Zetizen.com – Hari ini timeline penuh sama penampilan para seleb yang berpose dengan berbagai gaya fashion yang rasa-rasanya mirip seperti kostum Halloween. Hmm wait, it's still May so what is Met Gala? Apakah kamu juga punya pertanyaan ini? Well, you're in the right path. Yuk temukan 5 hal penting yang harus kamu tahu tentang Met Gala.

 

 

Acara Amal

Katy Perry (foto:the national)

Ternyata oh ternyata, Met Gala bukan cuma sekedar acara awarding layaknya Oscar. Dengan karpet merah dan busana-busana mewah, para selebriti bisa melenggang cantik dan berpose semaunya. Met Gala is way more than just that.

Met Gala, atau yang juga disebut sebagai Costume Institute Gala adalah acara penggalangan dana yang diselenggarakan untuk Metropolitan Museum of Art's Costume Institute. Museum seni tertua di dunia ini terletak di New York City dan juga menjadi venue dari Met Gala itu sendiri.


Diadakan Tiap Tahun

Cardi B (foto:vox)

Dalam rangka penggalangan dana, jangan kaget kalau tiap tahunnya kamu selalu menemukan kabar tentang Met Gala. Sebab, acara ini diadakan di hari Senin pertama tiap bulan Mei. Tentunya dengan tema-tema unik yang menantang para tamu untuk tampil kreatif.

Misalnya saja, tahun ini Met Gala diberi tajuk Camp: Notes on Fashion. Tahun lalu, Met Gala bertemakan Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination. Tema ini cukup kontroversial, namun menjadi tahun nggak terlupakan berkat kostum para tamu yang superb!


Camp: Notes on Fashion Bikin Para Tamu Tampil Epik!

zendaya (foto:elite daily)

Jujur, deh. Memahami tema Met Gala tahun ini cukup susah ya? Tenang, you are not alone. Camp sendiri merujuk pada ungkapan dari Oscar Wilde, seorang penyair Inggris tahun 1909. Wilde mengatakan bahwa camp merupakan sikap yang berlebihan.

Pada tahun 1964, Susan Sontag, penulis asal Amerika menambahkan menjadi Notes on Camp. Artinya, keseriusan yang gagal atau sesuatu yang berambisi besar tapi justru jadi berlebihan. Masih belum paham? Oke, mari kita ingat-ingat penampilan Lady Gaga di awal kemunculannya dengan gaya eksentrik namun disukai banyak orang. Kira-kira seperti itu gambarannya. Camp mendorong manusia untuk mencoba hal yang nggak lazim. The value is, push yourself harder than you can!


Hanya Untuk Para Bintang

Billy Porter (foto:fashionista)

As we know acara ini merupakan penggalangan dana bagi museum seni yang terbesar dan tertua di dunia. That's why orang-orang yang datang ke acara ini juga diharapkan mampu berkontribusi dong. Nggak kaget kalau undangan dan juga performer dipenuhi nama-nama yang masuk dalam jajaran A-list.

Sebut saja Lady Gaga, Harry Styles, Serena Willams – atlet tennis- serta Alessandro Michele, creative director Gucci yang menjadi co-host. Mereka berempat menemani Anna Wintour, Editor-in-chief Vogue yang menjadi ketua Met Gala tahun ini. Sementara untuk para tamu, hanya Wintour yang tahu siapa saja yang akan datang because she is the only one who send the invitation.


Demi Departemen Kostum Metropolitan Museum of Arts

Lupita Nyong'o (foto:Australian Blog)

Jiwa misqueen kita tergelitik ketika melihat acara super eksklusif ini. Nggak kaget kalau muncul pertanyaan sebenarnya untuk apa sih? Well, acara ini untuk menggalang dana. Pasalnya, Metropolitan Museum of Arts ini menyimpan 35.000 kostum serta aksesoris dari lima benua, sejak tujuh abad yang lalu.

Nah, acara ini turut menjadi pembukaan pameran yang akan berlangsung selama dua sampai tiga bulan ke depan. Alhasil, para seleb yang hadir harus membeli tiket yang tahun ini dijual sebesar 30 ribu USD atau 400 juta rupiah ke atas. Atau beli per meja seharga 275 ribu USD atau setara 3,8 Miliar Rupiah. Psst, walaupun udah beli banyak, tapi para seleb dan desainer yang hadir juga harus melewati kurasi Anna Wintour loh. Nggak sembarangan orang, ya!

*

Written and Edited by: Rafika Yahya


Share
Create Your Own Article!