zetizen.com - Siapa bilang internet adalah jalan keluar dari setiap masalah? Eit, kamu sebaiknya hati-hati. Hal-hal yang kamu sebar di internet bisa-bisa jadi pedang bermata dua untuk dirimu sendiri melalui praktik Doxing. Doxing adalah proses pencarian dan penyebaran informasi tentang seseorang atau suatu organisasi. Daripada kamu takut menggunakan internet dan media sosial, nih Zetizen kasih kamu cara menghindari serangan Doxing!

Atur Privasi Post-mu!

(foto:Unsplash)

Beberapa waktu yang lalu, Instagram sudah meluncurkan fitur Close Friends yang bisa kamu atur sendiri untuk menentukan siapa aja yang bisa ngeliat postingan tertentu dari akunmu. Nah, fitur semacam ini juga sudah lama diterapkan di beberapa media sosial, seperti Facebook dan LINE. Pilih orang-orang yang memang kamu kenal dan kamu percaya aja. Dunia nggak perlu tau kamu lagi ngapain, kok!


Banyak Follower Itu Nggak Penting!

(foto:Unsplash)

Kalau kamu sering banget bandingin jumlah follower-mu dengan follower teman-temanmu, itu sebenernya nggak penting, lho! Semakin banyak orang yang mengikuti kamu di media sosial, maka semakin banyak juga orang yang tahu apa yang kamu share. Kamu nggak bakal tau hal-hal apa aja yang bisa dilakukan setiap follower-mu waktu melihat post-mu di internet.


Pakai Koneksi Internet yang Aman

(foto:Unsplash)

Tahu nggak sih, kalau gadget yang kamu pakai untuk connect Wi-Fi di tempat umum itu bisa dengan mudah diretas? Kalau kamu mengirim sesuatu via e-mail di tempat umum, para hacker bisa dengan mudah mengetahui hal itu, lho! Mau lebih aman? Pakai Virtual Private Network (VPN)!


Ubah Passwordmu

(foto:Unsplash)

Either, kamu bikin password beda-beda di tiap media sosial atau kamu ganti semua passwordmu setiap jangka waktu tertentu, it's a good way to avoid doxing! Akunmu bakal sulit diretas dan menghindari kamu dari hal-hal yang nggak diinginkan.


Choose Your Content Wisely!

(foto:Unsplash)

Nggak semuanya bisa kamu upload di media sosial! Kamu perlu mem-filter terlebih dahulu apa yang bisa kamu bagikan dan apa yang harusnya cuma diketahui beberapa orang aja atau apa dampak yang bisa timbul dari post yang kamu bagikan. Ingat, bahwa cara pikir tiap orang berbeda-beda, jadi responnya pun juga beda-beda.


Share
Create Your Own Article!