zetizen.com - Kamu sudah siap-siap mudik? Eit, perjalanan panjang pasti bikin perut kamu laper dan pingin cobain makanan-makanan khas daerah yang sedang kamu kunjungi/lintasi. Penasaran ada makanan apa aja di sepanjang tol Trans Jawa? Yuk, cek cheat sheet dari Zetizen kali ini!

Rawon Kalkulator (Surabaya)

(foto:IDN Times)

Dinamai kalkulator bukan berarti dimakan bersama dengan kalkulator lho, ya! Kecepatan hitung para pelayannya lah, yang menyebabkan warung rawon ini disebut sebagai warung kalkulator. Berdiri sejak tahun 1975, citarasanya nggak perlu diragukan, gengs! Banyak yang bilang rasa daging di rawon kalkulator ini berbeda daripada rawon-rawon yang lain. Kayak ada resep turun-temurunnya! Dagingnya pun empuk dan besar-besar. Hmm, jadi pengen nyobain kan?


Soto/Sroto Sokaraja (Banyumas, Jawa Tengah)

(foto:MerahPutih)

Bukan sekadar soto, Sroto Sokaraja ini dinikmati dengan ketupat dan sambal yang terbuat dari kacang. Terus, soto ini juga dimakan bersama dengan kerupuk cantir yang berbahan dasar ketela. Oh iya, Sroto Sokaraja ada yang ayam dan ada yang sapi, lho! Jadi, bisa kamu sesuaikan sendiri dengan seleramu!


Empal Gentong (Cirebon, Jawa Barat)

(foto:ResepKoki)

Makanan yang mirip dengan gulai ini bisa kamu nikmati di daerah Cirebon, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, Empal Gentong ini dimasak menggunakan gentong (semacam kendi) di atas kayu bakar. Didalamnya terdapat usus, babat, dan tentunya daging sapi. Kalau sudah selesai dimasak, hmm, aromanya nikmat dan pasti bikin tambah laper!


Ayam Bekakak (Sunda)

(foto:Resep Tina)

Hidangan yang sejak dulu sudah akrab di kalangan masyarakat Sunda ini bisa kamu jadikan referensi untuk berkuliner saat di daerah Jawa Barat, gengs! Rasanya yang didominasi oleh rasa manis, pedas, dan gurih serta kaya rempah bikin ayam bekakak terasa makin nikmat. Worth it banget lah, buat dicicipi!


Nasi Megono (Pantura Jawa Tengah)

(foto:Travelingyuk.com)

Tepatnya di daerah Pekalongan, kamu bisa menikmati nasi Megono yang terdiri atas nasi, cacahan nangka, parutan kelapa, beserta bumbu-bumbu lainnya. Biasanya, nasi megono ini bisa kamu nikmati dengan lauk seperti tempe mendoan/bacem, cumi, atau ikan goreng. Oh iya, ternyata nasi megono ini, dulunya digunakan untuk sesajen, lho!

Edited by: Melisa Nirmaladewi


Share
Create Your Own Article!