Zetizen.com - Beranjak dari Avengers: Endgame, let's talk about Brightburn. Film bergenre horror dengan tema tentang superhero ini baru saja dirilis di Indonesia. Dibintangi oleh Jackson A. Dunn yang memerankan Brandon Breyer, kamu akan diajak ke kota kecil bernama Brightburn, Kansas. Sejak trailernya dirilis, banyak yang menunggu-nunggu film ini. Because as we know, genre horror yang mengisahkan superhero terhitung jarang. Namun sayangnya, film besutan sutradara James Gunn ini diganjar rating jelek. IMDB misalnya, hanya 6,7 untuk Brightburn.

 

IMDB

Cerita diawali dengan pasangan Tori (Elizabeth Banks) dengan Kyle (David Denman) yang tinggal di tengah-tengah ladang di kota Brighburn. Sebagai pasangan yang harmonis, tentu saja mereka mendambakan momongan. Namun hingga usia pernikahan mereka mencapai tahun kelima, mereka nggak juga mendapatkan anak.

Suatu hari, sebuah kapal luar angkasa jatuh di dekat rumah mereka. Ketika dilihat ke dalamnya, Tori dan Kyle menemukan seorang bayi laki-laki di dalamnya. Dalam kondisi putus asa menginginkan anak, keduanya pun merawat sang bayi dan memberinya nama Brandon Breyer. Sementara itu, kapal yang mengangkut Brandon disembunyikan di bawah gudang.

 

IMDB

Brandon pun tumbuh selayaknya anak biasa. Namun Ia seringkali mengalami sleepwalker atau berjalan ketika tidur. Anehnya, tiap kali sleepwalking, Ia akan selalu berjalan ke arah kapal yang membawanya. Akhirnya, Tori dan Kyle pun mengatakan yang sebenarnya dan nggak lagi mengatakan bahwa Brandon diadopsi.

Bukannya selesai, masalah pun makin bertambah ketika Brandon tiba-tiba mematahkan tangan salah satu kawan perempuannya di sekolah. Tori dan Kyle pun bertanya-tanya apakah ada masalah dengan kejiwaan Brandon. Sebelum menemukan jawabannya, banyak masalah yang terjadi di kota mereka.

Sebenarnya, nggak aneh bila IMDB hanya memberikan rating 6,7. Selain ceritanya yang boring banget, sebenarnya penonton sudah bisa menebak alur ceritanya. Mulai dari mahluk aneh ditemukan, hidup normal, ada keanehan, ada pembunuhan, lalu the bad guy beraksi. Ala film horror banget gitu. Nggak ada sesuatu yang mengejutkan dan wow effect selama 1 jam 30 menit.

 

IMDB

Di sisi lain, media-media internasional menyoroti keberanian dan pemikiran out of the box Gunn untuk menciptakan karakter jahat dari seorang superhero anak kecil. Hollywood Reporter menulis bahwa sebagai film yang menuliskan mitos dari Superman dari sisi lain, tapi juga memberikan applause bagi Gunn. Alasannya, Gunn mampu membuat kita berpikir, apakah selama ini orang yang kita percayai hebat dan kuat nggak punya sisi lain ketika dia sedang jatuh, atau ketika dia mengetahui kebenaran? Hollywood Reporter juga menyoroti kemampuan Dunn dalam mengolaborasikan kisah superhero dan horror.

Masalahnya, Zetizen nggak menemukan kisah superhero di dalamnya kecuali jubah dan topeng yang dikenakan Brandon. Soalnya, dengan kekuatannya Brandon nggak menolong orang atau menyingkirkan yang jahat, tuh. Sebagai remaja 12 tahun, Brandon cuma menyingkirkan orang yang dia benci dan mengganggu hidupnya. Kekuatannya untuk terbang, mengangkat mobil, membaca pikiran orang, hingga menciptakan listrik statis sebenarnya juga nggak bisa disebut sebagai kekuatan superhero. Karena di berbagai film alien atau horror lain, kekuatan itu juga bisa didapatkan melalui hal-hal supernatural.

 

IMDB

Tapi, Brightburn is worth to see berkat Elizabeth Banks yang memerankan tokoh Ibu dengan baik. Tangisannya, kekhawatirannya, semuanya berpadu dengan baik. Jackson A. Dunn, pemeran Brandon juga patut diacungi jempol. Nggak cuma terlihat polos, Dunn juga terlihat menakutkan. Psst, dia juga jadi pemeran Scott Lang berusia 12 tahun di Avengers: Endgame loh.

Selain itu, gore scene dalam Brightburn juga nggak main-main. Suara cipratan darah atau rahang yang hancur dijamin bakal menghantui malammu. That's why Brightburn diganjar rating R atau PG-13 alias bukan tontonan untuk anak-anak.

Rating Zetizen: 4/10

*

Written by: Rafika Yahya

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!