yang ear-catchy, namun juga dandanannya yang cute. Terlebih lagi, masing-masing member punya karakter personality yang bikin ONCE – sebutan fans TWICE – makin jatuh cinta.

Salah satu member yang digandrungi banyak ONCE adalah Minatozaki Sana atau Sana. Berasal dari Jepang, Sana identik dengan gaya cute dan nakal. Bahkan, dia adalah member yang terkenal paling ceria di antara semuanya.

 

Meski lagu terbarunya, Fancy meraih penghargaan, Sana tampak murung dalam acara Show Champion (pic: koreaboo)

Namun, minggu ini menjadi hari-hari terberat bagi Sana. Beberapa hari yang lalu, Sana mengunggah foto di akun instagram official Twice, yakni @twicetagram menggunakan lipstik merah dan white lace dress. Nggak ada yang aneh dengan fotonya. Dalam captionnya, Sana menulis “Sebagai seseorang yang lahir di era Heisei, aku sedih karena era Heisei sudah berakhir. Namun, Heisei kau sudah bekerja keras. Ini adalah awal dari era Reiwa, jadi aku akan menghadapi awal ini dan menyelesaikan hari terakhir era Heisei dengan rapi."

">

Era Heisei sendiri dapat diartikan sebagai “kedamaian di mana-mana”. Jepang sendiri nggak jauh berbeda dengan negara-negara seperti Arab Saudi yang menerapkan sistem penanggalan lokal bernama Hijriah. Jepang menggunakan penanggalan dari kaisar yang sedang berkuasa. Nah, era Heisei sendiri menandakan bahwa Jepang menggunakan penanggalan lokal berdasarkan kepemimpinan Kaisar Akihito sejak 8 Januari 1989 sampai 30 April 2019.

Nah, menjelang berakhirnya masa inilah Sana menulis curhatannya lewat caption Instagram. Dalam caption tersebut, Sana menulis harapan-harapan baru dalam menyambut era baru. Namun, hal itu punya makna lain di mata netizen Korea Selatan karena beberapa alasan.

 

Para member memeluk Sana di atas panggung Show Champion (pic: OSEN)

Alasan pertama adalah hubungan antara Korea Selatan dan Jepang yang nggak begitu baik. Sebab, Kaisar Jepang dianggap sebagai simbol perang. As we know, Korea Selatan sendiri pernah dijajah oleh pemerintahan Kekaisaran Jepang sejak 1910 hingga 1945.

Semenjak itulah Korea Selatan enggak mau lagi berdagang atau berhubungan secara diplomatik dengan Jepang hingga 1965. Untungnya, hingga kini hubungan keduanya makin dinamis dan harmonis. Nggak heran kalau sekarang keduanya menjadi mitra dagang. Misalnya dengan banyaknya turis yang datang ke negara satu sama lain, hingga banyak member Jepang yang berkarir di Korea Selatan.

 

Alasan kedua adalah dendam lama masyarakat Korea atas peperangan dan kejahatan Jepang yang terjadi selama masa penjajahan. Nggak jarang mereka kembali membuka luka lama lewat komentar-komentar yang ditujukan pada Sana di akun instagram. Misalnya,

“Kaisar Jepang adalah simbol dari kejahatan perang. Apakah ia benar-benar ingin membahas tentang turunnya tahta kekaisaran Jepang ketika sedang bekerja di Korea? Bahkan belum lama sejak peringatan gerakan kemerdekaan yang ke-100. Orang Jepang ini harus pulang ke negara asalnya,”

“Ah sungguh, tolong berhenti mendebutkan idol dari Jepang. Apakah kita benar-benar tidak punya trainee lain? Lebih baik kita fokus ke pasar Amerika saja,”

 

Momo (kiri) dan Nayeon (kanan) menggandeng Sana yang menangis terharu karena dukungan fans dalam sebuah acara (pic: twitter)

Sedihnya lagi, ketika tampil dalam Show Champion pada 1 Mei lalu, Sana tampak menitikkan air mata hingga terus menunduk di atas panggung. Duh, semoga masalahnya cepat selesai ya!

Psst, kamu bisa baca lebih banyak tentang TWICE disini

*

Written by: Rafika Yahya - @rafikayhy

 

Share
Create Your Own Article!