Zetizen.com - Pernah nggak sih merasa rumah penuh banget dengan barang-barang? Kondisi rumah yang kaya gini bisa bikin bingung kalau lagi cari barang tertentu dan yang pasti nggak rapi! Nah, karena itu, Zetizen mau ngajak kalian cobain gaya hidup declutter, atau menyingkirkan barang-barang yang sudah nggak kepakai atau nggak perlu. Yuk, cek 5 langkah di bawah ini!

Sediakan Waktu

(foto:Unsplash)

Waktu emang sering banget jadi penghalang di kala mau bersih-bersih. Kadang, malah waktu yang harusnya bisa kamu gunakan untuk merapikan barang-barang di rumah, kepakai buat bersantai atau nge-scroll Instagram sampe puas. Jangan anggap bersih-bersih rumah itu bakal makan waktu super lama sampai berjam-jam. Semakin lama kamu membersihkan rumahmu, kamu bakal makin puas dengan hasilnya, kok!


Niat

(foto:Unsplash)

Yah, mau gimana-gimana, kalau nggak ada niatan buat bersihin rumah, ya nggak bakal bersih-bersih, dong? Memang ngumpulin niat awal buat bersih-bersih bakal sulit banget, tapi begitu kamu mulai, kamu bakal nggak mau berhenti sampai kelar semua. Well, biar kamu nggak cepet bosen, kamu bisa sambil dengerin playlist favoritmu sambil bersih-bersih.


Mulai dari yang Kecil

(foto:Unsplash)

Saran dari Zetizen, jangan mulai decluttering ruangan yang benar-benar berantakan. Bisa-bisa, mood-mu buat membersihkan jadi hilang. Mulailah dari tempat-tempat kecil seperti lemari pakaian atau rak bukumu. Jangan malah bersihin isi kulkas dengan makan jajan punya adik/kakak, ya! Hihihi...


Tanya pada Diri Sendiri

(foto:Unsplash)

"Barang ini masih kepakai nggak ya?"

"Waktu itu beli barang ini kenapa ya?"

"Eh, ini kan dulu dari mantan. Bakal balikan nggak ya?"

Pertanyaan-pertanyaan kayak gitu bakal dan harus muncul di pikiranmu saat kamu memulai proses decluttering. Akhirnya, kamu bakal bisa memisahkan yang mana barang-barang yang bisa kamu pakai lagi, yang bisa kamu sumbangkan, yang bisa kamu daur ulang, dan yang mana yang bisa dibuang.


Control Yourself

(foto:P&G Everyday)

Waktu kamu lagi dalam proses decluttering, jangan menambah barang-barang dulu! Kenapa? Karena kamu bakal harus mengulang proses declutter-mu dari awal dan menyeleksi mana barang yang lebih perlu dibanding barang lainnya. Oh iya, kontrol dirimu untuk tidak menambah barang-barang yang nggak kepakai setelah rumahmu sudah bersih dan rapi. Always ask yourself!


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!