Zetizen.com - Kamu tau Dot Art nggak? Yap, seni membuat lukisan berwarna-warni dari titik-titik cat ini sekarang semakin digemari, lho! Bahkan ada juga yang membuat versi animasinya. Wah, kamu penasaran gimana cara bikinnya? Nih, Zetizen kasih 5 langkah untuk membuat karya dot art pertamamu!

Tentukan Media-mu!

(foto:Dreamtime Kullilla Art)

Nggak beda dari kebanyakan seni, kamu juga bisa menentukan sendiri di media apa dot art-mu mau dilukis. Bisa di tas kain, cover notebook, kardus bekas, kertas tebal, atau bahkan di dinding! Eit, kalau totol-totol dinding rumah, jangan lupa izin sama ortu dulu yaa, hihihi!


Sketch Lukisan

(foto:Unsplash)

Nggak mungkin dong, kalau kamu langsung asal tetes-tetes cat tanpa ada arahan yang pasti? Nah, kamu perlu sketsa dulu gambar yang mau kamu bikin di media dot artmu. Mungkin kamu bisa menggunakan pensil biar nggak kelihatan waktu udah jadi nantinya. Oh iya, umumnya dot art dilukis dalam bentuk yang abstrak dan dengan bentuk yang simpel, lho! Tapi, nggak menutup kemungkinanmu buat berkreasi sesukamu.


Pakai Alat Seadanya

(foto:Unsplash)

Yes! Dot art adalah salah satu seni yang cukup mudah dicari alatnya. Karena basically 'Dot' artinya titik, artinya kamu bisa menggunakan benda apapun yang memiliki permukaan bulat. Umumnya, orang-orang bakal pakai penghapus di belakang pensil karena bisa digunting dan dikreasi bentuknya sesukamu. Kalau kamu memang mau mendalami bidang ini, ada alat khususnya juga, kok!


Mulai Berkreasi dengan Warna

(foto:Unsplash)

Layaknya seni lukis dan gambar yang lain, warna-warna disini pun bisa kamu campur sesukamu! Kamu perlu menentukan terlebih dahulu tema yang mau kamu pakai, misal monokrom atau bahkan overly colorful. Asiknya lagi, kamu nggak perlu takut salah! Kalau misal kamu membuat kesalahan warna, kamu bisa menutup catnya dengan cat yang warnanya sama seperti alas/media dot art-mu!


SELESAI!

(foto:Artmajeur)

Selamat, kamu sudah bisa bikin lukisan dot art-mu sendiri! Oh iya, biar lebih cantik, jangan lupa hapus bekas pensil waktu nge-sketch tadi, ya! Karyamu bisa kamu jadikan dekorasi sendiri, atau bahkan bisa kamu jual untuk nambah-nambah uang jajan!


Share
Create Your Own Article!