zetizen.com- Pastinya udah familiar banget dong dengan isu sampah plastik yang kian hari kian parah karena sikap manusia yang kurang peduli dengan kelangsungan hidup lingkungan sekitar. Padahal, dari plastik sekali pakai yang kita gunakan bisa berakibat pada hewan, tumbuhan dan lingkungan selama beberapa tahun kedepan. Nih, Zetizen kasih tahu 5 langkah sederhana untuk mulai diet plastik dari sekarang.

Bawa Bekal dan Minum Sendiri

sumber: noplasticplease

Ternyata kebiasaan membawa bekal dari rumah bagus banget untuk mengurangi sampah plastik bungkus makanan dan minuman. Selain itu, kebersihan dan keamanan dari makanan bekal tentu lebih terjamin  daripada kita membeli jajan di sekolah. Kamu juga bisa menghemat uang jajan untuk keperluan mendesak lainnya daripada untuk membeli makanan di luar. Semoga kebiasaan membawa bekal dan minum sendiri nggak berhenti ketika kalian masih sekolah aja ya!


Bawa Tas Belanja Sebagai Pengganti Kresek

sumber: dutyfree

Kalau kalian suka shopping atau sekadar menemani ibu belanja, yuk mulai ganti tas kresek plastik dengan reusable shopping bag yang lebih ramah lingkungan. Pusat perbelanjaan atau supermarket besar juga mulai menjual tas belanja dengan beragam motif yang menarik dengan pilihan ukuran berbeda. So, nggak ada alasan lagi kan buat nggak bawa tas belanja sendiri?


No Plastic Straw!

sumber: reddit

Sudah tahu kan video penyu yang viral karena ada sedotan plastik yang menyumbat hidungnya? Yuk, jangan buat hewan-hewan lain kesakitan karena sedotan plastik yang kita gunakan. Cara terbaik adalah mulai membiasakan minum dari wadah minum atau botol langsung tanpa mengandalkan sedotan plastik. Kalau kalian terbiasa minum dengan sedotan, mulai gunakan alternatif sedotan lain seperti sedotan bambu atau metal straw.


Tas Jaring untuk Belanja Buah dan Sayur

sumber: pre-tend

Saat belanja di supermarket untuk belanja buah atau sayur, biasanya kita disarankan untuk membungkusnya dengan plastik terlebih dahulu untuk ditimbang dan ditentukan harganya. Hmm, that's too old! Ayo mulai gunakan cara kekinian yang ramah lingkungan dengan membawa tas jaring khusus untuk mewadahi buah dan sayuran ketika belanja. Designnya yang menarik dan mudah dibawa bikin kalian semangat buat belanja tanpa menyumbang plastik.


Bungkus Makanan dengan Beeswax Wrap

sumber: mightynest

Sesuai namanya, pembungkus makanan yang terbuat dari lilin lebah atau beeswax ini dapat menjadi alternatif pembungkus makanan yang bebas plastik. Sifatnya yang mudah dilipat, menjaga kesegaran makanan dan mudah dicuci menjadi keunggulan dari beeswax wrap. Selain itu, motif menarik dari beeswax wrap bisa bikin nuansa yang berbeda dari pembungkus makanan plastik biasa.

Pastinya langkah mudah diatas nggak akan terlaksana tanpa niat murni-mu untuk menyelamatkan lingkungan. Ayo mulai dari kamu untuk menginspirasi orang lain!

#SayaPilihBumi


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!