Zetizen.com - Momen Ramadan akan terasa cukup berat bagi anak rantau. Terbiasa selalu serba ada ketika dirumah, ketika di perantauan semuanya akan sangat jauh berbeda. Mulai dari menyiapkan makanan untuk buka sampai hidangan sahur, semua akan dilakukan sendiri. Belum lagi kalau harus menghadapi persoalan seperti bangun telat dan nggak jago masak. Duh, bikin ribet! Biar nggak tambah pusing dan malah menggangu ke khusyuk-an ibadah puasamu. Yuk intip menu praktis ala anak kos yang mudah dan bisa jadi referensi makan sahurmu.

Sup

Buat yang mau makanan sehat tanpa ribet, sepertinya sup bisa jadi menu masakan yang cocok untuk digunakan santap sahur. Walaupun terlihat ribet, membuat sup ala anak kos ternyata sangat mudah loh.

Dengan menggunakan rice cooker, kamu cukup didihkan air dan rebus ayam sampai matang. Setelah itu masukan bumbu dan sayurannya, tunggu hingga matang. So simple.

Olahan Telur

Telur adalah bahan olahan yang mudah di masak dan kamu juga bisa mudah mengkreasikannya. Kalau kamu ingin membuat kreasi seperti  telur dadar, kamu hanya perlu menambahkan daun bawang, lada dan juga garam ke telur yang akan kamu masak.

Menambahkan potongan sosis atau bakso juga bakal bikin telur dadarmu makin endes! Disantap menggunakan nasi hangat pasti sangat pas untuk hidangan sahurmu.

Nasi Goreng

Nasi goreng masih jadi makanan favoritmu untuk santap sahur. Cara membuatnya yang praktis dan nggak butuh waktu lama, membuat nasi goreng sangat cocok untuk di masak ala anak kos.

Selain itu, saat ini sudah banyak mini market yang menjual bumbu nasi goreng instan yang malah mempermudah kita. Bahkan, untuk membuat nasi goreng kamu juga bisa menggunakan rice cooker loh. Mudah kan?

Bubur

Menu yang mudah dari olahan nasi lainnya adalah bubur. Yap selain nasi, dengan menggunakan rice cooker kamu bisa langsung memasak bubur favoritmu. Hampir sama dengan menanak nasi, membuat bubur menggunakan rice cooker hanya membutuhkan takaran air yang lebih banyak.

Tinggal tambahkan irisan ayam dan bawang goreng, voila! Makan sahurmu bakal anti ribet.

Martabak Mie

Mie instan udah seperti makanan pokok bagi anak kos-kosan. Karena praktis, harganya yang terjangkau bikin Mie instan jadi barang wajib yang di bawa ketika pulang kampung. Biar gak bosen, kamu bisa banget untuk kreasiin mie instanmu menjadi martabak mie yang cocok buat nemenin kamu sahur. Cukup menyampurkan mie dengan adonan telur dan diberi topping sesukamu. Kreasi miemu nggak kalah lezat dengan menu lainnya. But, jangan terlalu sering mengonsumsinya ya. Tetap harus jaga kesehatanmu!

*

Selain menu diatas, kalau kalian malas malas dan gak mau ribet. Menu olah dibawah ini juga bisa jadi pilihan makan sahurmu.

Sarden

(Foto: resepkoki.id)

Anak kos wajib punya sarden sebagai cadangan makanan. Selain kaya akan protein, sarden juga mengandung serat. Cara penyajian sarden sangat praktis. Hanya dengan memanaskannya, kamu bisa langsung menyantap tanpa harus menambahkan bumbu lagi.

Frozen Food

(Foto: cnbc.com)

Buat yang ngerasa nggak bisa masak dan malas menyiapkan bahan untuk bumbu yang ribet, frozen food bisa jadi penolong buat kamu yang telat bangun saat sahur.

Nugget atau sosis frozen bisa langsung kamu santap setelah digoreng kedalam minyak panas. Kalau ingin menambah rasa, kamu bisa cocol dengan sambal favoritmu.

Abon

(Foto: resepkoki.com)

Saat balik ke perantauan, usahakan kamu bawa abon sebagai persedian di kos, ya. Olahan daging ini punya daya tahan simpan yang kuat loh. Dalam suhu ruangan, abon mampu bertahan selama hampir sepekan.

Sementara dalam lemari es akan bertahan kurang lebih satu bulan. Biar sahurmu lebih nikmat, jangan lupa untuk santap abon dengan nasi hangat ya.

Oatmeal

(Foto: lexiscleankitchen.com)

Tau nggak sih kalau oatmeal adalah salah satu makanan yang bisa bikin kamu kenyang lebih lama? Mengandung karbohidrat yang tinggi membuat oatmeal cocok banget jadi pilihan menu sahurmu. Membuatnya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menambahkan susu atau air hangat. Kalau ingin menambah varian rasa, kamu juga bisa tambahkan potongan buah.

 

Nggak perlu worry lagi saat sahur!

Written by: Nurmelia Chandra - @nurmeliacp

Edited by: Rafika Yahya - @rafikayhy

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!